Menu
/

Job review atau paid review merupakan sebuah pekerjaan atau kegiatan membuat review atau ulasan mengenai sebuah produk, jasa, website, aplikasi, profil, yang dilakukan oleh seorang blogger. Dari job review ini blogger akan mendapatkan produk, bayaran dari yang meminta jasa review blogger tersebut. 

Bagi brand atau advertiser (pengiklan) selain untuk mendapatkan backlink juga mendongkrak popularitas yang di review tersebut, dari review tersebut mendatangkan banyak pengunjung ke website, atau banyak pembeli online yang tercerahkan dengan ulasan dari blogger tersebut.


Untuk review ini pun ada beberapa cara, pertama blogger diundang langsung untuk meliput sebuah acara, atau blogger dikirimkan produk beserta brief untuk diulas di blognya tanpa perlu menghadiri event. 

Jadi, untuk mendapatkan job review ini semua blogger dapat kesempatan yang sama. Namun ada beberapa cara agar mendapatkan job review dari klien. Berikut 10 Cara Mendapatkan Job Review ala blogger rumahan seperti saya :

Sebelumnya, mungkin saya perlu menjelaskan bahwa kenapa saya harus membuat postingan ini, karena selain banyak dari permintaan teman, ada admin cantik yaitu Kak Zee yang mengontak saya untuk berbagi tips ini. 

Seperti diatas saya menyebut diri sebagai blogger rumahan, sebagai ibu dua balita (4 tahun dan 2 tahun) juga sedang mengandung anak ketiga, pergi ke event-event terasa berat bagi saya yang hidup merantau jauh dari saudara. Tetapi, dengan keyakinan bahwa di rumahpun seorang mom blogger bisa mendapatkan penghasilan dari blognya, mengapa tidak? 

Yang saya yakini yaitu setiap usaha jika ditekuni dan terus belajar sambil terus ikhtiar dan berdoa maka akan menghasilkan. Seperti hobi menulis yang saya tekuni sejak 2008 ini, jika berkarya lewat buku, media mungkin akan terlihat daftar karyanya, namun dalam dunia blogging hanya dia dan brand yang tahu berapa penghasilannya, *pemanasan.

1. Optimasi Blog


Saat ini blogger begitu banyak, maka agar dilirik brand bebenah tampilan blog sangat diperlukan. Selain itu yang banyak dilirik juga adalah yang telah menjadi Top Domain Level (TDL) alias domain sendiri, DA pun ada standarnya minimal 10. Semakin tinggi DA semakin banyak kesempatan mendapatkan job review. Alexa pun menjadi perhatian khusus, diet alexa dan bikin ramping.

Namun bagi yang masih gratisan jangan bersedih hati, tetap kok mendapatkan job review. Saya pun tahun 2013 blognya masih gratisan dan mendapatkan job review pertama. Asal brand cocok tidak masalah. Buat yang masih gratisan juga kerja keras selain mempercantik tampilan blog, rajin posting juga. 

2. Rajin Posting

Dengan rajin memposting tulisan di blog, otomatis ketika brand berkunjung dan melihat postingan dapat menyimpulkan bahwa blogger tersebut memang aktif. Maka selanjutnya akan memilih blogger aktif menulis ini. Jangan harap ada blog, lalu tanpa ada postingan bakal dilirik, jadi pompa dahulu semangat menulis nanti rezeki akan mengikuti. Istilahnya bagi-bagi artikel dahulu ke pembaca, dapat pahala, terus dilirik brand, amin.

