Menu
/

Serunya Bermain Bersama Si Kecil di #30HariMain - Hal yang paling disukai anak-anak adalah bermain. Bagi anak-anak dengan bergerak bebas dan melakukan hal yang diinginkan menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Namun, anak tetaplah membutuhkan peran orangtua disampingnya untuk memberitahukan edukasi/pengetahuan yang membuatnya bisa bermain dengan nyaman. Dengan kehadiran orangtua disisinya dan memberikan stimulasi bagi kecerdasannya akan sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan anak-anak.


Ada 3 Langkah untuk mengenali potensi anak yaitu dengan cara:

  • Observasi

Amati minat dan kegiatan yang disukai anak-anak. Perkenalkan anak dengan berbagai kegiatan. Bebaskan untuk bereksporasi dan lihat apa saja yang membuatnya berbinar.

  • Stimulasi

Berikan permainan atau kegiatan yang membuat anak mengasah kreativitasnya atau daya pikirnya. Arahkan dengan perlahan setiap hal baru yang ditemuinya. Lihat perkembangan yang dilakukan anak-anak dalam setiap stimulasi yang diberikan.

  • Evaluasi 

Setelah mengamati dan menstimulasi langkah selanjutnya adalah mengevaluasi bahwa semua kegiatan yang dilakukan baik yang mengarah pada minat dan bakatnya dapat dinilai mana yang paling dominan dan membuatnya senang.

Ketiga hal diatas bisa orangtua lihat dengan bermain bersama anak dalam permainan yang sudah tersedia di website morinagamiplayplan.com. Dalam website morinagamiplayplan.com tersebut ide-ide permainan yang dapat menstimulasi kecerdasan majemuk anak bisa Ayah Bunda pilih sesuai dengan usia anak, selain itu semua ide permainan begitu detail dijabarkan step by step memulainya, alat dan bahan, tujuan permainan serta evaluasi. Ayah Bunda hanya tinggal pilih dan print semua ide permainan dan mempraktekkannya dengan Si Kecil di rumah.

Pada bulan Maret ini saya membuat jadwal bermain bersama anak selama #30HariMain. Hal ini untuk menstimulasi kecerdasan anak dalam merangsang kreativitas dan melihat bakat yang disukainya. 

Berikut Jadwal yang saya buat di website Morinagaplatinum.com/30haarimain : 



Pada agenda pertama bulan Maret, saya memilih ide permainan berupa permainan pasir garam berwarna. Saya print dari website morinagamiplayplan.com



Anak saya terlihat antusias, mengikuti semua arahan saya. Terlihat wajahnya pun berbinar, menemukan hal baru. Saya memdampingi dan membantunya untuk beberapa hal yang belum ia bisa seperti cara meneteskan pewarna makanan. Namun hampir semua rule dijalankan oleh anak saya dan hasilnya diluar dugaan saya, luarbiasa. Anak saya tak jenuh memulainya hingga prakarya yang dibuatnya selesai. Kerapihan dan keuletannya juga terlihat. Ide membuat pemandangan dari garam berwarna pun dari anak saya yang ketika melihat warna biru ia langsung membentuknya menjadi awan, kemudian diantara dua awan ia juga membentuk matahari. Ada pepohonan dan deretan mobil dan alat transportasi lainnya. 



Nah ini hasil kreasi permainan dari garam berwarna yang saya submit di website morinagaplatinum.com/30harimain :



Gimana Ayah Bunda, seru sekali kan bermain sambil menstimulasi kecerdasan Si Kecil dan juga banyak manfaat lainnya dengan menambah kedekatan Ayah Bunda dengan Si Kecil. Selain itu bisa bermain bersama anak-anak menciptakan moment berharga dan semakin mengenali bakat anak. Setelah membuat jadwal permainan untuk anak, Ayah Bunda bisa ikuti tantangan #30HariMain di http://www.morinagaplatinum.com/30harimain



Salam Inspirasi 

12 comments

Wah seru ya main garam berwarna, Tifa juga suka diajak main ini mbak ��

Reply

Aku juga ikutaaaan dong. Jd seru ya main trus sama anak hihi

Reply

Seruuu aku juga main loh

Reply

iya seru, anak-anak suka berimajinasi dan jadi kreative

Reply

iya seru ya jadi banyak kegiatan bersama anak-anak

Reply

Asyik ya mba, anak2 jadi punya jam bermain dan distimulasi kecerdasannya

Reply

Kegiatan anak kaya gini yang jarang saya temui di lingkungan rumah. Biasanya anak2 suka main yang gak sehat, Kalau kaya gini kan bisa meningkatkan kreatifitas si anak.
Sayangnya belum punya anak saya hehe

Reply

semoga dapt segera bertemu jodohnya dan punya anak yg lucu2

Reply

wah .. serunya liat anak bermain seperti ini

Reply

iya bunda, bisa untuk jadwal bermain bunda dengan si kecil di rumah :)

Reply

thank infonya,boleh di coba untuk anak2 bermain

Reply

terima kasih telah berkunjung :)

Reply