Menu
/

Sekarang ini penggunaan online travel agent semakin marak dan sebanding pula dengan menjamurnya online travel yang ada. Kalau ditanya, lebih baik mana booking online atau booking langsung? Semua sih tergantung pendapat pribadi masing – masing. Ada yang lebih suka booking hotel secara online, ada juga yang lebih suka pesan langsung ke hotelnya.


Tapi kalau saya pribadi sih lebih lebih menyukai booking online. Kenapa? Karena booking hotel secara online memang lebih memiliki benyak keuntungan dibanding booking langsung. Apa aja sih memang keuntungannya, yuk mari kita lihat :

Keuntungan booking hotel secara online :


1. Dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun

Namanya juga booking online ya, so pasti kamu dapat melakukannya baik dengan menggunakan laptop / komputer yang terhubung dengan internet, maupun mennggunnakan smartphone yang kamu miliki. Karena aplikasi online travel agent (OTA) kini dapat di akses dengan mudah melalui smatphone kamu.

Hal ini tentu sangat membantu untuk kamu yang super sibuk dan gak punya waktu banyak. Kamu juga dapat mem-booking hotel baik di hari H, maupun untuk jauh – jauh hari sebelumnya. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan sangat mudah, dan tidak perlu mencetak voucher, langsung saja tunjukan e-vouchernya. Wah, menarik banget kan?



2. Hemat Waktu dan Biaya

Dunia maya ini memang sengaja dihadirkan untuk mempermudah hidup kita ya, tak terkecuali untuk online travel agent (OTA). Adanya OTA bisa membuat kita lebih hemat waktu dan hemat biaya, kenapa bisa?? karena kamu gak perlu langsung ke hotel tersebut hanya untuk reservasi, apalagi jika hotel tersebut berada di kawasan yang cenderung macet ketika hari – hari kerja atau berada jauh dari lokasi kamu.



Belum sampe hotel aja udah menghabiskan banyak waktu ya, so menggunakan OTA tentu akan sangat menghemat banyak waktu kamu. Kemudian, mengapa dikatakan hemat biaya, hal ini juga dikarenakan kamu gak perlu lagi mengeluarkan pulsa lebih hanya untuk menelpon langsung ke hotel dan melakukan reservasi. Dan gak perlu lagi pastinya mengeluarkan biaya transportasi untuk menuju hotel tersebut.

Efektif dan efisien banget kan!


3. Tidak Takut Kehabisan Kamar

Ya kan, walk-in langsung ke hotel memang tidaklah  mengapa, tapi besar juga kemungkinan untuk kehabisan kamar terutama ketika high season. Jika menggunakan booking online, kamu hanya akan ditampilkan mengenai kamar – kamar kosong pada tanggal yang kamu inginkan. Jika sudah penuh, maka OTA tersebut akan memberitahu bahwa tanggal tersebut kamar tidak tersedia.

So, gak ada lagi tuh, ada cerita pulang kecewa karena kehabisan kamar.

4. Bisa Me-review Sebelumnya

Sebelum kamu memilih sebuah kamar, pastinya kamu ingin melihat dulu lah penampakan kamar yang akan kamu jadikan tempat menginap. Nah, jika kamu ingin melihatnya, kamu dapat melihat langsung di website hotel tersebut atau melihatnya di OTA, dan disini OTA pun menyediakan informasi mengenai fasilitas kamar dan fasilitas hotel yang dapat kamu nikmati ketika menginap disana.

Nah yang lebih penting lagi, biasanya di kolom paling bawah OTA terdapat testimoni dari para pelanggan yang sudah pernah kesana. Jadi kita bisa tau lah ya pelayanan hotel tersebut seperti apa.




5. Dapat mencari harga yang paling murah

Ingin travelling dengan harga yang semurah mungkin, siapa yang gak mau sih. Sekarang ini menjamurnya OTA seperti traveloka, nusatrip, trivago, agoda dan masih banyak lagi, nyatanya juga mempermudah konsumen untuk mencari harga yang paling murah. 

Kamu hanya perlu membandingkan OTA yang satu dengan OTA lainnya, mencari harga yang paling murah terlebih yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Tapi pastikan OTA yang kamu pilih adalah OTA yang dipercaya ya. Jangan mudah tergiur dengan potongan harga yang ditawarkan, cobalah cek terlebih dahulu website asli hotel tersebut.

6. Mendapatkan Promo

Menjamurnya OTA, membuat persaingan antar OTA kian ketat nih. Maka dari itu untuk menarik perhatian pelanggan, para OTA tidak ragu dalam menyediakan promo khusus di hari tertentu. Terutama ketika hari – hari besar, yang umumnya banyak orang ingin pergi berlibur. Asik banget kan.

Nah, gimana, booking online ternyata memang memiliki banyak keuntungankan? So, kenapa kamu gak beralih untuk booking online mulai dari sekarang?

Salam Happy Holiday 

11 comments

lebih praktis booking hotel melalui agen online ya... gak ribet

Reply

Booking tiket pesawat atau hotel makin mudah ya Mba.. Bisa pake online ya sekarang ini.. Gak repot lagi antre mendatangi biro travelling kayak dulu itu..

Reply

Bila zaman dulu sampe dulu ke kota yang dituju baru nyari hotel, sekarang jauh hari sebelum berangkat liburan pun sudah bisa booking hotel :)

Reply

iya Mba, datang langsung lep istirahat :)

Reply

Yang paling menyenangkan booking hotel untuk berlibur yaitu, hemat waktu, biaya dan bisa cari harga yang termurah... :D

Reply

Dunia online memudahkan aktivitas, termasuk booking hotel online ini mas. Jadi liburan gak pake khawatir karena gak dapat tempat penginapan :)

Reply

setuju semua mba :)

Reply

iya gak pake repot, mudah dan hemat waktu

Reply

saya blom pernah booking hotel via online...
nnt mo coba ah...
nice artikel mbak

Reply