Menu
/

Milda Ini sosok berjasa Blogger Bengkulu dan penulis produktif. Sosok inspiratif ini bernama Milda Ini seorang Mom Blogger dan penulis buku. Ibu dari empat orang anak, satu anak laki-laki (alm) dan tiga anak perempuan. Mba Milda juga menamatkan pendidikan D3 jurusan keperawatan dan sarjana S1 jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Simak terus yuk kegiatan padat dari seorang Milda Ini pendiri Komunitas Blogger Bengkulu dan penulis buku produktif. 


Saya pun berbincang dengan Mba Milda agar lebih dekat lagi, dengan kesehariannya serta ide-ide inspiratifnya. Salah satu yang membuat saya ingin tahu alasan kenapa Mba Milda yang sedang repot dengan kelahiran bayinya, promo 4 buku terbarunya, masih memiliki ide luarbiasa untuk membentuk komunitas Blogger Bengkulu. Berikut isi perbincangan saya via messanger dengan Mba Milda pendiri Komunitas Bengkulu : 

logo Blogger Bengkulu

1. Apa alasan Mba Milda ingin memdirikan Komunitas Blogger Bengkulu, dan bisa ceritakan sedikit sejarah terbentuknya? 

“Saya memang orangnya suka kumpul2, rame-rame gitu. terus ketika FLP bikin grup khusus blogger, saya ikutan dan aktif di sana termasuk untuk mengaanti domain pribadi. nah, ternyata saya liat teman2 bloger khususnya di pulau jawa banyak kegiatannya, kayaknya asik. saya juga pengen begitu, belajar bareng. apalagi ilmu blogging itu banyak ya dan ada aja terus, belajar sendiri tidak asik, mending rame, syukur bisa undang pembicara. Lalu saya minta tolong seorang adiklah saya menyebutnya untuk membuatkan logo komunitas. tapi wkatu itu belum dilanjutkan lagi, apalagi bulan April itu saya lagi sibuk ngisi pelatihan bengkel cerpen dan persiapan mau melahirkan, saya pikir nanti saja deh diseriusi. ya, udah lahiran dulu. usai lahiran sekitar hari 20, ada info tim kompasiana mau mnegundang 30 blogger Bengkulu, buat acara nangkring bersama BKKBN di hotel Grage Bengkulu. Nah, waktu mencari 30 0rang itu, kayaknya sulit banget. darisana keinginan untuk bikin komunitas semakin kuat, saya hubungi adik itu yang tadinya membuat logo, saya minta dibuat fix. Lalu kepada jarkom acara saya usulin kalo saat itu kita akan langsung bikin dan launcing komunitas. pucuk dicinta ulam tiba, saat kumpul buka bersama sama kompasiana sebelum acara, mereka oke , acc kita bikin komunitas. Sudah saya bergegas bikin spanduknya. itu baby nasya warawiri juga, alhamdulillah dia sehat aja. hasilnya, kita dilauncing barengan acara kompasiana. ya senang aja, sekalian kan ya.

Perjuangan sekali ya terbentuknya Komunitas Blogger Bengkulu, tetapi akhirnya launching juga. Selamat ya Mba Milda idenya telah terealisasi.

2. Setelah launching Komunitas Blogger Bengkulu, apa rencana selanjutnya?

“Ditanggal 1 juli, saya lanjutkan bikin grup komunitas via fesbuk. saya juga mengajak teman-teman blogger yang lainnya seperti Intan, Ria, Yurma dkk untuk gabung dan menjadikan mereka admin. Alhamdulillah mereka mau dan sekarang Bobe sudah ada pengurusnya, saya kebetulan ketuanya. Kegiatannya yang pasti setiap bulan ada kopdar, pada minggu terakhir setiap bulannya. temanya beda-beda sih.
Sesi foto bersama Blogger Bengkulu


Ternyata Mba Milda bukan hanya membentuk sebuah komunitas tetapi juga memberdayakannya menjadi sebuah kegiatan yang penuh ilmu dan bermanfaat bagi para anggotanya. Semoga Bobe semakin berkembang dan sukses membawa Bengkulu dalam dunia perbloggingan yang memberi warna positif dalam menyajikan informasi dan juga kegiatan-kegiatan lainnya. 

