Menu
/

www.ernawatililys.com – Jika anda saat ini sedang berlibur atau memang tinggal di Kota Kembang Bandung, akan sayang rasanya kalau melewatkan kuliner berkuah hangat yang lezat begitu saja.
Salah satunya adalah menu soto. Yang memang menjadi menu makanan Indonesia banget. Di beberapa daerah yang ada di Nusantara, masakan berkuah kuning yang terbuat dari geprekan kunyit ini punya ciri khas kuah yang berbeda-beda. 


Seperti lima tempat makan di Bandung yang bisa anda cicipi bersama keluarga besar. Tentunya dengan harga yang miring dan rasa yang khas. Enaknya bikin nendang di lidah. 

1. Soto Sulung Madura Asli 


Instagram.com/pergikuliner_bdg

Rumah makan yang berlokasi di Paskal Food Market ini, punya ciri khas masakan Madura yang kuat. Pasalnya bumbu halus soto didatangkan langsung dari Pulau garam. Untuk isian sotonya sangatlah beragam, mulai dari isi ati ampela, babat, daging, dan usus sapi yang dipotong kotak-kotak. 
Kuah kuning dengan aroma jeroan sapi yang cukup kuat, tapi nggak bikin perut mual. Cocok disantap saat masih hangat saat langit mendung akan hujan. Satu porsinya dipatok dengan harga tiga belas ribu rupiah saja. Itupun sudah mendapatkan satu piring nasi dan kerupuk bawang. 

2. Soto Tasik Jempol 


Kalau ingin menyicipi menu soto di restoran yang berada di Daerah Pandu, Pamoyanan, ini harus dalam keadaan perut yang kosong. Pasalnya toppingnya cukup melimpah dan banyak. Sama persis dengan isian yang ada di sepiring menu bubur ayam. 
Bayangkan saja, irisan tipis daging sapi, lobak, dan kacang kedelai goreng berada di atas kuah nasi soto. Kuah soto yang satu ini juga tidak berwarna kuning, melainkan putih bening menyegarkan. Sekilas tampilannya seperti kuah sayur sop. Untuk harganya hanya sekitar lima belas ribu rupiah saja. 


3. Soto Kudus Grup Menara 


Penyajian soto yang satu ini terbilang cukup berbeda dan unik, di sebuah mangkuk berukuran mungil dan sendok bebek alumunium. Untuk isiannya sama dengan soto daging pada umumnya, hanya saja menu makan pendampingnya yang beraneka ragam. 
Seperti sate usus, kerang, telur puyuh bumbu kecap, dan aneka gorengan yang renyah. Pemilihan daging pada sajian soto di rumah makan yang berada di sekitar Cijagra ini menggunakan daging kerbau. Tekstur dagingnya pun memiliki serat yang kasar, namun kenyal di lidah. 

4. Soto Sedap Boyolali Hj Widodo 


https://www.instagram.com/anggun_ks/ 


Menu soto di rumah makan daerah Trunojoyo,  Bandung ini punya sajian pilihan daging ayam atau sapi. Bisa memilih sesuai selera mau memesan sajian menu soto yang mana. Saat menunggu pesan datang, bisa sambil mencomot sate dengan tusukan beraneka macam jeroan sapi seperti, otak sapi, paru, cingur, dan babat. Bumbu satenya dimasak kecap kental yang manis. 
Sajian soto ini berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Jadi, dalam semangkuk kecilnya berisikan potongan daging sapi yang melimpah. Maklum saja, jumlah sapi yang ada di sana, hampir sepertiga dari jumlah penduduk. Jadi mau buru-buru mampir ke sana? 


5. Soto Sapi Seteran Semarang 


Di daerah Kopo, Bandung, ada tempat makan yang menyuguhkan daging sapi, irisan daun bawang, dan tauge dengan kuah bening yang menyegarkan. Rasa dari bumbu rempah-rempahnya pas di lidah dan hangat di tenggorokan.  Aroma bawang putihnya juga tercium harum. 
Dari depan rumah makannya saja, sudah tercium aroma soto yang bikin cepat-cepat ingin menyantapnya. Disajikan langsung dari panci soto yang membuat uap masakan kemana-mana. Ada pilihan ukuran mangkuk mau yang sedang atau kecil, semua tergantung selera pelanggan. Untuk harganya mulai dari lima belas ribu rupiah saja. 

Itulah tadi 5 tempat makan di Bandung yang bisa anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Akan sayang sekali rasanya, jika dilewatkan begitu saja. Jadi jangan lupa berkunjung dan mengulas kuliner apa saja di Bandung dan kota-kota besar lainnya di Qupas.id. Pasalnya, Qupas punya aneka pilihan merchant kuliner khusus untuk keluarga maupun sahabat terdekat. Tentunya dengan harga yang murah meriah bersahabat di kantong. 


Salam inspirasi 


Powered by Blogger.