Menu
/

Kalau mau liburan banyak hal yang dipersiapkan mulai dari barang bawaan sampai oleh-oleh yang harus dibeli di tempat tujuan. Selain itu penting juga membuat itinerary atau jadwal liburan. Hal ini  yang akan menjadi acuan dasar untuk pengeluaran dana selama liburan. Apalagi yang mau merencanakan liburan ke luar negeri. Banyak yang bilang biaya liburan ke luar negeri bikin gigit jari karena tak berdamai dengan dana pribadi.

Sebelum berlibur yang pasti menghitung budget juga untuk sendiri atau biaya liburan untuk keluarga. Selain itu cari info sedetailnya mengenai lokasi wisata yang mau dikunjungi. Ketika  menetapkan liburan ke Hanoi, Vietnam. Kemudian mencari destinasi yang ingin kunjungi nanti : 


1. Masjid An  Noor 

Masjid An Noor Vietnam ini terletak di jalan Hang Luoc nomor 12, distrik Hoan Kiem.  Bangunan masjid yang begitu apik, bercat putih dan hijau serta ada tempat wudhu duduk. Terdapat ventilasi udara yang terjaga serta ada AC agar ibaadah tetap khusu’ walau cuaca sedang terik. Pastinya tempat ini akan mempertemukan saudara muslim baik muslim Vietnam dan pendatang.  


2. D’Lions Restaurans

Pemandangan yang menarik ke stasiun kereta serta menjadi ruangan hangat untuk bersantap makanan. Menawarkan makanan Malaysia dan Singapura untuk pengunjung muslim. Terletak di lantai Ground & 8 Cosiana Hotel 92 Le Duan street, Hanoi, Vietnam. Ada menu special yang ditawarkan baik seafood, mie, kepiting, dan lainnya. Kalau dapat restoran yang halal bagi pelancong seperti menemukan telaga di padang pasir  


hanoimuslimtours


3. Halong Bay

Kalau sudah tahu letak masjid dan restoran halal maka destinasi wisata berikutnya yaitu Halong Bay. Halong Bay, UNESCO World Heritage Site merupakan salah satu warisan dunia. Teluk Halong menjadi primadona wisata yang banyak menyedot wisatawan local dan asing. Keindahan Halong Bay memang luarbiasa. 
Teluk Halong atau Halong Bay atau dikenal oleh masyarakat Vietnam dengan nama Vinh Ha Long memiliki arti naga yang sedang turun. Dapat dilihat dari bukit-bukit kapur yang menyerupai punggung naga yang sedang merambat tutun ke bumi. 

Jarak yang ditempuh 3,5 jam dari kota Hanoi ini memang terbayar ketika sampai lokasi Halong Bay. Bisa mengambil paket sehari pulang-pergi atau menginap di junk boat. Pada sore hari bisa berenang disegarnya teluk Halong dan malam hari menikmati keindahan kerlip bintang di atas deck kapal. 



wikipedia.org/wiki/Berkas:Asia_Cruise_Junk_in_Halong_bay


Ada tipsnya kalau mau liburan ke luar negeri dengan mudah dan aman :


1. Bikin list bawaan barang

Koper untuk keperluan pribadi, keluarga, usahakan warna cover mencolok atau beri print nama atau tanda yang mudah dikenali saat pengambilan bagasi di bandara.  Jangan terlalu bawa banyak baju ganti, seperlunya saja. Kalau bisa baju yang bisa dipadu-padankan dengan baju lainnya.

2. Buat list oleh-oleh yang mudah dipackingnya

Terkadang belum pergi liburan, waiting list pesanan oleh-oleh sudah banyak. Dari aksesoris khas yang menjadi icon di tempat wisata hingga produk local yang bisa didapatkan sebagai khas oleh-oleh para wisatawan.

3. Buat itinerary selama liburan di luar negeri


Itinerary ini penting sekali, sebelum berangkat, ketika mau pemberangkatan, setelah sampai lokasi liburan bahkan sampai ketika waktu liburan telah habis semua harus direncanakan. Baik waktu aktivitas per harinya, kegiatan  perencanaan seperti pesan tiket, pesan hotel, sewa kendaraan di lokasi wisata, makan, belanja, dll harus detail ditulis agar liburan jadi maksimal dan dapat diukur budgetnya. 


