Menu
/
Menjadi orangtua memiliki tanggung jawab untuk masa depan buah hatinya. Persaingan global menuntut peran orangtua untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan dan kemampuan yang paling bermanfaat untuk masa depannya kelak. Saat ini saya memiliki dua kekhawatiran yaitu bagaimana masa pertumbuhan anak-anak saya bisa mendapatkan nutrisi tepat, yang akan membentuk kecerdasan dan daya tahan tubuhnya. Serta kekhawatiran kedua yaitu peran orangtua untuk menstimulasi bakat anak dan mengarahkannya dengan baik. Jadi anak tak hanya sekedar bermain menghabiskan waktunya dengan gadget atau menimbun mainan mahal tanpa ada manfaat,  namun bisa membuat anak-anak bermain pintar dan mengasah bakatnya. 

Memberikan Nutrisi Tepat Yang Disukai Anak-Anak  

Sebagai orangtua saya ingin menjaga anak-anak agar tetap sehat dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Memiliki dua buah balita yang begitu aktifnya, membuat saya khawatir akan nutrisi harian kedua balita saya. Anak-anak yang enerjik dan sedang masa perkembangan emas, membutuhkan nutrisi yang tepat. Sehingga mereka tetap bisa beraktivitas dan bereksperimen. 

Seperti yang kita ketahui nutrisi merupakan keseluruhan berbagai proses dalam tubuh makhluk hidup untuk menerima bahan-bahan dari lingkungan hidupnya dan menggunakan bahan-bahan tersebut agar menghasilkan berbagai aktivitas dalam tubuhnya sendiri. Bahan-bahan tersebut dikenal dengan nutrient (unsur gizi, yaitu protein,lemak,karbohidrat,vitamin dan mineral).

Peran Nutrisi 

Peran Nutrisi sebagai perisai pelindung tumbuh kembang anak. Menurut DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo / FK Unair Surabaya menjelaskan, “Perisai pelindung yang dimaksud, tersusun dari tiga sisi yang terbingkai menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan. Sisi pertama, terdiri dari stuktur dan sirkuit otak yang terbentuk dengan sehat dan kuat. Sisi kedua, terbentuk dari system kekebalan tubuh yang mampu melindungi anak dari paparan negative lingkungan sekitar. Dan, sisi ketiga terbentuk dari bangunan fisik tubuh yang mampu tumbuh sesuai dengan tahapan usia.” (Sumber : Newsletter Morinaga)


Memberikan nutrisi yang tepat bagi anak setiap harinya bisa dengan membuat menu makanan sehat yang terdiri dari sayuran, daging/ikan/telor, buah-buahan. Untuk bayi nutrisi yang tepat adalah ASI. ASI  merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi, juga mempererat hubungan emosional antara ibu dan anak. Ketika bayi mulai mengenal MP-ASI dan butuh asupan gizi lainnya, seperti anak  kedua saya dedek Fay yang berusia 1 tahun, saya pun memberikan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges. 


Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun. Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges merupakan kombinasi antara  gizi makro (protein) dan mikro (vitamin dan mineral) yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan buah hati. 



Tak lupa pula Kakaknya yang berusia 3 tahun  8 bulan saya beri asupan nutrisi dengan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges. 


Morinaga Chil-School Platinum MoriCare+ Prodiges yaitu susu bubuk bergizi untuk anak usia 3-12 tahun. Morinaga Chil-School Platinum Moricare+ Prodiges mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak-anak.  Berkalori tinggi (200kkal/saji), bermanfaat juga untuk mengatasi anak yang susah makan, memenuhi kebutuhan gizi, dan jumlah energi saat mereka beraktivitas. Dengan formula Moricare+ Prodiges yaitu (gabungan) nutrisi tepat dari Faktor Kecerdasan Multitalenta, Faktor Pertahanan Tubuh Ganda, dan Faktor Tumbuh Kembang Optimal.

