Menu
/


Berbagai jenis karpet yang ditawarkan di toko jual karpet seringkali membuat kita tertarik untuk membelinya. Apalagi dengan banyaknya pilihan motif dan warna-warni karpet yang menarik. Tentunya, karpet tersebut akan membuat tampilan ruangan di rumah Anda semakin indah dan terlihat lebih menarik.


Namun, tak jarang ada rasa enggan ketika membayangkan harus membersihkan karpet setiap hari. Belum lagi jika Anda memiliki anak berusia balita yang suka mengotori karpet Anda. Rasanya membayangkan saat membersihkan karpet kotor atau basah saja sudah membuat Anda lelah. Padahal kenyataannya, membersihkan karpet tidak serumit yang Anda bayangkan. Membersihkan karpet sangat mudah dilakukan asal Anda tahu produk pembersih dan cara membersihkan yang tepat.



Teknik membersihkan karpet ditentukan oleh jenis noda yang menempel pada karpet tersebut. Entah itu noda dari crayon atau spidol, noda tumpahan minuman, noda tinta, noda debu, dan lain sebagainya. Pada intinya, setiap karpet membutuhkan penanganan dan perawatan khusus agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Jika Anda memilih untuk menggunakan bahan alami, Anda bisa menggunakan beberapa bahan di dapur yang mudah didapatkan seperti garam, soda kue, atau cuka. Berikut beberapa cara membersihkan karpet dengan berbagai produk pembersih sesuai jenis noda:


1. Menggunakan bubuk pembersih karpet

Membersihkan karpet dengan bubuk bisa menggunakan bubuk pembersih karpet khusus yang disediakan di toko yang menjual karpet. Jika tidak menemukan bubuk pembersih karpet tersebut, Anda dapat menggunakan bubuk soda kue.

Cara membersihkannya cukup mudah, taburkan bubuk di atas karpet yang bernoda dalam jumlah banyak. Setelah itu, biarkan selama semalaman agar noda yang membandel tersebut dapat lunak atau menyerap bau tak sedap. Keesokan harinya, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu-debu pada karpet tersebut.


2. Menggunakan shampo 

Shampo khusus untuk membersihkan karpet tersedia di toko jual karpet dengan beragam merek. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian pada saat menggunakannya. Buatlah larutan shampo sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Gunakan cairan shampo secukupnya pada area karpet yang terkena noda. Sebisa mungkin, hindari membuat karpet terlalu basah karena akan membutuhkan proses lama untuk mengeringkannya. Merendam karpet juga tidak disarankan karena bukan merupakan cara mencuci karpet yang baik dan benar

Jangan lupa, gunakan sikat berbulu keras seperti sikat khusus mencuci pakaian jika terdapat noda membandel pada karpet. Biarkan karpet mengering dengan sendirinya selama beberapa waktu. Sedot residu air yang masih menempel pada karpet.


3. Menggunakan air hangat dan cuka 

Jika noda baru saja menempel pada karpet Anda, sebaiknya segera dibersihkan sebelum mengering dan meresap ke dalam karpet. Bersihkan noda berbau tajam dengan menggunakan campuran air hangat dan cuka lalu oleskan menggunakan kain bersih pada noda tersebut. Hindari menggosok-gosok noda karena justru memperlebar area noda tersebut. 

Ternyata membersihkan karpet tak sesulit yang dibayangkan, bukan? Produk pembersihnya pun bisa didapatkan di toko jual karpet dengan mudah. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan dari dapur Anda. Semoga bermanfaat!

Salam Inspirasi

3 comments

Makasih tipsnya, Mba.
Pake soda kue biasanya emang topcer^^

Reply

Sama-sama mba Alma :)

Reply

Setuju Mba.. cara itu saudah efektif untuk perawatan agar karpet bisa awet, tanpa merubah kondisi aslinya.
Terimaksih artikelnya menjadi inspirasi wacana baru buat saya.

pembersih noda
pembersih noda tinta
bahan pembersih noda

Reply