Menu
/


Mendapatkan undangan itu, hal yang paling bikin pusing kepala adalah memikirkan dress codenya. Mau pilih baju yang mana dan kira-kira sesuai tidak dengan acara undangannya. Suka main feeling aja yang penting nyaman dipakai dan bebas bergerak. Namun ternyata berpakaian dalam mennghadiri undangan pun menjadi ritual untuk menghormati yang punya hajatan atau yang punya acara. Jadi usahakan pilih baju yang memang benar-benar cocok dengan acara jangan sampai salah kostum. Beruntungnya kalau dapat undangan sudah ditentukan dress codenya dan bahagianya di rumah juga ada stock baju yang akan digunakan tersebut. Sedihnya kalau belum ada dress codenya kemudian dalam satu hari bukan menghadiri satu undangan saja tetapi bisa beberapa acara dan tidak ada jeda waktu buat ganti pakaian. Apalagi acara di gedung yang jamnya cukup singkat. Ingin pakai satu pakaian untuk beberapa acara kebaya dapat menjadi pilihan. 


Memilih Kebaya Sebagai Busana Andalan Disetiap Acara 



Mengenal Sejarah Kebaya

Asal kata kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian, namun versi lain menyebut berasal dari kata "Kebyak" atau "Mbayak" dari masyarakat Jawa (wikipedia). Di Indonesia sendiri masyarakatnya sudah familiar dengan busana yang satu ini, kebaya menjadi identik dengan pakaian wanita dan membatasi gerak gerik wanita sehingga menjadi lembut dan gemulai. Kebaya juga menjadi lambang wanita keraton yang memiliki kedudukan penting di istana. Bagi warga biasanya memakai kemben sebagai pakaian sehari-hari.

Kebaya sendiri memiliki pengertian sebagai baju perempuan bagian atas yang berlengan panjang dan dipakai dengan kain panjang (KBBI.Kemendikbud.go.id). Zaman dahulu memang baju kebaya identik dengan wanita keraton, namun saat ini kebaya menjadi busana nasional Indonesia, juga termasuk tren dalam busana formal yang modern. 

Kebaya banyak digunakan oleh masyarakat pada momen spesial yang bernilai formal atau kental dengan adanya ritual budaya suku tersebut. 

1.  Pesta Pernikahan/Sunatan


Hampir di pulau jawa yang menggunakan adat Sunda dan Jawa dalam acara akan banyak dijumpai wanita dengan kebaya yang berwarna-warni. Seperti kebaya pengantin yang akan membuat penampilan mempelai wanita bagaikan permaisuri yang duduk disinggasana. Begitu juga para pagar ayu yang menerima dan melayani tamu undangan akan memakai kebaya yang warnanya seragam dan memberikan pelayanan dengan penuh keramahtamahan. Kebaya berhasil membingkai wanita dalam gerak gemulai.



2. Acara Pelepasan Sekolah, Wisuda


Ketika kegiatan akademik berakhir dan biasanya ada upacara pelepasan siswa atau dalam perguruan tinggi ada acara wisuda,busana kebaya menjadi pilihan dalam acara-acara tersebut. Selain menjadi ciri khas masyarakat setempat juga kebaya menjadi busana yang cocok dalam kegiatan acara formal ini.


3. Acara Peresmian Kantor, Pemerintahan, Award dan acara lainnya


Tak hanya acara pernikahan, sunatan, wisuda, selanjutnya busana kebaya menjadi pilihan pada acaa peresmian kantor, pemerintahan, penghargaan atau award dan acara lainnya. Selain itu baju kebaya menjadi pilihan yang digunakan para tamu undangan.

Walaupun kebaya menjadi busana nasional dalam acara-acara formal tetapi sebaiknya sebelum memilih kebaya ada beberapa tip yang dapat dipertimbangkan dalam sebelum membeli kebaya. 

