Menu
/

Tahun 2016 akan segera berlalu, banyak moment yang terlewati baik sebagai ibu rumahtangga, penulis, blogger dan mompreneur. Sebelum membuka lembaran tahun 2017 saya ingin kembali mengenang jejak-jejak 2016. 

Mungkin pembaca blog saya ini sudah sangat familiar dengan tagline di blog saya yaitu Menulis Untuk Berbagi Kebaikan,  inilah semangat saya untuk tidak pernah berhenti menulis dan berbagi semangat kepada orang-orang sekitar.

Saya adalah ibu rumah tangga, yang pernah kerja kantoran selama lebih dari 6 tahun dan memilih resign disaat mau melahirkan anak pertama dan sedang berjuang skripsi. Waktu berjalan begitu cepat, hingga saat ini saya menjadi ibu dari Fatih (4 tahun), dan Fay (2 tahun), serta sedang hamil anak ketiga dengan usia kandungan 7 bulan. Tahun 2016 inilah peran emak-emak saya bertambah sebagai ibu dua balita super aktif dan ibu hamil yang harus punya kekuatan ekstra untuk mendidik, merawat dan menjadi teman balita-balita saya. 

Selain itu kesibukan menjadi ibu rumahtangga lainnya yang saya lakukan adalah mengerjakan seluruh tugas domestik rumahtangga, dari mulai memasak, mencuci, menjemur, angkat-lipat baju, mengepel, beres-beres, dan lainnya yang selalu berulang setiap harinya, pekerjaan ibu rumahtangga yang tak bisa libur ini. Belum lagi menyuapi duo balita makan, memandikan mereka, memakaikan baju, dan juga membacakan dongeng serta mengajarkan pelajaran sekolah dan mengajari membaca iqro. 


Berbeda kesibukan dengan pekerjaan domestik rumahtangga, saya pun sebagai bendahara, marketing untuk usaha suami yang bergerak di bidang sofware-hardware/pemograman/kursus Teknik/Bimbingan Skripsi, dan jasa pembuatan pemograman lainnya, serta yang menjawab pesanan online DVD Tutorial Microkontroller, Vb.Net, dan DVD tutorial lainnya hingga proses transaksi selesai, pengepakan, serta mengirimkannya ke jasa ekspedisi. Kalau dilihat sibuk, pastinya sibuk dengan segudang aktivitas yang dikerjakan, namun jika dikerjakan dengan ikhlas dan bahagia maka tidak akan terasa melelahkan. 

Alhamdulillah, pada tahun 2016 ini saya masih dapat memberi jejak karya berupa  dua buah buku terbit dan dua naskah pesanan, diantaranya :

  1. Buku duo Nonfiksi remaja, dengan judul Kalo Cinta Bilang Aja!, Penerbit BIP, Februari 2016. 
  2. Buku solo anak, dengan judul "Keren! Kisah Seru dan Fakta Unik Tentang Burung. Penerbit Visi mandiri, April 2016.
  3. GhostWriter 2 naskah yaitu pada bulan April  dan bulan Juni. 


Adapun untuk lomba blog atau kepenulisan atau kuis lainnya berikut listnya :

  1. Januari 
    - Pemenang giveaway emakgaoel
    - Pemenang kuis ticket KMGP
    - Pemenang giveaway YonnaKauripan
    - Pemenang hiburan blog competition Qwords

  2. Februari
    - Juara Favorit II Giveaway Kehilangan
    - Pemenang kuis Milad FLP ke-19

  3. Maret 
    - Pemenang utama giveaway SmartWriter
    - Pemenang 10 resensi terbaik FLP

  4. April
    - pemenang hiburan giveaway semua tentang wirausaha
  5. Mei
    - Pemenang hiburan blog competition Kalbe
  6. Juni
    - Juara 1 lomba Blog Best Moment IHB
    - Pemenang kuis Shopback
    - Juara 3 lomba Foto SustagenClub
  7. Juli
    - Pemenang Giveaway Diah Dydie The Kitchen Heroes
    - Pemenang 10 postingan terpilih blog competition Keuangan Syariah OJK dan blogdetik
    - Pemenang 5 Kontestan Terbaik Ucapan HUT 69 Koperasi Indonesia
    - Pemenang ke 2 Giveaway Thing! Yes! Aku Bisa Berbisnis
  8. Agustus
    - Juara 3 blog competition LactacydBaby
  9. September
    - Pemenang Giveaway Pekan ASI Sedunia menjadi kontributor kisah perjuangan ASI yang dibukukan
  10. Oktober
    - Pemenang Bloggers' Writing Competition Bekal Masa Depan bersama Morinaga Chil-Go!
    - Pemenang Giveaway Gaya Ransel
  11. November
    - Juara 2 Liputan #SKVBerbagi
  12. Desember
    - Pemenang hiburan blog competition #UsiaCantik Loreal & Blogger Perempuan
    - Pemenang Periode 2 Sharing Stimuno Forte
Kembali mengucap rasa syukur yang tiada hentinya karena selalu diberkahi rezeki, bukan hanya dari buku-buku yang terbit, menang lomba, ternyata blog saya ini pun menerima job review dari berbagai brand/agen/advertiser. Selain blog yang berkah, dilanjutkan akun sosmed saya yang ternyata diterima menjadi tim buzzer beberapa produck.

