Menu
/
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain dot net dot com


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com versi saya ini, akan mengulas manfaat ngeblog dengan keunggulan menggunakan top level domain .net/.com. Pengalaman ngeblog saya sejak remaja tahun 2006 disemua platform hingga akhirnya saya memutuskan memilih memakai top level domain .com. Kenapa sih harus menggunakan top level domain .net/.com, jika yang gratisan aja masih bisa untuk ngeblog. Salah dua alasannya yaitu ngeblog menggunakan top level domain .net atau .com saat ini sangat populer, menjadi king domain yang banyak dipilih, bangga dengan nama domain unik dari top level domain .net/.com serta masih banyak keunggulan lainnya menggunakan top level domain .net atau .com.

Mengenal Top Level Domain .net/.com

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain dot net dot com

Domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server computer seperti web server  atau email server di jaringan computer atau internet.  Nama domain ini berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, menurut Fahrul Muanif, hal 133 : 2013.

Contoh nama domain dotcom adalah : http://www.ernawatililys.com/ , tetap ya narsis sendiri dan ingin selalu eksis ☺

Menurut teman blogger saya yang punya alamat  domain Dotnet beliau memilih .net untuk pilihan network atau pertemanan tetapi katanya open monetize blog juga. Sedangkan kalau saya yang memilih .com karena memang "king domain" menurut saya yang banyak digunakan dan .com sendiri memang tegas karena langsung mencirikhaskan karakternya sebagai commercial, tinggal diberdayakan saja agar dapat menjadi kail penghasilan.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain dot net dot com


Inilah keunggulan menggunakan top level domain .net/.com versi saya seorang ibu rumah tangga, penulis, blogger dan mompreneur. Berdasarkan pengalaman saya sendiri yang memakai top level domain baik untuk blog personal saya di http://www.ernawatililys.com/ dan juga untuk bisnis saya, sebuah toko online yang di http://www.tokofamily.com/. Berikut keunggulan menggunakan top level domain .net/.com  diantaranya : 

1. Menggunakan Top Level Domain Untuk Membangun Personal Branding



keunggulan menggunakan top level domain dot net dot com


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yaitu Bapak Moh. Nuh pada tanggal 27 Oktober 2007 yang lalu mencanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional dan pencapaian sejuta blogger pada tahun 2008 (Agus Hery Prasetyo, hal. 09 : 2008).

Yipiiii, hari blogger sudah ditetapkan, hidup blogger!❤

Memang ngeblog bisa dikatakan sebuah pilihan, karena banyak penyedia gratisan untuk sekedar menuliskan catatan online. Namun, aktualnya banyak juga para blogger yang memilih menggunakan top level domain .net/.com untuk personal brandingnya. Walaupun berbayar pastinya ada keuntungan lebih menggunakan top level domain .net/.com dibandingkan dengan yang gratisan. Memang ada juga seleb blogger yang setia di blog gratisan dengan bayaran jutaan. Tetapi tak semua blogger dapat keistimewaan seperti itu. Maka jalan terbaik adalah membuat blog menjadi top level domain agar personal branding blogger tersebut dapat terupgrade ke level yang ingin dicapainya. Sehingga para blogger yang telah memilih top level domain .com atau .net tak lagi santai-santai mengelola blognya (inget, bayar kontrakan, cin! Muehehehe)

Memiliki tujuan untuk membangun personal branding, yaitu agar pengunjung yang datang ke blognya percaya bahwa pengelola blog ini membangun blognya dengan karakter diri yang diciptakannya dan blog tersebut terpercaya dengan adanya konten yang baik. Namanya sudah berbayar tidak mungkin dikelola asal-asalan sehingga bukannya menjadi sebuah pencitraan diri yang baik bagi blogger malah sebaliknya.

