-->
Menu
/


Mudik menjadi tradisi apabila ada liburan panjang. Salah satu lonjakan mudik paling tinggi yaitu saat menjelang lebaran dan sesudah lebaran. Lebaran merupakan salah satu perayaan umat Islam di seluruh dunia. Setelah menjalankan ibadah puasa kurang lebih selama satu bulan, maka menyambut hari lebaran atau Idul Fitri. Tradisi mudik khususnya di Indonesia ketika lebaran merupakan ajang silaturahmi bagi mereka yang hidup merantau dan ingin berkumpul dengan keluarga dihari raya. Untuk itu jalur transportasi darat, laut dan udara menjadi naik setiap tahunnya. Mudik menggunakan pesawat terbang menjadi tren mudik 2017.


Keterangan resmi Kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Kecuk Suhariyanto, Rabu (1/2/2017) pada Ekbis Sindonews memaparkan keseluruhan jumlah penumpang sepanjang Januari-Desember 2016 mencapai 95,2 juta penumpang. Terdiri dari penumpang domestik sebanyak 80,4 juta orang (naik 16,97%) Jumlah penumpang internasional sebanyak 14,8 juta orang (naik 8,16%) dibandingkan periode yang sama tahun 2015.

Dikutip juga info dari PresidenRI.go.id yang melakukan pantauan dari Kementerian Perhubungan, perkembangan penumpang pesawat terus bertambah menjadi 9 persen. kemenhub juga berencana melakukan pelayanan yang optimal maka akan terjadi penambahan slot 11 %.



Kenaikan pada pengguna jasa transportasi udara dikarenakan kemampuan daya beli masyarakat untuk memilih jasa ini, banyak promo dan juga ada harga tiket murah sewaktu-waktu. Selain itu banyak keunggulan memilih jasa transportasi udara yakni waktu yang efektif sampai di tujuan, mengurangi resiko lelah di perjalanan, bebas macet di jalan darat yang memakan waktu lama.

Nah,sudah siap mudik dengan menggunakan moda transportasi udara?  Yuk kita pilih mudik dengan aman dan nyaman dengan mempelajari alur proses di bandara :




  • Siapkan tiket pesawat. Untuk pembelian tiket pesawat bisa saat ini  pemesanan tiket bisa online melalui website pemesanan tiket atau install aplikasi pemesanan tiket, keuntungan menggunakan aplikasi adalah tiket dapat dipesan online, e-ticket tak perlu diprint bisa nanti hanya dengan menunjukkan di hp. E-ticket ini juga akan dikirimkan ke sms dan email. Simpan semua hal penting di tas kecil agar memudahkan menunjukkan identitas Anda atau tidak perlu bongkar bagasi. Untuk pemesanan tiket ini bisa Anda pilih mau pesan sekali perjalanan atau langsung tiket pulang-pergi.

    Setelah memiliki tiket dan sampai di bandara silahkan langsung tunjukkan tiket yang sudah Anda beli. 





  • Setelah tiket Anda tunjukkan ke petugas maka akan diberikan boardingpass. Datang awal lebih baik jangan sampai tiket Anda hangus karena Anda datang tidak tepat waktu. Paling telat sekitar 30 menit sebelum pemberangkatan atau lebih tenangnya satu sampai dua jam. 




  • Untuk bagasi silahkan dititipkan ke petugas jika muatan Anda tidak dapat dibawa ke kabin. Petugas akan memberikan ID Bagasi. Simpan ID Bagasi Anda jangan sampai hilang agar ketika pengambilan bagasi bisa dengan mudah. Pilih juga warna koper yang mencolok agar memudahkan Anda ketika mencarinya. Ada cara unik lainnya juga yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menempel foto Anda yang telah di tempel di koper :)


Hal penting yang harus diperhatikan adalah untuk kapasitas bagasi gratis karena setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Jika Anda kelebihan batas maksimum bagasi gratis maka kelebihannya harus Anda bayarkan. Berikut list batas maksimal bagasi dari beberapa maskapai :



  • Tahap selanjutnya yaitu penumpang akan diperiksa oleh petugas keamanan bandara yang sudah tersertifikasi. Jika lolos pemeriksaan maka selanjutnya akan masuk gate dan menunggu pemberangkatan. 