Keunggulan dari Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges yaitu :
1. Brain Care : nutrisi yang berperan dalam perkembangan otak.
- Asam Linoleat (AL), Alfa asam Linolenat (AAL) : sebagai bahan untuk pembentukan AA dan DHA.
- DHA, AA : untuk meneruskan rangsangan antara sel syaraf sehingga mempercepat daya tangkap saat proses belajar.
- Kolin : untuk memperkuat penyimpanan daya ingat di otak saat berpikir, berbicara, gerakan sadar maupun rangsang sensorik sehingga anak cerdas.
- Zat Besi : untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar anak. 
2. Body Defense : nutrisi yang berperan dalam menjaga  pertahanan di seluruh tubuh dan pertahanan di saluran cerna, diantaranya lactoferin, prebiotik (laktulosa), probiotik (Bifidobacterium BB 536&M-16V).
3. Body Growth : kombinasi unik nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan aktivitas anak. Penambahan Premix (campuran) Vitamin dan Mineral yang lebih berkualitas dalam susu pertumbuhan akan mudah diserap tubuh untuk tumbuh kembang yang optimal pada anak-anak. (Sumber : Kalbe Store)



Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges dari Kalbe Nutritionals

Kalbe Nutritionals


Susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ adalah salah satu produk inovasi terbaru dari Morinaga dan Kalbe. Kalbe, melalui kalbe Nutritionals adalah perusahaan makanan kesehatan terkemuka yang menghasilkan produk-produk nutrisi berkualitas. Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang meresmikan pusat produksi yaitu PT KALBE Morinaga Indonesia tahun 2005 dengan mempertahankan komitmen untuk  menyediakan produk-produk yang bermutu. Morinaga research Center Jepang juga senantiasa berinovasi dengan meneliti berbagai manfaat ASI dan nutrisi penting pertumbuhan anak. Penelitian sudah dilakukan selama lebih dari 90 tahun. (Sumber : kalbenutritionals)



Kalbe Nutritionals bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja, tetapi produk-produk Kalbe telah menyebar di pasar Internasional diantaranya Srilanka, Maldive, Kamboja, Filipina, Malaysia dan Vietnam. Kalbe Nutritionals juga telah mendapatkan beberapa sertifikasi yaitu penerapan standar kualitas Internasional (ISO 9001:2000) yang dicapai pada tahun 2003. Tahun selanjutnya Kalbe kembali mendapatkan sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) yang berarti sertifikat jaminan kualitas proses ketat agar produk bisa diterima oleh seluruh pasar Internasional. Kalbe tak diragukan lagi, tahun berikutnya mendapatkan sertifikasi ISO 14000. Membuat kepercayaan pelanggan pada produk-produk Kalbe Nutritionals memang produk yang  unggul. 

Nah, untuk para mama saat ini tak perlu khawatir lagi untuk asupan nutrisi yang tepat bagi anak-anak. Sudah ada Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges. Nutrisi tepat yang disukai anak-anak. Dua anak saya pun saya percayakan minum susu pertumbuhan dengan nutrisi yang tepat yaitu Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges.

Morinaga begitu perhatian pada nutrisi yang tepat untuk anak-anak dan juga peran stimulasi untuk mengenali kecerdasan anak sejak dini. Dalam mendukung pengembangan potensi Si Kecil menjadi Generasi Platinum, yaitu anak-anak yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat dan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual, Morinaga mempersembahkan MoriCare+Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi.

Moricare+Prodiges

Peran Stimulasi dan Pentingnya Mengenali Bakat Anak 

Bagi orangtua tentu sangat bahagia bila anak-anak bisa bebas beraktivitas dan bereksperimen. Rumah yang penuh coretan, tumpukan mainan, serta anak-anak yang selalu ingin bermain sepanjang hari. Jangan membuat Si Kecil bersedih dengan melarangnya bermain. Saya mencoba membuat kreativitas di rumah bersama anak-anak, namun terkadang terkendala dengan modul dan tidak ada evaluasi bagi saya untuk mengukur bakat anak. Beruntung sekali, Morinaga yang saya kenal dari produk susu pertumbuhan untuk anak, ternyata ada website yang khusus membahas peran stimulasi untuk mengasah kecerdasan anak yaitu http://www.morinagamiplayplan.com/ , dan bisa kita praktekkan bersama Si Kecil. Aneka permainan bisa kita print dan kita para mama bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan permainan dan eksperimen bersama.