4. Booking hotel dan pesan tiket dengan satu langkah mudah dan aman

Dahulu saya selalu pakai cara jadul, hunting  tiket dan  hotel dengan cara terpisah. Tentu saja cara ini sangat memakan waktu dan juga harganya jadi sangat mahal. Setelah cek harga tiket dan hotel sana sini, akhirnya pilihan saya langsung ke Traveloka. Di Traveloka pesan tiket dan hotel bisa satu paket. Setelah mencoba booking hotel dan tiket pesawat dalam satu paket jaadi mudah dan saving time banget. Pas mau bayar pun harganya juga jauh lebih murah daripada pesan terpisah. Sisa uangnya bisa untuk beli oleh-oleh lho. Point penting yang yang bikin ribet yaitu pembayarannya mudah karena tersedia banyak metode pembayaran mau transfer atau mau pakai credit card. 
Nah, kalau kalian mau liburan bisa pesan tiket pesawat dan hotel hanya dengan satu sentuhan di Traveloka.  Traveloka ini bisa melakukan transaksi via web atau juga download aplikasi di playstore. Saya download di hp agar mudah transaksinya dan semua proses aman dengan pembayaran online sekalipun.



Setelah install akan aplikasi Traveloka di handphone ada pemilihan bahasa, pilih yang kalian mau (Indonesia-Indonesia, Indonesia-Inggris, dll). Maka kalian akan dapat info bahwa Traveloka sudah memiliki jaringan lebih dari 100.000 rute dan 100.000 hotel di seluruh dunia. Dapat menemukan tiket pesawat, hotel, dan kamar budget dengan harga terbaik. Sudah jutaan orang yang menggunakan Traveloka untuk memesan seluruh kebutuhan perjalanan. 



Dengan paket wisata Traveloka liburan semakin mudah dan aman. Dengan aplikasi traveloka yang menghubungkan tanpa batas dan bepergian pun makin bebas. 



Salam Inspirasi 


22 comments

Kalo lburan sdh trncna dgn matang , akan trasa lbih nyaman

Reply

Kalo oleh2 saya pernah ngalamin... Udah beli banyak eh gak bisa dibawa pulang. Karna berat barang yg dibawa udah ngelebihin "jatah" di pesawat -_- terpaksa deh dibuang di sana :'(

Reply

Ngerasain bgt perbedaan harga pas dulu booking hotel tanpa aplikasi ini. Nyampe hotel, checkin, ngurusin pembayaran, dll, pas dilihat selisih harganya lumayan bgt buat emak2 yg suka itung2an 😂😪

Reply

Iya nih liburan perlu persiapan, apalagi aku punya anak 3, rempong pasti bangets

Reply

Traveloka emang ngebantu banget klo mau kemana2. tapi untuk keluar negeri males urus passportnya nih.

Reply

Iya Mas Ahmad, sebelum liburan harus hunting dan pilih traveloka untuk semua transaksi :)

Reply

wah jadi mubazir ya Mas IQ, semoga next liburannya bisa lebih rapi planningnya dan beli oleh-olehnya juga ya. :) happy liburan juga

Reply

iya banget, sebagai emak hitungan itu perlu. Pas selisih lima puluh ribu juga lumayan buat beli kuota internet. Makanya cari yang hemat dan traveloka ini asyik bisa langsung booking tiket dan hotel, plus bisa beli pulsa juga. heheh satu aplikasi yang smua ada.

Reply

Iya Mak Naqy, aku juga punya baby kalau mau liburan sampai cari rekomendasi yang banyak, sampai musim dan cuaca pun jadi pertimbangan.

Reply

HuumTraveloka selain bisa beli satu paket banyak diskonnya juga

Reply

bener bener membantu traveloka ini...sekarang makin lengkap euuy

Reply

terima kasih informasinya sangat bermanfaat..

Reply

Hallo mba erna, saya sangat setuju sekali dengan tips-tips yang telah mba erna tulis pada artikel mba ini, ya terimakasih mba sudah mau berbagi bersama :)

Reply

Pas baca ginian pas banget mau liburan bentar lagiiii, duh udah berasa banget happy nya :D

Reply

Terima kasih infonya bermanfaat baru tahu bisa pean tiket dan hotel dalam satu paket traveloka

Reply

saya juga hampir selalu pakai traveloka buat pesan tiket pesawat, mbak. harganya lebih murah dibanding yang lain soalnya. he

Reply

iya makin lengkap bisa booking perpaket (tiket pesawat dan hotel) dan beli pulsa juga :)

Reply

Sama-sama Mas :)

Reply

Halo juga Mas Abdul, terima kasih sudah mampir. :)

Reply

Wah asyik mau liburan, selamat berlibur ya

Reply

Sama-sama Mas, traveloka memang sangat praktis bisa pesan dalam satu paket (tiket pesawat dan hotel) sekaligus.

Reply

iya murah ya Mba, beli pulsa saja murah jatuhnya. Senang pakai traveloka praktis, bisa beli satu paket, murah dan bayarnya mudah.

Reply