Kembali keseharian Mba Milda yang produktif sekali, walau sedang hamil dan mengurus anak-anaknya, Mba Milda tetap rajin ngeblog dan nulis buku. Makanya menjelang lahiran bukunya langsung 4 yang terbit. Wah keren sekali ya.

Buku Solo Mba Milda ini antara lain :

  • Buku Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah A
  • Buku Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah B
  • Buku Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah AB
  • Buku Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah O

Keempat buku ini diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) Kelompok penerbit Gramedia.

Buku karya Mba Milda

Selain buku solo, ternyata karya antologinya pun banyak sekali. Berikut sebagian karyanya yang saya list :
  1. Nikah Gak Boleh Ngutang, My Wedding Story
  2. Di Masjid Hatiku Terkait
  3. Pujangga Kedurang, Sebait Kisah Dari Bengkulu
  4. Menjadi Salah Satu Tim Penulis Buku Kamus Indonesia
  5. Kejutan-kejutan Abi Tersayang, Kejutan-kejutan Abi Tersayang
  6. Bukan Lajang Desperado
  7. Dll

Seperti disebutkan diatas bahwa Momblogger Mba Milda sangat aktif sekali, anak banyak, tetap berkarya dan juga pengalaman organisasinya sederet. 

PENGALAMAN ORGANISASI

1. Koordinator Ibu-ibu Doyan Nulis Wilayah Bengkulu (2012 sd sekarang)
2. Badan Pengurus Pusat (BPP) Forum Lingkar Pena Divisi Jaringan Wilayah ( 2013 sd sekarang)
3. Pengurus Komunitas Seni dan Budaya Ambin Bengkulu 2016 
4. Pendiri Komunitas Cinta Buku (KCB)
5. Pendiri Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)


Mba Milda Ini juga sering dipanggil menjadi  pembicara untuk berbagai acara. Terkadang Mba Milda mengajak buah hatinya ikut serta, juga lokasi yang ditempuhnya tak selalu dekat bahkan ada yang harus keluar kota dan pulau. Pokoknya banyak undangan yang dihadiri Mba Milda, diantaranya : 

  • Acara Bengkulu membaca, bersama dengan Presiden Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM)
  • Acara Women Day di Universitas Bengkulu
  • Narasumber dalam acara pelatihan menulis BEM Universitas Bengkulu di gedung Batik
  • Narasumber dalam diskusi Cara Menerbitkan Buku Di Penerbit, Bersama penasihat FLP bapak Firdaud di gedung harian Bengkulu Ekspress.
  • Pelatihan Menulis Cerpen Bagi Mahasiswa
  • Dll
Yang mau dekat dan ketularan semangat dari Mba Milda Ini silahkan add dan follow akun media sosialnya ya, temukan inspirasi dari pendiri Blogger Bengkulu ini : 

Email : mildaini.bkl@gmail.com
FB : Milda Ini
Instagram : @mildaini.bkl
Twitter : @mildainibkl
Wa/sms 0821 7799 3000


Salam MomBlogger

3 comments

Seringkali ingin bertemu dengan mom blogger yang super produktif seperti Mba Milda Ini, dan juga pemilik blog ini karena karena saya suka cara mengulasnya. Asyik sekali. Salam kenal, kak. :)

Reply

Salam kenal juga dik Dinda Rossi, terima kasih sudah mampir :)

Reply

Masyaallah, yah...
Perjuangan, semangat yang membuat kita kembali berpikir mimpi. Membuat kita mencari jawab atas satu pertanyaan, "seberapa jauh usaha yang telah kau upaya tuk wujudkan mimpimu menjadi nyata?"

Yeayy, yeayyy
Semoga menular itu semangatnya, aamiin...

Reply