Sebuah filosofi dari Morinaga bahwa anak adalah ibarat jari-jari tangan. Ada sepuluh jari tangan, tapi setiap jari punya karakternya sendiri. Sama halnya dengan anak, jika disandingkan dengan teman-teman sebayanya, setiap anak berbeda walaupun berada dalam tahap usia yang sama. Oleh sebab itu, pemilihan stimulasi ataupun kegiatan tambahan di luar sekolah setiap anak, tidak bisa disamakan. (Sumber : NewsLetter Morinaga)

Berangkat dari pemahaman tersebut, MoriCare+Prodiges menghadirkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Pengertian Kecerdasan Majemuk ini telah menjadi pengetahuan umum bagi para orangtua saat ini, bahwa setiap anak menyimpan kecerdasannya sendiri. Awalnya, “kecerdasan” hanya dikonotasikan dengan nilai IQ. Namun, Dr. Howard Gardner, pakar psikologi dari Harvard, memperkenalkan teori kecerdasan baru yaitu, Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk, yang mengakui adanya berbagai kecerdasan lain yang dimiliki oleh Si Kecil, sehingga setiap anak pasti cerdas.

Inovasi MoriCare+ Prodiges yang lebih dari sekedar nutrisi atau beyond nutrition, menghadirkan sebuah modul digital berjudul Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan, yaitu: http://www.morinagamiplayplan.com/. 

“Modul Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan persembahan Morinaga, diharapkan bisa membantu Bunda, dalam mengenali kecerdasan Si Kecil dan memberikan stimulasi yang tepat,” jelas Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals.

Foto dari klikdokter.com


Modul tersebut mencakup  stimulasi untuk 8 tipe kecerdasan, yakni Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Logika Matematik dan Kecerdasan Kinestetik. Modul ini dapat diakses dengan mudah dan terdiri dari 3 langkah:

  • Langkah 1: Identifikasi. Berfungsi mengenali jenis kecerdasan yang dominan dan yang kurang dominan, guna menentukan stimulasi spesifik yang akan dibutuhkanSi Kecil 
  • Langkah 2: Stimulasi. Langkah ke-2 ini penting untuk bisa mendeteksi potensi talenta, dari kecerdasan yang telah teridentifikasi. Talenta bisa teridentifikasi dengan memberikan stimulasi yang spesifik, yang sesuai dengan tipe kecerdasan dan usia Si Kecil. Stimulasi yang tersedia, berupa agenda bermain dan ragam ide permainan.
  • Langkah 3: Evaluasi. Tahap ini bermanfaat untuk mempertajam kecerdasan lainya yang masih kurang dominan.

Website Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan sangat memahami dunia anak dan multiguna. Membantu para mama untuk mengetahui kecerdasan majemuk anak-anaknya.

