-->
Menu
/


Berita-berita perampokan dan maling sekarang makin banyak beredar dengan cara cara yang makin menyeramkan. Berpikir sejenak, apakah rumah yang ditempati sudah aman dari maling? Apakah semua anggota keluarga sudah terlindungi di rumah? Faktanya 70% dari kasus pencurian dan perampokkan di rumah dijual di Jakarta masuk lewat pintu, ya pintu adalah tempat anggota keluarga masuk dan tempat maling masuk juga. Pintu ini juga termasuk pintu depan, pintu beranda dan pintu garasi. Walaupun pintu terbuat dari kayu padat, sedangkan jendela kebanyakan dari kaca, namun pintu adalah tempat favorit maling masuk. Sekarang bagaimana cara membuat pintu rumah agar terlindungi dari maling?


1. Pintu yang solid

Intinya, pintu yang di luar haruslah solid dan anti jebol. Pernah melihat pintu dengan dua lapis dan yang terluar terbuat dari besi? Pintu seperti ini memang terlihat ribet, tapi inilah cara yang paling dasar untuk membuat pintu rumah sangat aman. Tentu saja harus dilengkapi kunci dari dalam, pilihan ini merupakan pilihan yang paling mudah, walaupun ribet juga harus keluar lebih untuk perawatannya.


2. Pintu tanpa kaca

Kaca memang memberi jalan masuk bagi cahaya untuk masuk ke rumah, namun juga mempersilahkan maling untuk bertamu. Jika jendela kacanya ada di dekat kunci dalamnya, maka besar kemungkinan akan diraih. Jika kamu asalnya membeli rumah seperti rumah dijual di Bandung yang biasanya bermodel berkaca, kamu harus mempertimbangkan hal ini. Bisa juga modifikasi dengan memberi teralis di kacanya.

3. Beri kunci tambahan

Jika kunci rusak, maka pintu rusak, memang benar karena kekuatan pintu memanglah dari kuncinya. Maka dari itu selain mengandalkan kunci utama, kamu wajib memiliki kunci tambahan seperti engsel gembok atau kunci jeklekan geser. Ini merupakan hal yang wajib banget karena pintu tambahan bisa didapat di toko semacam toko bangunan atau acehardware.


4. Bingkai Pintu

Di beberapa rumah, bingkai pintu memang sebuah kemewahan, karena memang memasangnya agak mahal dan tukangnya juga jarang. Tapi sebenarnya bingkai pintu adalah hal yang sangat penting dalam keamanan pintu. Jika ditendang pintu bisa langsung jebol, namun tidak jika ada bingkai pintu yang kuat. Untuk tambahannya juga, gunakan engsel yang oke dan rawat agar tidak berkarat, karena membantu dalam kekuatannya.


Salam Inspirasi 

14 komentar:

  1. mba, kamu keren banget sih. kepikiran nulis artikel kayak gini. harus belajar nih dari kamu

    BalasHapus
  2. Setuju, keamanan perlu ditingkatkan walaupun di rumah

    BalasHapus
  3. kunci pintu dan cadangan penting juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya itu, jangan lupa juga simpan diposisi yang sdh dikomunikasikan dengan anggota keluarga. Jadi pas urgent atau suasana genting sudah teredukasi semua anggota keluarganya, tanpa perlu bertanya-tanya lagi.

      Hapus
  4. Saya juga pakai kunci tambahan buat di dalam bagian pintu, jadi merasa aman aja. Thanks sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba :), terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  5. Kayaknya aku harus nambah kunci tambahan deh :)
    Makasih idenya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum mba, untuk siaga keselamatan keluarga :)

      Hapus
  6. Manggandakan kunci untuk anggota keluarga

    BalasHapus
  7. di rumah saya pake yang poin nomor 3, kunci tambahan plus dikasi nampan yang dari seng gitu di bagian bawah pintu. Jadi kalau ada yang buka pintu, nampannya jatuh dan bunyinya ribut sekali :D

    BalasHapus
  8. Jaman sekarang emang gitu ya, mesti waspada super duper karena orang jahat ada di mana-mana, huhuhu

    Salam,
    Rasya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.