Namun jika blog tersebut memang dijadikan sebagai wadah membangun personal branding yang ingin diciptakannya maka akan dikelola secara professional. Contohnya, seorang penulis yang menuliskan teknik-teknik menulisnya di blognya, agar para pembacanya dapat setia membaca ilmu kepenulisan yang dimilikinya, pengalaman serta kabar dari sang penulis tersebut. Contoh lain, seorang ibu rumah tangga menceritakan kesehariannya di rumah mengasuh anak-anaknya, serta pengalaman merawat anak dari mulai cerita kehamilan, tumbuh kembang anak serta perkembangan anaknya menjadi anak remaja banyak diminati pembaca online sehingga penulis blog tersebut dikenal sebagai momblogger. Dari konten blog inilah tercipta personal branding, setujukah dengan pendapat saya?


Jika kamu ingin menjadi penulis harus dengan menaklukkan ratusan halaman menjadi sebuah naskah, kirim ke penerbit, lalu menunggu jawaban diterima atau tidaknya dari redaksi, hingga menanti buku itu terbit. Ketika buku terbit barulah bisa bangga dan mengatakan bahwa kamu adalah penulis dan akhirnya membuat branding sebagai penulis buku dengan dibuktikannya sebuah karya  yang sudah terbit. Proses yang panjang untuk melahirkan karya dan membangun branding diri.

Namun, kemudahan ngeblog dengan menggunakan level domain .net/.com kamu hanya perlu rajin menulis dengan baik, kelola blog dengan profesional maka brandingmu menjadi bloggerpun akan segera tersemat. Membangun branding pun bisa lebih cepat dengan menggunakan top level doman .net/.com.

Selain untuk branding personal kalau untuk yang memiliki bisnis pun sangat perlu menggunakan top level domain .com gunanya tentu untuk branding sebagai owner dari produk yang dijualnya. Seperti Ernawati Lilys owner dari tokofamily.com, tetap ya contohnya diri sendiri terus. Maafkan putrimu ya, Mamak Melalak jangan kutuk jadi tambah cakep. ☺

2. Menggunakan Top Level Domain Untuk Sebuah Profesi yang Profesional





“Pekerjaan kamu sekarang apa?” tanya seorang teman penasaran.
“Blogger” jawab dengan senyuman semanis gulali.
“kerjanya dimana?”
“ernawatililys.com.” jawab dengan bangga dan berbunga-bunga. 
“oh, virtual office ya, kirain kerja di kantor.” Muka datar.

Nah pernah nggak mengalami percakapan diatas? ☝Tunjuk tangan deh kalau senasib seperjuangan. Dimana ketemu dengan teman atau kolega yang berpikiran seperti zaman feodal, kerja tuh harus ke kantor atau keliatan keluar rumah setiap hari, pakai baju rapi, dan berangkat pagi pulang di senja hari.

Padahal di zaman melek internet ini banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan online dan dilakukan di rumah. Kenapa sih saya bilang ngeblog ini bisa dijadikan profesi? Tentu saya punya alasan tersendiri, karena berdasarkan pengalaman saya, sejak ngeblog menggunakan top level domain dot com saya mendapatkan penghasilan sendiri di blog yang saya kelola.



Bahkan teman-teman saya sudah beranak pinak ngeblognya alias ternak blog. Tak tanggung-tanggung blog yang diternaknya semua menggunakan top level domain .com dan .net. Teman-teman blogger saya yang telah dahulu maju demi sebuah profesi yang ditekuninya saat ini. Mereka sudah membuktikan penghasilannya lebih-lebih dari kerja kantoran. Mereka juga mengemukakan alasannya kenapa memilih profesi sebagai blogger dengan beternak blog yang menggunakan top level domain .net/.com, karena :
  • Mudah diingat dalam penyebutan seperti : akucantik.com , anakpintar.net
  • Ada nilai dari blog yang telah menggunakan level domain .net/.com, semakin DA tinggi nilainya juga oke. 
  • Bangga dan lebih percaya diri. Bagi seorang blogger kemudian menuliskan alamat blognya yang telah menggunakan top level domain .net/.com menjadi sebuah rasa bangga, percaya diri dan menunjukkan keseriusannya dalam ngeblog sehingga blog dikelolanya pun terlihat secara professional. 