Cara bergabung dengan Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan 

1. buka website
Buka webite http://www.morinagamiplayplan.com/.
2. Isi Data Diri 
Data Ayah atau Mama yang akan dipilih untuk pendaftaran, terdiri dari nama, alamat, kota, kodepos, tanggal lahir, email, telepon, jumlah anak, foto, password, re-enter password.  Kemudian data si kecil, data yang muncul sesuai dengan data yang diisi oleh orangtua. Jika jumlah anak 5 maka akan muncul lima data untuk Si Kecil. Data si kecil terdiri dari, jenis kelamin, nama, tanggal lahir, susu yang dikonsumsi. Setelah semua di isi klik simpan.  Akan ada email masuk dari alamat email yang diregistrasikan. Kemudian buka email, klik link konfirmasi akun. 
3. Masuk ke MIPlayPlan dengan menuliskan alamat email dan password.
Ketik email dan password  yang  sudah diregistrasikan sebelumnya. Klik Log-in.
 4. Masuk beranda Morinaga
Dukungan Morinaga untuk program Asi Ekslusif. Morinaga juga memberikan saran terbaik apabila bayi akan diberikan susu maka dikonsultasikan dahulu ke dokter anak. Klik Selanjutnya untuk mengetahui info lainnya.
5. Pada Slide ini akan dikenalkan 8 Tipe Kecerdasan Majemuk
Kecerdasan yang terdiri dari kecerdasan linguistic, logika matematik,  musical, kinestetik, visual Spatial, Interpersonal, Intrapersonal, Naturalis.
6. Pilihan Menu Utama
Kalau membuka website dari handphone Klik tanda triple line dipojok kanan atas, maka akan terlihat list diantaranya : Alat identifikasi MI, Rencana Bermain MI, Ide bermain MI, Area Bermain MI. Jika dari laptop ada kolom horizontal yang para mama tinggal klik saja.
 7. Pilih salah satu menu yang ingin para Mama pelajari atau mencari aneka permainan bahkan jadwal bermain. 
- Alat Identifikasi MI : Untuk membantu orangtua melakukan identifikasi awal atas kecerdasan majemuk Si Kecil. Morinaga menyediakan Alat Identifikasi MI Morinaga (Morinaga MI Identification Tool) yang akan sangat membantu orangtua. Caranya mudah, cukup dengan mengisi serangkaian pernyataan sambil mengamati aktivitas Si Kecil secara berkala. Hasil nya juga bisa dicetak, membantu sekali, kan.
- Rencana bermain MI : Klik pada kotak kalender yang ingin diisi dan kemudian pilih aktivitas yang ingin dimasukkan ke dalam Morinaga MI PlayPlan ini dari pop-up menu (pilihan yang tampil)
- Ide Bermain MI Morinaga (Morinaga MI Play Ideas) akan membantu memberikan ide bermain yang menarik, sehingga orangtua dapat memberikan waktu berkualitas dan sekaligus mengamati minat Si Kecil dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

 8. Area Cetak MI Printable
Area cetak MI Morinaga (Morinaga MI Printables adalah halaman kegiatan kreatif yang dapat diunduh (download) dan dicetak oleh Ayah dan Mama untuk membantu mengasah multitalenta dan kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil. Mari unduh (download) area cetak MI Morinaga (Morinaga MI printables) dalam bentuk PDF, yuk Moms.



Adanya Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan membuat kekhawatiran kedua saya hilang. Membantu saya dalam beraktivitas bersama Si Kecil menjadi kreatif. 

Beberapa permainan yang saya ambil dari website http://www.morinagamiplayplan.com/

1. Bermain Pasir Garam Berwarna

- Hasil print lembar Morinaga MI PlayPlan dan membaca rule yang diperintahkan 



- Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.



Anak saya pun menikmati bermain pasir garam berwarna, membuat jalanan mobil dengan pemandangan pohon-pohon dan awan berwarna biru adalah imajinasinya tentang apa yang anak lihat. Saya begitu takjub melihatnya sambil berkreasi dan bercerita apa saja yang ingin dibuatnya, warna yang dipilihnya. Morinaga MI PlayPlan benar-benar sangat membantu saya dalam bermain dan mengasah bakat anak. Hasilnya dari bermain pasir garam berwarna membuat anak saya senang dan memiliki cita-cita ingin membuat mobil sendiri. Terima kasih Morinaga MI PlayPlan dengan bermain Pasir Garam Berwarna, saya jadi mengetahui kecerdasan majemuk anak saya dalam Kecerdasan Visual Spasial dan  Kecerdasan Kinestetik.



2. Membuat Papan Kegiatan

- Hasil print lembar Morinaga MI PlayPlan. Kemudian saya membaca rule yang diperintahkan dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.