Ketika menjalani semua kesibukan dengan hati ikhlas dan semua kebaikan tertuju karena Allah SWT, akan bernilai positif. Apabila hanya mengeluh karena sibuk, waktu yang tidak ada, serta keluhan-keluhan yang hanya membunuh kreativitas serta setiap waktu yang dilalui menjadi tidak produktif.

Saya ibu rumahtangga rumahan, yang izin keluar rumah itu perlu berpikir berkali-kali lipat, hidup merantau jauh dari sanak keluarga membuat keseharian saya tak lepas dari anak-anak. Bahkan diacara-acara yang saya anggap penting sekalipun saya tetap membawa anak-anak saya. Misalnya ketika saya menjadi pembicara di Panggung Islamic Book Fair saya membawa dua anak saya, satu duduk dibangku bersama saya dan satunya lagi dipangkuan saya, ada rasa 'kurang profesional' tetapi mau gimana lagi dan alhamdulillahnya anak-anak saya duduk tenang hingga acara selesai. Penulis lain pun tak merasa terganggu dan saya juga satu panggung bersama Bunda Pipiet Senja, beruntung Bunda Pipit Senja juga keibuan dan sangat pengertian.


Rekam aktivitas di tahun 2016


  • Maret : Workshop Menulis KMO di Kampus Umar Usman
Bersama Tim Inti KMO


Biasanya meeting bersama Tim Inti KMO untuk membicarakan planning the Best KMO. Pada bulan Maret 2016 inilah acara workshop kepenulisan KMO di Kampus Umar Usman. Sebagai ibu dua anak, tidak mudah membangunkan dua balita dari sebelum subuh, memandikan mereka dan menyuapinya sarapan pagi kemudian berangkat menuju Jakarta. Namun, karena kecintaan pada dunia tulis menulis dan juga KMO, alhamdulillah anak-anak bisa asyik mengikuti acara hingga selesai. Sampai rumah juga malam, anak-anak tidak rewel.


  • April : On Air di Radio Dakta 
On Air di Radio Dakta

Kali keduanya dapat kesempatan on Air di Radio Dakta, Penyiar radio Dakta yaitu Mba Ulfianan Larasati begitu baik  memberi kesempatan untuk buku-buku terbaru saya yang terbit. Terima kasih Dakta radio.



  • September : Pelatihan Menulis di Unisma Bekasi
Pelatihan Menulis di Unisma Bekasi 

Ini karena schedule sudah di agendakan sebelum tahun 2016, maka ketika dapat jadwal undangan menjadi pemateri menulis di Unisma Bekasi, mau tidak mau harus hadir. Inilah perdana jadi ibu hamil yang lagi mabuk muntah-muntah parah, sambil bawa dua balita ikut keacara pelatihan menulis offline sambil naik gojeg yang dibawa nyasar-nyasar jalan. Sampai TKP, untungnya langsung disambut wajah sumringah peserta jadi lupa mual-mual pusingnya, anak-anak juga langsung berlarian bermain karena happy sekali diajak keacara.

  • - 1 Oktober : Seminar Nasional 1000 Penulis Muda KMO di Jakarta 
Bersama Tim inti KMO

Kembali menaklukan Jakarta, perjalanan yang bukan seperti biasanya karena masih dikategorikan ibu hamil muda yang masih pusing dan mual. Apalagi sambil membawa anak. Namun, demi kecintaan pada KMO akhirnya sampai selamat ke tempat tujuan dan ikut serta dalam seminar Nasional bersama KMO.