Hal penting lainnya yaitu Anda harus mengetahui dan mengingat terminal pemberangkatan. Informasi mengenai terminal keberangkatan dapat Anda lihat pada tiket. Jika di bandara kecil yang hanya memiliki satu terminal maka Anda tak perlu khawatir. Namun, jika di bandara yang memiliki banyak terminal maka jangan sampai salah masuk terminal ya.

Dikutip dari blog traveloka.com (dilihat pada tanggal 15/6) tentang salah satu contoh bandara Internasional yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki tiga terminal. Ada tiga terminal yang dibagi lagi menjadi subbagian menurut jenis penerbangan dan maskapai, yaitu Terminal 1A, 1B, 1C (untuk penerbangan domestik), 2D, 2E (untuk penerbangan internasional), 2F (untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia), dan 3G (penerbangan domestik dan internasional AirAsia, serta beberapa rute penerbangan milik Lion Air).


Untuk kenyamanan penerbangan Anda sebaiknya memperhatikan hal berikut ini :


  • Datang lebih awal untuk mengantisipasi macet diperjalanan. Sampai bandara juga lebih tenang dalam melakukan pemeriksaan dan penyimpanan bagasi. Siapkan hal penting dalam satu tas kecil untuk memudahkan dalam pemeriksaan. Apabila sudah selesai pemeriksaan maka nikmati menunggu waktu pemberangkatan bisa dengan internetan, bersantai di sofa yang nyaman, baca buku atau mendengarkan music. 





  • Ketika panggilan untuk menaiki pesawat, segera naik ke pesawat tujuan Anda jangan sampai salah naik pesawat. 




  • Apabila tempat duduk Anda ada di urutan awal bisa naik lewat pintu depan, jika bangku Anda ada diurutan tengah dan akhir maka Anda bisa naik lewat pintu belakang. Setelah dapat tempat duduk Anda, jangan lupa pasang sabuk pengaman.




  • Selama berada di pesawat ikuti awak kabin untuk mendukun kenyamanan dan juga keselamatan penerbangan. Ketika di dalam pesawat matikan handphone untuk keamanan bersama. 




  • Pada saat mendarat boleh menghidupkan kembali handphone saat sudah berada di dalam bandara. Tunggu bagasi Anda sesuai jalur, ambil bagasi Anda, periksa kembali. Jika semua sudah oke dapat keluar bandara dengan tenang. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan bagasi rusak, hilang, jangan panik langsung lapor ke petugas. 

Selamat menikmati penerbangan yang indah dan nyaman. Jadi momen yang membahagiakan dan tak terlupakan.



Nah Sobat Aviasi sudah siap mudik dengan aman dan nyaman, senada dengan jingle #SobatAviasi berjudul selamanya. Dengerin lagunya ya bikin tenang, nggak perlu takut terbang. Selamat sampai tujuan, jangan lupaberdoa juga ya.

Sebelum kau melangkah
Keluar dari rumah
Ingat ingatlah wajah
Yang menunggu tanpa lelah

Kehadiranmu lagi
Untukmu terbang kembali
Pulang ke rumah kita
Tuk bersama slamanya

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman


Atau lihat videonya untuk menikmati lagu diatas :


Sudah tahu belum SobatAviasi bahwa kata Aviasi ini menurut KBBI artinya ilmu penerbangan. Kemudian Direktorat Jenderal Perhubungan Udara - Kemenhub RI atau disingkat jadi DJPU memberi sebutan Sobat Aviasi untuk para penumpang atau pelanggan pesawat terbang atau orang-orang yang menyukai dunia penerbangan. Yuk jadi #SobatAviasi dapat ilmunya, nyaman naik pesawatnya, aman diperjalanan dan selamat sampai tujuan. Hati senang, keluarga tenang dan senyum pun terkembang. 