1. Bahan Kebaya


Bahan kebaya menjadi pertimbangan nomor satu. Pilih bahan yang adem dan menyerap keringat. Jangan bahan yang panas sehingga ketika dalam acara yang begitu banyak tamu undangan membuat gerak kurang nyaman walaupun ada AC sekalipun. Busana kebaya yang nyaman dengan bahan yang lembut dan tidak panas akan menambah tingkat kepercayaan diri.

2. Model Kebaya


Model kebaya menjadi pilihan untuk mengukur tubuh seseorang yang hendak menggunakan kebaya. Jika badan agak berisi gunakan model kebaya berbentuk leher berbentuk V atau V-neck, jika berbadan kurus atau rata dapat memilih baju kebaya dengan desain pita di pinggang atau model jam pasir hal ini akan membuat tampilan menjadi lebih anggun. Bagi yang berdada besar sebaiknya memilih model kebaya yang belahan dadanya tertutup. Bagi yang bertubuh pendek dan berisi dapat memilih model kebaya kutubaru. Untuk tubuh yang tinggi dan langsing dapat memilih model kebaya kartini atau juga memilih model kebaya yang kerahnya shanghai. 

3. Aksesoris yang bikin manis


Memakai kebaya akan membuat wanita terlihat cantik dan anggun. Namun tak ada salahnya apabila memakai aksesoris yang akan menambah manis penampilan. Pilihan aksesoris untuk kebaya dapat disesuaikan dengan baju kebaya yang digunakan. Apabila kebaya yang dikenakan sederhana maka pilih aksesoris yang akan membuat penampilan menjadi lebih menarik. Aksesoris dapat berupa cincin, kalung, anting, bros, hiasan rambut seperti bando mahkota, jepitan rambut, tusuk rambut berbentuk bungan, clutch  atau selendang.

Kebaya merupakan pakaian nasional negara, banyak acara penting yang hadirinnya memakai kebaya sebagai andalan busana disetiap acaranya. Saat ini dunia fashion begitu berkembang. Banyak desainer tanah air yang mengeluarkan desain-desain cantik kebaya modern yang dapat dipakai sesuai dengan pilihan. Mengikuti perkembangannya, desain kebaya juga mengalami banyak perubahan gaya dan model yang mengikuti tren. Ternyata kita bisa menemukan banyak koleksi kebaya modern di ZALORA Indonesia yang sesuai dengan gaya pilihan busana kita. Nah, bisa pilih-pilih kebaya andalan mana yang akan menambah cantik dan anggun penampilan. 

Salam Inspirasi 


41 comments

Sepakaat mbaak, saya kalau tiap acara juga andalannya kebaya. Simbol budaya Indonesia bangeet, kalau nggak gitu pakai batik hehehe tp kebaya lebih klasik gtu kesannya yaa :D tfs mbaak , .

Reply

Aku suka banget kalau pas pake kebaya. Aura wanita Jawa berasa keluar :)

Reply

sekarang kebaya juga dipakai pas hari kartini di instansi-instansi pemerintahan. jadi ingat 2 tahun yang lalu siang-siang ke pasar buat cari kebaya. langsung laris kebaya hari itu. heu

Reply

Jadi enak Mbak Erna, sekali tepuk dua nyamuk dapet. Biar nanti nggak usah beli-beli lagi ^^

Reply

Kalau ke pesta nikahan saya seringnya pakai batik, soalnya gak nyaman kebayaan. Nanti takut saingan sama pager ayu XD wehehehehe...

Reply

cakep mba... memang lebih formal ya mba kesannya klo kita pake kebaya. paling ga kan menghormati tamu atau tuan acara gt...

Reply

Pakai kebaya cuma pas wisuda sama nikahan aja. Pengen banget pakai kebaya lagi tapi nggak ada momen yang pas. Hehe.

Reply

Terakhir pakai kebaya pas wisuda hehe.
Sekarang kebaya modern bagus-bagus modelnya dan lebih praktis ya.

Reply

Kebaya emang jadi pakaian yang paling masuk di berbagai acara perkawinan, wisudaan, hari-hari besar/perasaan hari kebesaran, yang tentu disesuaikan dengan warna atau pernak-perniknya, ya, Mba?