Seperti layaknya sebuah pekerjaan, merawat blog dengan level domain .com dan .net sekalipun sudah berbayar perlu dilakukan, bagaimana blog tersebut juga akan bercitra baik ketika dikelola dengan baik. Dirawat kontennya dengan penuh gizi, diet alexanya jangan sampai gendut tak terurus, menaikkan nilai domain authority blognya, dll. Ya, namanya juga pekerjaan pasti ada saja yang dikerjakan. Jadi jangan bilang kalau jadi blogger itu cuma kerjaannya nulis saja, please deh blog itu perlu perawatan. Maka pilihlah pasangan blogger, blog aja dirawat apalagi kamu #eh.☺

Dari citra blog yang dibangun positif ini akan berdatangan email ajakan kerja sama dari pihak advertiser. Bahkan ada undangan acara untuk para blogger yang dipercayai meliput kegiatan sebuah Brand atau acara pemerintahan dan dituliskan di blognya. 

“Di undang gitu dibayar ya?”
"Pastinyalah friends, ada fee berupa uang transport, goodiebag, serta fasilitas lain yang didapatkan." 
“Wah asyik ya, bisa meliput acara keren. Jadi kayak wartawan juga yang tugasnya meliput.” 
“Yes, Sis.” Benerin kacamata.

Nah, kalau masih ada yang bilang pengangguran karena belum ada panggilan kerja, sudah habisin duit buat fotocopy ijasah, beli kertas polio dan print foto diri serta beli amplop coklat beratus-ratus, belum ada satupun telepon atau surat panggilan wawancara kerja.

Pilih cara hemat, dengan memulai diri ngeblog dan beli top level domain .net/.com. Mulailah jadi blogger yang berpenghasilan. Modalnya cuma Rp. 100.000 rupiah sudah punya blog keren. Nanti saya bisikin dimana bisa beli domain dengan harga hemat bersabahat dan bikin kamu lepas dari label pengganguran dan jadi blogger bermatabat.


3. Menggunakan Top Level Domain Untuk Membangun Kolam Ikan Atau Meraup Penghasilan dari Ngeblog




Pembaca sudah sering mampir ke blog level domain yang kamu punya kan, mereka percaya semua info yang kamu tulis itu bermanfaat dan tidak asal-asalan dikelola. Apalagi pakai copas sana sini agar isi blog terupdate setiap harinya. 

Ketika saya yang berprofesi sebagai penulis, menuliskan beberapa artikel teknik menulis seperti cara berdamai dengan editor, cara mengirimkan naskah ke penerbit, membuat form pengiriman naskah ke penerbit, hingga materi kepenulisan online yang saya mentori saya tulis di blog. Sehingga ketika saya memberikan materi di kelas offline maupun online saya bisa mendirect peserta untuk mampir ke blog saya dan membaca semua artikel kepenulisan yang telah saya publish. Artinya saya telah membangun kolam ikan, jadi ketika saya launching buku terbaru saya, maka saya pun akan menuliskan pertama kalinya di blog saya dan dari sana para pembaca akhirnya tahu buku-buku terbaru karya saya yang terbit. Tak hanya sebagai alat promo karya sendiri, terkadang saya pun membantu promo buku teman saya sesama penulis. 

Kelebihan menggunakan top levet domain .net/.com selanjutnya bukan hanya sebagai alat promo untuk produk/karya sendiri atau teman-teman seprofesi. Ternyata dilirik juga oleh para agen pengiklan, UKM yang sedang launching producknya, sebuah brand yang ingin di review producknya, dll. 

Bahkan menurut Agus Hery Prasetyo dalam bukunya yang berjudul “Meraup Dollar lewat blog”. Di buku tersebut dikupas tuntas bagaimana menghasilkan pundi-pundi dollar dari blog, yuhuu senang banget kan. Rupiah masuk ke rekening aja sudah berkah, apalagi dollar yang menyusup pastinya bikin senyum lebar.



Gimana sudah ngiler belum? Buruan deh ganti blog gratisanmu menjadi top level domain dot net/dot com, kamu sudah dapat tiga keuntungan sekaligus yang saya sebutkan diatas seperti membangun personal branding, memiliki profesi baru, dan juga dapat penghasilan. Saya sendiri sudah membuktikannya, bukan hanya penghasilan saja, ada hadiah, aneka goodiebag, voucher, bahkan yang tak kalah penting dan sangat bernilai adalah memiliki sahabat sesama blogger. Menjadi bagian komunitas-komunitas blogger ternama.