Si Kakak sangat menyukainya. Saya pun menemaninya membuat papan kegiatan untuknya. Anak saya begitu antusias dan mendengarkan dengan baik setiap intruksi dari saya. Dari hati-hati menggunakan gunting, motong karton dengan tenang, mewarnai sesuka hati, serta cara menempelkan double tape antara gambar dan karton. Hasilnya begitu rapi untuk hasil karya anak seusianya. Tentu ini berkat step by step  dengan Morinaga MI PlayPlan yang sangat membantu juga kecerdasan Intrapersonal anak akan terlihat. 


3. Mewarnai, Menggunting dan Menempel Gambar

¬- Saya mulai mengeprint lembar Morinaga MI PlayPlan. Kemudian saya menyiapkan pensil warna, gunting dan lem.


Saya perhatikan Si Kakak dalam memotong kertas begitu tenang, dan kalau mewarnai sangat rapi.Walau terkadang minta bantuan karena tangan Si Kakak suka pegal. Morinaga MI PlayPlan membuat saya merasa dekat dengan anak-anak sambil bercerita dan jadi lebih kreatif.


4.  Membuat Gitar Kardus

- Hasil print lembar Morinaga MI PlayPlan dan membaca rule yang diperintahkan serta menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.


Awalnya agak lama dalam pengerjaan gitar kardus ini. Karena ada beberapa teknik yang dirasakan cukup sulit untuk Si Kakak. Namun saya begitu bangga dan terharu ketika Si Kakak tetap mau menyelesaikan semua step by step dalam pembuatan gitar kardus. Dua hari yang menyenangkan akhirnya gitar kardus Si Kakak sudah jadi. Si Dede pun menemani kakaknya yang sedang sibuk membuat prakarya walau hanya duduk dekat Kakaknya dan sambil minum susu Chil-Kid Platinum Moricare+ Prodiges. Berkat Morinaga MI Play Plan saya jadi tahu bakat dan kecerdasan majemuk anak dalam kecerdasan Musikal dan kecerdasan Interpersonal.




Yuk dengarkan suara ceria anak-anak dengan nyanyian hasil kreasi mereka sendiri. Dengan bermain musik dengan peralatan bekas dari kardus susu Morinaga Chil School Platinum, botol susu Chil-go! dan kaleng susu Morinaga Chil Kid Platinum jadi aransemen musik yang menyenangkan.

Terima kasih Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan menjadikan dunia mama dan anak kreatif dan bakat anak terarah dengan baik juga jadi semakin komunikatif bersama anak-anak. 




Sumber Informasi :
-   Morinaga Multiple Playplan : http://www.morinagamiplayplan.com/
-   http://www.kalbenutritionals.com/
- Klik Dokter.com : http://klikdokter.com/rubrikspesialis/tumbuh-kembang-anak/serbaserbi-anak/kenali-bakat-si-kecil-lewat-mi-play-plan
- Newsletter Morinaga : Perisai Tumbuh Kembang Anak Indonesia untuk Menatap Cakrawala Masa Depan
- Kalbe Store : http://www.kalbestore.com/Product/Varian/Susu-Morinaga-Chil-School-Platinum


8 comments

Terima kasih Mba Na, infonya lengkap euy

Reply

sama-sama tya. terima kasih juga sudah mampir

Reply

Mau gabung ah, thanks infonya

Reply

Wah ada kakak adek lagi nyanyi pake gitar kardus yaa...

Reply

Anak-anak jadi makin kreatif ya? ^^

Reply

iya mba naqy seru bgt bisa bikin jadwal plus pilih permainan dan save banyak2 ide permainannya,print dan jilid rapi juga. Seru dan bikin kreatif

Reply

iya sama saudaranya,memang suka nyanyi nyanyi karya sendiri. Belum bisa hapal lagu-lagu jadi nyanyinya aja semaunya.

Reply

iya mba anisa, mamanya jadi ga kehabisan ide dengan adanya Morinaga MI Play Plan. jadi bisa kreatif dan mengarahkan bakat anak.

Reply