Aku juga, kalo undangan kawinan mah, paling praktis tuh pake kebaya, tapi dipadu dengan bawahan yang modern.

Di Zalora cakep2 tuh, model2nya, ya? Duh, ga sengaja ngeklik linknya dan jadi kepincut deh! Hayyah! Haha

Reply

Iya saya juga senang banget pakai kebaya, apalagi sekaran dunia fashion berkembang pesat jadi banyak baju kebaya yang bikin penampilan tambah anggun.

Reply

kalau saya aura sunda banget :)

Reply

huum kebaya selalu menyajikan momen yang kental dengan nuansa adat. Kalau edisi kartinian kebaya memang jadi laris ya :)

Reply

iya tinggal pakai aja, kebaya selalu memiliki tempat di dunia fashion. :)

Reply

heheeheh busui bisa aja. Batik kebaya dua baju andalan ya.

Reply

Makasi, eh cakep orangnya apa baju kebayanya, hehehe. Huum kalau undangan pakai baju rapi dan sopan yang punya acara juga senang.

Reply

nanti ya mba nyambut besan,, hehehe asyik :)

Reply

Kalau pakai kebaya, semua wanita terlihat anggun :)

Reply

iya mba bener banget kalau liat kebaya modern bawaannya pengen pakai semua, bagus dan bikin cantik.

Reply

iya bagus-bagus kebaya di Zalora, saya juga beli baju dan couplean sama suami, cakep banget. Belanjanya nggak pakai ribet.

Reply

iya tambah cantik dan menawan.

Reply

Mba, wajahmu ga berubah dari dulu sampai anak 3. Hihi... Kebaya emang wajib dipunya buat acara resmi. Lebih anggun dan cantik.

Reply

Aku paling suka kebaya model encim dan kutu baru

Reply

sha kalo kebaya lebih suka minjem sih di banding beli, soalnya acara2 spesial gitu biasanya pake kabaya. Dan gamau pake kebaya yang sama diacara berbeda haha ribet emang

Reply

haduuh terbang deh, rahasia awet muda mau tahu? hehehehe makan tempe setiap hari. hehehehe
jadi kangen sama mba helena :)
Yoi kebaya bikin cantik dan anggun, yuk ketemuan pakai kebaya #kemudianSIDpakaiblangkon :)

Reply

Aduh bunda eni emake pendar mah, body pragawati pakai kebaya apa saja cakep. Indonesia banget :)

Reply

heheh jadi pilihan menarik ya Mba Sha. Tapi kebaya memang bikin wanita tambah anggun mempesona :) bak puteri keraton

Reply

Wah jd keinget di Jkt akui gk simpen kebaya. Kebayaku di Sby semua, lungsuran dr ibu seh tapi modelnya gak menua :D
Kapan2 kudu bawa minimal satu nih buat kondangan :D

Reply

Hihihi iya kebaya bisa jadi andalan kalau lagi musim hajatan,:)

Reply

Kebaya saya ada yang bahannya kurang nyaman kalau dipakai, maklum dulu belum begitu ngerti soal bahan yang bagus.

Reply

iya mba, saya juga belajar dari pengalaman beli kebaya :)

Reply

Emang paling enak pakai kebaya. Apalagi sekarang banyak pilihan ya mba.

Reply

iya mba, kebaya jadi andalan busana di setiap acara formal :)

Reply

yes, sepakat. makasi sudah berkunjung :)

Reply

Aku kadang suka pakai kebaya pas ke kondangan. Tapi tetep nyari yang gaya muda, bukan kebaya lama. Biar agak kekinian heheh

Reply

Sering pakai kebaya pas Kartinian. Hari lain menyesuaikan

Reply

kebaya memang cantik untuk setiap acara
dija juga suka pakai kebaya

Reply

iya model kebaya sekarang bagus-bagus sekali.

Reply

huum momen tertentu kebaya jadi busana andalan :)

Reply

huum lebih feminim ya :)
anggun dan menawan pakai kebaya

Reply

Suka banget kebaya. Apalagi yang bagian bawahnya lebar. :)

Reply