Berikut keunggulan menggunakan top level domain versi saya ya, ketiga keunggulan yang saya sebutkan diatas berdasarkan pengalaman sendiri, dan merasakan perpindahan profesi dari pekerja kantoran, jadi emak-emak dasteran yang nunggu transferan dari hasil ngeblog. Awalnya pakai blog gratisan ganti level berdomain untuk branding diri dan profesi yang saya jalani yaitu penulis buku dan blogger. Inilah 3 keunggulan menggunakan top level domain .net/.com :


Saya juga memberi tagline di blog ini yaitu menulis untuk berbagi kebaikan. Jadi saya niatkan juga memberikan konten terbaik sekalipun berdasarkan pengalaman saya sendiri dan ilmu yang saya pelajari. InsyaAllah rezeki pun mengikuti. Mau jadi blogger berpenghasilan juga?

"Mau, mau, mau, gimana caranya dan dimana beli domainnya?"

DOTCOMFORME solusi pilihan bijak harga bersahabat




Sudah tahu DotComForMe? Dot Com For Me merupakan jasa penyedia domain yang ikut mengkapanyekan domain .com yang dikelola oleh TRAM Digital Works (PT. Talenta Raya Mediatama) sejak tahun 2015. Memberikan kemudahan untuk para netizen yang ingin menggunakan top level domain baik untuk personal maupun bisnis online. Selain fasilitas yang oke berupa layanan domain plus hosting dengan harga super bersahabat dan unlimited akun email profesional. Pembayarannya pun cukup mudah hanya dengan metode transfer antar bank, bye bye kartu kredit dan paypall. mau beli domain nggak pake ribet sekarang.

Satu lagi nih kenapa harus mantap pilih Dot Com For Me, karena kredibilitasnya yang membuat semua pelanggannya percaya akan layanan di Dot Com For Me yang profesional, bekerja sama antara TRAM Digital Work dengan IDWebhost dan JogjaCamp. 

Produk Dot Com For Me sendiri sangat variatif yaitu : 
  1. Startup/UKM
  2. E-Commerce
  3. Blogging
Dimana Dot Com For Me memberikan pilihan kepada pelanggannya untuk keperluan yang dibutuhkan. Hasilnya luarbiasa sekali, 1400+ clients, 1400+ happy clients, 500+ local business yang menjadi pelanggan setia dan merasa terpuaskan dengan pelayanan Dot Com For Me. 

Yuk dipilih mau jadi pebisnis atau menjadi blogger, dua-duanya profesi yang dapat menghasilkan. Jadi tunggu apa lagi, berikut keunggulan layanan dari Dot Com For Me : 

Apa saja kelebihan paket Business Beginner?

Penawaran produk terbaik untuk membawa bisnis kamu ke level yang lebih tinggi, Dot Com For Me memberikan harga yang sangat terjangkau. Saya sendiri bisa berkata seperti ini karena memang hemat banget di Dot Com For Me, jangan sampai salah pilih deh kayak saya yang untuk memulai usaha mengeluarkan kocek berkali lipat dari harga di Dot Com For Me. Siap-siap migrasi juga nih buat bisnis online shop saya ke Dot Com For Me. Untuk toko online saya pun tak tanggung-tanggung membeli domain dan hosting sendiri dengan harga yang cukup merogoh kas buat modal. Tetapi di Dot COm For Me untuk paket Business Beginner hanya Rp. 200.000 Per Tahun, hemat banget lho kawan. Fasilitas yang didapat juga banyak sekali, diantaranya :

  • Domain .com
  • Hosting 1 GB dengan unlimited akun email profesional .com & SQL
  • Bandwith 25 GB
  • cPANEL & Softaculuous Auto Installer
  • Gratis akses penuh ke domain control manager
  • Gratis homepage template untuk berbagai social media bisnis.
"Nah, kalau untuk blogger apa saja sih? super hemat juga nggak sih?

Apa saja kelebihan paket untuk Blogger?