Selain itu Sobat Aviasi juga bisa mencari informasi tentang penerbangan, update terbaru dari DJPU dengan mengikuti sosial medianya di :

https://twitter.com/djpu151

https://www.instagram.com/djpu151/
https://www.facebook.com/djpu151






Referensi :
https://www.facebook.com/djpu151/
http://selamanya.id/
https://news.detik.com/berita/d-3513536/532-pesawat-disiapkan-untuk-mudik-lebaran-2017
http://presidenri.go.id/artikel-terpilih/penerbangan-sebagai-moda-transportasi-unggulan-mudik-2017.html
https://ekbis.sindonews.com/read/1176254/33/bps-jumlah-penumpang-pesawat-tahun-2016-capai-952-juta-1485965749 (14/06/2017)
https://blog.traveloka.com/panduan-ini-wajib-dibaca-oleh-kamu-yang-baru-pertama-kali-naik-pesawat/
https://www.tiket2.com/blog/langkah-langkah-melakukan-check-di-bandara/
http://kbbi.web.id/aviasi
freepict pixabay

Salam Inspirasi

57 komentar:

  1. Belum pernah mudik pakai pesawat terbang karena mudiknya deket, eh moga bisa mudik ke Tasik pakai pesawat terbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Mba Rani, semoga tercapai ya mudik menggunakan pesawat terbang :)

      Hapus
  2. Save dulu. :D Barangkali suatu saat aku bisa naik pesawat. Hehehehe

    BalasHapus
  3. Intiya tertib dan sesuai prosedur. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba , agar aman dan nyaman juga dalam perjalanan serta selamat sampai tujuan.

      Hapus
  4. Btw jingle nya enak yah, langsung hapal pula, eh kok jadi gagal fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya mba , aku sama anak-anak juga suka ikutan nyanyi jinglenya :)

      Hapus
  5. kayaknya list bagasi cathay pacific ketukar nulisnya mba. smoga dgn adanya sobat aviasi, org-org makin sadar pentingnya keselamatan penerbangna. plg sebel ama penumpang yg nyalain hp pdhal baru juga mendarat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya Mba, saya ngetik by Excelnya salah input. Sudah saya edit antara bagasi eksekutif dan ekonomi. Makasi ya Mba Lia. Senang Mba Lia sudah mampir:)

      Hapus
  6. Sayang di Cianjur blm ada bandara nya hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera ada bandara ya di Cianjur :)

      Hapus
  7. Wah komplit banget informasinya. Aku belum pernah naik pesawat, kadang ngerii juga haha *emak2 penakut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mba, Biar nggak takut lagi bisa joint jadi #SobatAviasi Mba. :)

      Hapus
  8. Bapak Mertua juga kalau dipesenin tiket sama anaknya suka pake e-tiket, tinggal disuruh datang aja ke bandara. Enakan gitu ya, nggak ribet, hehehe.

    BalasHapus
  9. Aku sudah gabung ke komunitas Aviasi dan banyak banget informasi yang aku peroleh di sana, mba. Naik pesawat memang harus disiapkan

    BalasHapus
  10. Kudu banget itu ya Mba, buat baca tiket dengan seksama. Saya pernah ngalamin soalnya, di tiket tertulis terminal 2 eh karena sotoy saya malah ke terminal lain :( akhirnya mau gak mau muter lagi.

    BalasHapus
  11. Waaah jadi pengen mudik. Pake pesawat emang paling sip. Praktis, cepet dan ringkas. Biar murah, bisa pesan jauh2 hari lah ya... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum mba jauh hari biar dapat harga yang pas di kantong juga :)

      Hapus
  12. Sebenarnya mudik menggunakan pesawat lebih murah dan aman ya mbak. Cepat sampai tujuan dan gak bikin kesal karena macet

    BalasHapus
  13. Kali ini nggak mudik ke mana-mana :-D
    pernah ngalamin mudik naik pesawat, selain cepat juga nyaman sampai tujuan.
    Nggak ada macet ahhaha. Selamat mudik semuanya.

