Menu
/

Membuat Agenda Bermain  Untuk Anak-Anak  Dalam  #30HariMain - Kehadiran buah hati sejak tanda garis dua menyertai adalah sebuah lambang kebahagiaan bagi orangtua. Dimana anak adalah anugerah yang tak ternilai dan juga fase baru dalam memasuki jenjang kehidupan berumahtangga. Anak menjadi bukti cinta penuh arti. 


Sejak 1000 pertama kehidupan begitu penting untuk perkembangan otak, pertumbuhan massa tubuh dan komposisi badan dan metabolisme, hal tersebut dapat dilihat dari jangka pendeknya. Jangka panjang bisa dilihat dengan kognitif dan pretasi belajar. Kekebalan/ kapasitas kerja, pengaruh pada beberapa penyakit yang biasa di derita seperti obesitas, penyakit jantung, dll.

Kebutuhan Dasar untuk Tumbuh Kembang Optimal 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) :


1. Kasih Sayang

Menciptakan raa aman dan nyaman, dilindungi, diperhatikan (minat, keinginan, pendapat), diberi contoh (bukan dipaksa), dibantu, didorong, dihargai penuh kegembiraan, koresi (bukan ancaman/hukumn)

2. Stimulasi

Merangsang sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, kognitif, mandiri, kreativitas, kepemimpinan dan miral.

3. Fisis Biologis

Memberikan nutrisi, imunisasi, kebersihan badan & lingkungan, pengobatan, olahraga dan bermain.

Jika dari 1000 hari pertama telah diberikan nutrisi yang terbaik, maka diusia tumbuh kembangnya memberikan stimulasi yang baik untuk kecerdasannya. Seperti yang diketahui bahwa Morinaga memberikan perhatian khusus kepada kecerdasan anak-anak untuk berkembang dengan baik. Maka disediakan website yang sangat berguna bagi para orangtua untuk mengetahui bakat anak-anak yaitu http://www.morinagaplatinum.com/30harimain


Dalam website http://www.morinagaplatinum.com/30harimain orangtua tak hanya menstimulasi anak-anak dengan permainan selama 30 hari, namun kontinuitas ini bertujuan untuk melihat kecerdasan majemuk (multiple intelligence) anak-anak dan dapat mengenali kecerdasan anak sejak dini serta melakukan evaluasi agar orangtua dapat menentukan masa depan anak-anaknya. 

Berikut Ayah Bunda dapat membuat jadwal stimulasi permainan yang dapat di lihat di website morinagamiplayplan.com, bisa membuat jadwal secara manual atau langsung membuat jadwal di website morinagamiplayplan.com, seperti contoh dibawah ini :
  


Jenis permainan bisa Ayah Bunda pilih sesuai dengan usia anak. Pilih permainan yang sesuai usia anak mulai dari 1-3 tahun atau 4-6 tahun. Ide permainan ini tentu ayah-bunda bisa cari di website MIplayplan, sudah banyak ide permainan, cara bermain, bahan yang diperlukan, stimulasi apa saja yang diberikan serta hasil evaluasi yang didapat.



Salah satu permainan yang bisa dipilih Ayah Bunda dalam morinagamiplayplan.com Menceritakan hewan dibawah ini dan menyebutkan makanannya serta mewarnai gambar. 



KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) YANG DILATIH OLEH SI KECIL ADALAH:
• Kecerdasan Naturalis karena Si Kecil diajak untuk mengenali binatang dan makanannya.
• Kecerdasan Kinestetik karena Si Kecil diajak untuk melatih gerak tangannya dengan aktivitas mewarnai.
• Kecerdasan Linguistik karena Si Kecil diajak untuk bercerita.
• Kecerdasan Visual Spasial karena Si Kecil diajak untuk mengenal pola dan warna dengan aktivitas mewarnai.

Aneka permainan lainnya yang bisa Ayah Bunda pilih yaitu :



Seperti yang Ayah Bunda lihat, dalam modul permainan stimulasi untuk si kecil pada MIplayplan sudah sangat detail, terdiri dari :
  • Tujuan permainan
  • Alat dan bahan
  • Cara bermain
  • Evaluasi


Sehingga memudahkan Ayah Bunda untuk memahami tujuan stimulasi dan memilihkan stimulasi permainan kepada Si Kecil. 






Yuk Ayah Bunda segera buat agenda bermain untuk Si Kecil selama #30HariMain untuk stimulasi kecerdasannya. Jangan lupa juga submit permainan bersama Si Kecil dalam program #30hariMain di website http://www.morinagaplatinum.com/30harimain


Salam Inspirasi 

6 comments

Erna, kreatif pisan euy

Reply

Makasi Cikgu, bermain sambil menstimulasi kecerdasan anak, Kang Ali :)

Reply

thank artikelnya, buat ide bermain untuk anak-anak

Reply

Sama-sama Mas terima kasih sudah berkunjung :)

Reply

silahkan,terima kasih.

Reply