Dot Com For Me menawarkan pengalaman blogging yang lebih profesional dan menyenangkan, dengan harga yang hemat, semua orang bisa mulai nge-blog dengan senang. Untuk Paket Blogging, harga super hemat dan bersahabat Rp. 150.000 Per Tahun. Adapun fasilitas yang didapat diantaranya :

  • Domain .com
  • Wordpress installment
  • Hosting 500 MB
  • Unlimited akun email profesional .com

Dotcomforme memberikan pelayanan yang terbaik, dengan menawarkan semua produkDot Com For Me dengan teknologi terbaru dan handal. Cpanel, semua paket business beginner dilengkapi dengan web hosting dengan teknologi cPanel sehingga kamu mempunyai panel khusus di mana semua dalam genggaman. Serta dapat membuat unlimited email profesional. Softaculous Auto Installer, kamu dapat menginstall semua macam CMS & Aplikasi yang kamu inginkan hanya dalam satu klik saja! Semuanya begitu mudah dan cepat.


Wih lengkapnya ya, mudah dan harga bersahabat. Eits ada lagi nih, tunggu dulu jangan pergi buru-buru, ada promo lagi dari Dot Com For Me.

Jika tidak memiliki domain, kamu beli aja di Dot COm For Me dan berhak mendapatkan potongan harga sebesar Rp. 50.000,- dengan cara memasukan kode voucher “blog100”. Ini yang tadi diatas saya mau bisikin ke kamu, harga top level domain cuma Rp.100.000,- hemat banget lho. Promo berlangsung hingga 22 Desember 2016. Wow sekali kan, buruan beli sekarang ada kompetisi blognya juga yang hadiahnya cetar membahana. Sekali dayung, punya blog berdomain plus dapatin hadiahnya yang keren-keren. #DotComForBlogging


85 comments

Emang, pakai domain itu lbh byk untungnya termasuk cring2

Reply

Kalau soal TLD kenapa aku pakai TLD karena aku gamau ada orang lain yang pake putrikpmdotcom :(

Reply

Emang lebih keliatan keren dan profesional sbg blogger kalau pakai TLD :D

Reply

Gambarnya lucu-lucu mbaaa...
Gemeessh.

Wajib TLD.
Kalo ga gitu, bakal ketinggalan jaman.
Heehe....*alasan absurd

Reply

dot com dan net lebih populer, itu salah satu alasannya ya, Mbak.
Yeaay keren ihhh ilustrasinya :*

Reply

Setuju sekali :)

Reply

Tepat sekali Mba, jangan sampai branding nya keburu diambil orang, dan harus bayar dengan harga yg berkali lipat.

Reply

satu suara, saya suka, saya suka. Yess bangt ya mba pakai TDL itu, jadi sesuatu :)

Reply

Iya mba, jadi blogger kekinian dengan rekening yang penuh juga :)

Reply

Peluk alma, go go ternak blog nya, ditunggu juga artikel kecenya ya. Makasih sudah mampir :)

Reply

Setelah menggunakkan TLD jadi lebih percaya diri ya mba...

Reply

bisa jadi alternatif nih. nice share

Reply

Lengkap Ulasannya nih, mantap

Reply

Iya lebih rajin untuk selalu update dan belajar terus pastinya :)

Reply

Terima kasih telah berkunjung :)

Reply

Semoga bermanfaat ya mas Jumanto artikel saya ini, senang sekali sudah berkunjung ke blog saya :)

Reply

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikelnya :)

Reply

Lengkap sekali mba, termasuk gambarnya, lucu.

Reply

Artikel yang sangat menarik

Reply

Terima kasih Rohma, :)

Reply

Wow terima kasih master Cikgu sudah mampir :)

Reply

Ketawa baca dialog kantor virtualnya :D,
Kemaren saya pakai dotcomforme buat blog saya mbak, karena harganya pas juga di kantong en tampilan webnya bikin percaya. Cuma saya nggak kepikiran pake nama sendiri sepertin mbaknya. Apa perlu beli lagi ya domain

Reply

Waktu mau ganti domain jadi dot com saya maju mundur cantik. Galaunya lama. Hehehe... Tapi waktu sudah satu tahun berjalan, dan sudah saatnya memperpanjang, ga pakai mikir lagi. Langsung perpanjang :-)