    BalasHapus
  14. kalau saya mau mudik pasti saya akan nabung spya bs beli tiket pesawat mba soalnya memang ga betah di darat lama lama dan lewat udara itu emg cepet dan nyaman cuman budgetnya aja yg lebih banyak sedikit ketimbang jalur darat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba nabung dulu ya, agar bisa angkut semua keluarga buat mudik :)

      Hapus
  15. Tahun ini pertama kalinya mudik lebaran. Tapi ga bisa pake pesawat karena jaraknya cuma 2 jam. Dari kota ke kabupaten 😁

    Tapi informatif bgt nih u/ pemudik jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Selamat mudik :)

      Hapus
  16. Untungnya sy mudik cuma 1jam karna emang gak kluar kota. Hehe... Jujur aja sy masih takut naik pesawat. Tnx tipsnya. Berguna bangeeat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung ya mba, sama-sama. Happy mudik ya mba Eni :)

      Hapus
  17. Saya mudik memang lebih memilih naik peswat terbang, ngak kuat kalau di jalan macet atau antre

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum Mba, naik pesawat lebih cepat sampai.

      Hapus
  18. enak perjalanan menggunakan pesawat, cepet sampai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya mba. :)
      Selamat mudik dan bertemu keluarga tercinta ya Mba.

      Hapus
  19. maaf mbak itu terminal nya udah pada berubah, sriwijaya sudah terminal 2F bekas garuda, dan garuda sendiri udah di T3 yang baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mba update-an nya yang terbaru. Iya saya juga ambil referensi dari traveloka untuk gambaran saja. Siiip, meluncur cari updetan terbarunya :)

      Hapus
  20. Kalau pas masih di Sby dulu krn bandara deket bernagkatnya nyantai, pas tinggal di Jkt telat jalan dikit udah gak karu2an di jalan H2C gk nelat haha
    Thx tipsnya yaaa

    BalasHapus
  21. Mantap banget lengkap infonya, bisa nyaman nih buat mudik naik pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, insyaAllah semoga selamat sampai tujuan

      Hapus
  22. Aku belom pernah mudik pake pesawat terbang. Mudiknya jarak dekat sih. Tapi kalo disuruh milih, kalo saya mudiknya jauh, saya bakal bela-belain nabung deh duat mudik dengan pesawat terbang. Aman, nyaman, dan cepat soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya Mba, saya juga pengen nabung mudik ke kampung halaman bapak :)

      Hapus
  23. Kalau mau tertib dan disiplin, pasti nyaman dan aman, ya? ^_^ Ah, tapi aku belum ada pengalaman naik pesawat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, semoga nanti kesampaian ya mba naik salah satu moda transportasi ini :)

      Hapus
  24. Nggak pernah naik pesawat jarak jauh. Paling dekat-dekat saja. :) Alhamdulillah, selama ini aman dan nyaman. Paling pengalaman nggak enaknya cuma karena sesama penumpang yang kurang baik saja.

    BalasHapus
  25. sekarang mudik naik pesawat udah jadi hal biasa ya mbak, tukang sayur di komplek ibuku pulkam ke Surabaya naik pesawat, karena dulu pesawat identik hanya untuk middle to high people

    kampanye ini bagus untuk informasi tambahan bagi org2 yg akan naik pesawat, karena masih ada aja yg abai sama peraturan "remeh temeh" di pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba mengabaikan peraturan itu akan merugikan orang banyak. semoga bisa menjadi moda yang menyenangkan ya apalagi untuk mudik yang waktu singkat serta momen berkumpul dengan keluarga

      Hapus
  26. Jika saja, saya bisa menulis artikel sekeren ini, saya pasti deh akan punya banyak uang dan banyak rumah dimana-mana :D buahahaa ngimpi kali yaa kak ^^, tapi saya akui kalo tulisan dan atau ulasan kakak yang satu ini sungguh mempesona dan sangat menginspiratif sekali loh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga artikelnya bermanfaat :)

      Hapus
  27. Balasan
    1. terima kasih sudah membaca artikelnya :)

      Hapus
  28. Infonya lengkap nih, Teh. Jujur saya belum pernah naik pesawat jadi agak ndeso XD hehe

    BalasHapus
  29. Aku blm prnh mudik naik psawat, hbis mudik nya dkt aja :)

    BalasHapus
  30. mudik pake pesawat emang enak mba, selain cepat sampai ketujuan ketika dipesawat juga kita bisa melihat lukisan-lukisan awan yang indah dari jendela

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.