       - 9 Oktober : Kelas Blogging With Sanggar Cahaya Anak Negeri

Kelas Ngeblog di Sanggar CAN

Perjalanan cukup jauh juga, dua jam mengendarai sepeda motor, ditemani rintik hujan. Kelas yang dijadwalkan setelah Ba'da Ashar ini, ternyata selesai jam 9 Malam, sampai rumah jam 10 malam. Tak berasa sekali memang kelas ngeblog serentak ini, antusias anak-anak jalanan untuk belajar dunia blogging begitu semangatnya, sampai malam pun kelas masih berdatangan peserta yang mau belajar. Sayangnya, ibu hamil dengan kandungan usia 4 bulan ini, sambil bawa dua balitanya sudah mulai kelelahan. Jadi kelas pun dicukupkan. Semoga dilain waktu bisa disambung lagi ya..

  • November : Workshop Menulis di SMK At-Taqwa
Workshop Menulis di SMK Attaqwa

Ternyata masih jauh lagi perjalanan yang harus ditempuh. Tak ada trayek transportasi serta lokasi yang sulit dijangkau dengan kendaraan yang bisa dipesan melalui aplikasi online sekalipun. Alhamdulillah, sampai lokasi para siswa setia menanti dan masih semangat belajar menulis bahkan mereka juga ingin belajar ngeblog. Sayang disayang, laptop di kelas ada, namun wifinya yang tidak tersedia. jadi ngeblog serentakpun batal. Anak saya sendiri cukup tenang duduk di meja guru, sampai akhirnya kembali ke rumah. Alhamdulillah kandungan juga baik-baik saja, janin bergerak aktif.


Pasti bertanya, "kenapa sih repot-repot segala kesana kemari, menjadi mentor menulis online maupun offline, kenapa tidak tidur nyenyak saja, anteng dirumah sambil ngurus anak, atau bilang seribu alasan kesibukan?"

Bisa saja memilih jalan itu, namun bagi saya yang sudah meniatkan untuk berbagi kebaikan apapun yang saya bisa lakukan. Bahwa ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang terus mengalir dan membawa kebaikan pada oranglain. Bagaimana dengan Anda di tahun 2016 ini?



Salam Inspirasi


23 comments

Subhanalloh, Mbak Erna ini sosok inspiratif banget ya. Menjadi seorang ibu dengan duo balita serta berbagai kesibukan (saya yakin belum tentu bisa melakukan seperti Mbak), tak menyurutkan niat untuk tetap menebar kebaikan dan manfaat bagi sesama, juga lewat tulisan-tulisan yang menginspirasi.

Salut dan sukses selalu untuk Mbak :)

#berharap ikut jejak Mbak Erna :)

Reply

Tambahan lagi, jadi bumil yang tetap semangat! :)

Reply

Wow produktif banget menulis 4 buku dan menang banyak lomba. Semoga 2017 makin banyak berkarya ya

Reply

Amiin, terima kasih Novarina atas doa dan kunjungannya

Reply

Ayooo semangat juga ya De Novarina :)

Reply

Amiin, terima kaasih atas doanya mba Helena

Reply

Inspiratif banget artikelnya mba ... di tahun 2017 pastinya udah buat planning nih :)

Reply

Terima kasih atas kunjungannya :)

Reply

Wow, keceeee Mak. Buil dengan 2 anak, produktif nulis dan banyk menang lomba blog nih. Manajemen waktunya bagus. Aku masih acak-acakan nih mengatur waktunya hehe

Reply

Kece banget, Mbak. Banyak menang lomba. Semoga 2017 lebih baik dan lebih semangat lagi :D

Reply

Lanjutkan demi sebuah kebaikan, nice job :)

Reply

Amiiin, terima kasih doanya ya :)

Reply

wihh keren MBaaal pencapaiannya... #salam kenal dari Jogja

Reply

Wah mba prestasinya keren banget padahal full time ibu rumah tangga ya, saluttt mba :)

Reply

makk, mau dong diajarin tips menang lomba blog hehe
waiting ya di artikel selanjutnya

Reply

salam kenal mba Agustina, senang sekali sudah berkunjung ke blog ini.

Reply

terima kasih mba Lily kanaya, sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Reply

InsyaAllah ya Mba:)

Reply

bacanya sambil ngacaiiii XD
tapi jadi motivasi saya di tahun ini. mumpung masih 1 januari:D

Reply

makasi Lina, ayooo lebih semangat lagi ya. salam sesama bumil :)

Reply

Wah, Erna tambah banyak nih pengalamannya, saluuuut...

Reply

Terimakasih Mas Koko, masih terus belajar :)

Reply