Reply

Saya pake TLD sejak 2008, 8 tahun yang lalu. Hehehe

Reply

hihihi iya mba, boleh beli lagi mba sekalian ternak blog, :)

Reply

pertama pasti mikir mana bisa buat bayar kontrakan berikutnya dari hasil ngeblog, pas sudah dapat kucuran dana di rekening gara2 ngeblog bikin nagih ya mba, hihihi :)

Reply

Wow keren, saya masih mental gratisan dan coba sana sini, baru mikir berbayarnya setelah jadi penulis dan mau branding diri jadi penulis eh dapat penulis blogger juga, berkahnya ngeblog :)

Reply

Lengkaap banget ulasannya mbak 😁 sayaa pengen banget pindah ke TLD tp masih bingung nih mbak, khawatir kalau artikel domain lama ndak bisa diakses setelah ganti pake domain sendiri, iya kah mbak? Mohon pencerahannya. . Hehehe biar segera bisa pake TLD 😁 btw tfs mbaak, salam kenaal

Reply

Pengalaman saya pribadi masih bisa diakses mba, artikel lama nya. Di popular post blog saya ini yg paling tinggi adalah doa melahirkan hampir 60ribu pengunjung, ditulis sebelum pakai domain pribadi, dan masih selalu naik viewnya. Berarti bisa diakses. Yuk Mba ganti jadi TLD mumpung ada promo dan ada lombanya juga, plus biar bisa branding jadi blogger :), Terima kasih jika ulasan saya bisa bermanfaat. salam kenal kembali mba.

Reply

Begituu ya mbaak. . Baaikk mbaak saya sudah pesan td tinggal bayar. Hehehe terima kasih banyak mbaak informasinya 😁

Reply

Sama-sama Mba :)

Reply

kak Erna, smoga sukses ya.. salam kenal saya dari Sitampan dot com. tulisannya sangat bermanfaat.. ^_^

Reply

Terima kasih kakak tampan yang baik hatinya, sudah bersedia mampir dan baca artikelnya. sukses jg buat kaka tampan

Reply

Ngeblog menggunakan dot com memang terasa bedanya. setelah beralih, rasanya ngeblog jadi tambah seru. wah.. salam kenal mbak... rasa-rasanya bakalan sering mampir di blog ini, soalnya banyak informasi yang seru..

Reply

Setuju, mbak.
Dengan TLD ngeblog semakin pede. Job review perlahan mendekati, undangan peluncuran produk dan seminar ditekuni dan jaringan perlahan membelah diri.

Reply

yup tambah seru. Salam kenal kembali, terima kasih jika berkenan dengan artikel-artikel di blog ini.

Reply

huum mba, menjadi sebuah profesi tersediri ya, jadi blogger. terima kasih telah berkunjung.

Reply

Yeaaay, akhirnya aku juga punya Dotcom, Mbak :*

Reply

Makin semangat juga ngeblognya berkat dotcom :)

Reply

horeeee, ikut bahagiaaa... mari rayakan bersama :)

Reply

Yup mba, semangat gak leha2 lagi, tinggal cari berkah ngeblognya ya

Reply

harus pindah ke domain nih kira2nya

Reply

boleh, sebuah pilihan bijak :)

Reply

Waaaahhh, blogger senior banget dari 2006. Salam kenal ya mb :)

Reply

Salam kenal juga mas Akut, gak senior bgt sih. 2006 kan masih remaja yg suka ngeblog :)

Reply

Udah lama banget dari 2006, belum ada dana buat beli domain.

Reply

Numpang tanya, blog saya yg sekarang kan masih bawaan blogspot domainnya, umpama saya ganti domain tld, berpengaruh gk sih sama visitor? Masih tetap sama apa malah turun? :)

Reply

nice info mbak. tapi belum ada duit buat beli domain sendiri. hehe

Reply

Saya udah dua bulanan pake TLD. Dan secara gak langsung emang terasa banget manfaatnya. sejak pake TLD pengunjung blog makin banyak, mungkin karena domain lebih gampang dibaca kal yah. :D
Selain itu semangat bloging juga semakin membara saja.

