Menu
/


Tahun 2016 sebentar lagi berakhir, tinggal menghitung mundur setiap bulannya. Tak terasa memang setahun akan segera berlalu. Biasanya banyak moment akhir tahun yang sayang sekali dilewatkan bersama keluarga. Jika tahun ini terlalu sibuk mengejar target hingga banyak momen berharga yang terlewat, maka pergantian tahun bisa dijadwalkan menjadi family time yang terbaik dan sulit dilupakan bersama keluarga tercinta.


Pemandangan depan Istana Bogor


Salah satunya membuat jadwal liburan bersama keluarga, tentu tujuannya adalah untuk membuat buah hati kesayangan bahagia dan membuat anak-anak memiliki waktu berkualitas bersama orangtuanya. Dengan mengajaknya liburan yang berkesan akan membuatnya selalu mengingat setiap moment indah yang dilewati bersama. 

Mengajak liburan ke Museum Peta Bogor


Ini ada tips dari saya untuk menyambut liburan bersama anak yaitu 5 perlengkapan yang wajib dipersiapkan saat liburan bersama anak :

1. Bekal


Bekal ini dibuat disesuaikan dengan jarak bepergian dan fasilitas kendaraan yang akan digunakan. Sebaiknya ada snack sehat sebagai camilan diperjalanan seperti buah dan kue-kue, jika menggunakan kendaraan pribadi masih terkendali. Namun, jika naik bus atau angkutan umum misalnya dimana aneka jajanan jalanan menggoda anak-anak ingin mencicipinya. Untuk menjaga daya tahan tubuhnya sebaiknya berikan snack sehat homemade. Selain snack tentunya anak juga perlu makan sesuai jadwalnya, jika jam makan siang sudah tiba, berikan bekal makan siangnya. Telat makan membuat anak nantinya menjadi terbiasa tidak makan sesuai jadwalnya kembali. Maka dari itu persiapkan bekal sebelum berangkat. Jangan lupa bawa minuman air putih dan susu juga ya, biasanya anak-anak suka rewel kalau kehausan di perjalanan. 



2. Baju ganti



Sudah tahukan, anak-anak pastinya aktif sekali. Di rumah saja tak bisa diam, apalagi di tempat wisata. Biasanya anak-anak selalu ingin tahu apa saja yang ditemuinya. Pernah dengar berapa kata "jangan" yang diucapkan seorang ibu ketika anaknya mengunjungi tempat wisata, seperti jangan main pasir nanti bajumu kotor, jangan main air nanti bajunya basah, dan ratusan kata jangan lainnya yang intinya sang ibu tak siap pada kondisi liburan salah satunya tidak mempersiapkan baju ganti. Sehingga anak merasa liburannya tak menyenangkan, sama seperti di rumah yang banyak aturan tidak boleh pegang ini dan itu. 

Maka persiapkan dua-tiga baju ganti sesuai berapa banyak tempat wisata yang dikunjungi dan berapa lama menghabiskan waktu liburan keluarga di tempat wisata. 

3. P3K


Obat-obatan penting sekali dibawa, apalagi jika anak mengidap penyakit khusus yang perlu segera minum obat. Anak-anak yang aktif pun terkadang ada saja bagian tubuhnya yang terluka, siapkan obat merah dan perban untuk mengantisipasinya. 

4. Mainan anak



Walaupun tempat wisata itu menjadi sebuah hal yang baru bagi anak-anak, dan sangat mengasyikkan tetapi terkadang anak juga mudah lelah dan mudah bosan. Untuk mengalihkannya agar semangat lagi dan melanjutkan aktivitas perjalanan baik menuju tempat wisata lainnya atau menuju jalan pulang maka memberikan mainan kesayangannya akan mengurangi tantrum atau tingkat kejenuhannya. Pilih mainan yang disukai anak-anak, dan cari yang membuatnya bisa bermain sambil relax tanpa perlu banyak bergerak. 


5. Kamera



Liburan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Banyak hal yang akan terekam dalam memory anak-anak. Namun, sangat disayangkan jika liburan yang menyenangkan itu akan berlalu begitu saja. Jika liburan tersebut dapat diabadikan dalam bingkai potret dalam bidikan kamera, juga keseruan liburan direkam dalam video yang nantinya dapat diputar kembali ketika waktu luang. Jenis kamera pun begitu banyak macamnya, salah satu yang mudah digunakan karena ukurannya yang mini dan tahan terkena air yaitu kamera Go Pro. Selain itu kamera jenis ini memang memiliki keunggulan dalam merekam video dan hasilnya sangat menakjubkan. 




Yuk buat jadwal liburan bersama anak dari sekarang, memberikan moment kebahagiaan bersama keluarga tercinta. Jangan lupa lima perlengkapan yang wajib dipersiapkan saat liburan bersama anak, semoga bermanfaat. 

Salam Holiday



6 comments

Meskipun repot, tapi liburan sama anak pasti seru ya mba.

Reply

anak-anak suka jalan-jalan pastinya.

Reply

iya menjadi momen tak terlupakan bersama anak2 :)

Reply

salah satu bahagianya menjadi anak-anak :)

Reply

Iya betul banget tipsnya seru deh bawa anak-anak, walau repot bahagia deeeh

Reply

Pas bangeeet! Semuanya perlu jangan sampe ketinggalan ya mbaaak.

Salam,
Shera.

Reply