Reply

pake TLD sekarang sudah murah banget, ya itung-itung jajan awet setahun haha,..artikelnya mantap

Reply

Wah jadi pindah dari kantoran ke dasteran yg dpt transferan yaa mba hihii ^^ good luck mba

Reply

Asyiik .. Aku juga pakai TLD banyak keunggulan mba :)

Reply

semoga bisa dapat dana ya, yang penting semangat terus ngeblognya :)

Reply

Awalnya sih pasti dari nol lagi, kalo namanya yg dibuat agak berbeda, tapi klo rajin ngeblognya nanti malah naik berkali lipat :)

Reply

Nunggu lagi suka ada promo gratis domain or diskon buat domain, moga aja beruntung ya

Reply

Memakai TLD itu ngga kerasa kalau di awal awal.. tapi kalau sudah berjalan setahun, dua tahun.. maka.. lebih kerasa PV nya nambah, karena lebih cepat terindeks di google.
Kayaknya gitu sih :D

Selain itu.. prestige juga wkwkw. Biar gaul.
Terus untuk bisnis oke ..
setuju sama tulisan ini ^^

Reply

It works, mba..begitu blogku pake TLD dotcom, tawaran job langsung berdatangan :)

Reply

Senang sekali dengarnya, sukses terus ya buat ngeblognya :)

Reply

hihihi iya jajan setahun tapi balik modal lagi kok, makasi ya sudah baca artikelnya dan mampir ke sini

Reply

yess, samaan kita toss ah :)

Reply

Asyik, yess Mba Laily thank You a lot ya :)

Reply

berkah ya mba Juliastri :)

Reply

Betul Mbak, harus lebih semangat ngeblog, karena yg sudah TLD itu, harus bayar kontrakan hehehe..

Reply

Iya mba inget kontrakan jadi semangat Ngeblognya :)

Reply

Weh, teh erna rupanya blogpreneur nih. Saya juga seneng ngeblog sebenernya, namun sayangnya belum bisa dipusatkan kemampuannya. Salut dengan mantapnya pilihan sbg blogger, jadi pengen balik ngeblog nih,...

Reply

wihii, kantornya di mana mba.. hihi.. pertanyaan yg menggelikan ya.

dan di antara semua domain dotcom memang kingnya ya mba erna. sukses selalu ya mba..

Reply

dotcom masih merajai ekstensi domain ya mb.

Reply

banyak keuntungan yg didapat dgn menggunakan TLD ini ya mbak, salah satu blog kita akan terlihat lebih professional.....

Reply

Ah pokonya semenjak menggunakan TLD dah 6 tahun ini, rasanya lebih percaya diri. Menulis jadi banyak bonusnya

Reply

Berapa pun harga domain, klo kita fokuscngeblog.Insaallah kembali berlipat-lipat ya mb

Reply

Hahah...yang ada blogger sibuk merawat blognya sambil mikirin DA, PA, Alexa sampe lupa merawat pasangan :p

Reply

ayoo terus semangat nulis bukunya dan ngeblognya juga ya :)

Reply

Terima kasih ya Mba Ira, doa yang sama juga untuk mba ira :)



Reply

huum mba Helni, king domain. :)

Reply

iya mas Ahmad. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga sukses buat usaha karikaturnya

Reply

Wah aya si Teteh mampir kesini, horeee bahagia, hatur nuhun teh kunjungnnya, sungkem atuh TLD nya sdh 6 tahun mah keren bingit :)

Reply

Iya mba Eni, amiin dapat berkah ngeblog berasa sekali :)

Reply

xixixixi aduh mba Nurul, jangan sampai ada blogger banyak yg seperti itu, lebih baik rawat keduanya. :)

Reply

huwow pake tld mmg terasa bedanya :D
moga ngeblognya makin sukses buat erna sayang
gut lak buat lombanya

Reply

Makakasi kakak kembar doa dan suppornya, terharu. Peluk jauh :). doa yang sama juga untuk kakak selalu sukses yaaa

Reply

Banyak yang saya dapatkan ketika migrasa ke domain DotCom ..

Nice Artikel :)

Reply

Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

Nice Artikel :)

Reply

Terima kasih maas Radit

Reply

Terima kasih kunjungannya mas radit Mananta.

Reply