3. Share Tulisan di Media sosial

Sebenarnya, saya juga dulu malu lihat tulisan saya sendiri, tapi kata teman saya yang blogger jangan malu itukan hasil pemikiran sendiri, wong yang plagiat aja banyak dan dipakein adsen lagi. Jadilah saya mengikuti saran teman blogger ini, oh iya jadi blogger memang harus banyak belajar, jangan sak kareup maning atau mau-mau sendiri, karena dunia blogging ini ilmunya luas, bisa kelelep kalau gak ikutin perkembangan.
  • Share di Twitter
Kalau di share di twitter pakai tagar misalnya #parenting #momblogger #travelblogger itu juga kata teman saya, agar ketika brand atau agen cari blogger di twitter dan search dengan salah satu keyword tersebut blog kita terdeteksi dan dikunjungi, selanjutnya pilihan tetap di brandnya. Saya pernah coba juga cara ini dan dilirik brand susu.
  • Share di FB
Nah, banyak juga lho blogger yang ternyata temenan dengan agen atau bahkan bagi-bagi job sesama blogger. Tadinya gak kenal karena sering lihat share di FB dan akhirnya tahu bahwa Anda adalah seorang blogger siap-siap di inbox deh. Saya juga ada langganan di FB yang sering inbox nawarin job review. Nah Asyikkan. Makanya statusnya juga jangan merana, galau terus ya, susah mah disembunyikan saja dalam bakul #eh. Pokoknya bikin branding blogger damai dah di sosmed mah, jangan baper, galau apalagi ngajakin ribut.


  • Share di Instagram
ini juga bisa jadi salah satu cara, pakai tagar juga agar jangkauannya juga dapat. Banyak online shop juga yang kadang mencari blogger untuk mereview dagangannya.


4. Rajin BW


Saya juga masih kata guru kata ngeblog saya waktu ikut pelatihan ngeblog, supaya blog gak sepi rajin blog walking ke blog teman-teman blogger selain jadi silaturahim saling kenal, juga alexa ramping (mohon maaf kalau salah). Nanti ada satu dua blogger yang berkunjung balik ke blog kita juga. 

5. Rajin ikut lomba

Kalau lihat portofolio saya dan lihat deretan perlombaan yang saya menangkan, itu tidak seberapa dengan jumlah perlombaan yang kalah. Bisa di klik lomba blog atau giveaway di label blog saya ini, xixixixix pasti buanyak sekali. Jadi, selain menguji nyali mengikuti lomba ini menjalin pertemanan dengan blogger lain, kalau menang pun brand atau penyelenggara lomba sudah menyimpan data blog kita. Jadi ketika kelak brand tersebut ada event, ada launching produck kemungkinan akan mengontak kita. Nah salah satu cara inilah terkadang yang mendatangkan job review juga. 

6. Rajin Koment

Duh, tadi kan sudah rajin BW, tapi kadang komen di blog sepi. Makanya dengan rajin komen di postingan blogger lain, maka blogger lain pun akan komen dipostingan kita. Jadi tulisan bagus, blog cantik tapi sepi komen kan sedih, apalagi komennya cuma tukang obat, oke gan, sist, bro *ealah.

Selain itu keuntungan yang pernah saya dapat adalah ketika saya koment di salah satu blogger yang review brand A, saya komen "Wah asyik banget pakai brand A, aku jadi pengen juga." 

Tiga hari berlalu, gak tahunya dapat lamaran, mereview juga. Duh rezeki bangetkan. Ternyata yang koment-koment juga dibacain sama si brand A. 


7. Menjalin Pertemanan Dengan Blogger 

Nah, salah satu caranya adalah ikutan arisan link, mengulas profil, tadinya kenal sekilas jadi pas nulis mengenal lebih dekat lagi. Jadi kalau ada event lomba, pengumuman lomba, agen cari blogger, link job review suka dibagi-bagi oleh sesama teman blogger. Semakin banyak punya teman semakin banyak rezeki. 

8. Gabung Komunitas

Bingung cari teman blogger gimana caranya, gabung komunitas. Posting artikel yang sudah di publish, sering berinteraksi dan juga sesekali ikut event jika bisa hadir, jika tidak ikut lomba atau apalah yang diadakan komunitas tersebut. Bagaimanapun yang aktif akan selalu diberi prioritas. Selagi ada waktu manfaatkan waktu tersebut belajar dari teman-teman di komunitas. Yakin kok, teman-teman di komunitas mah jarang ada yang pelit ilmunya. Malah sering bagi-bagi artikel dari info penting sampai curahan hati #eaaa.


9. Daftar di Situs Job review

Sekarang ini banyak situs yang menjadi media para blogger dan pihak advertiser. Seperti Blogmint, Sosiobuzz, Iblogmarket, sribulancerdotcom, procetdotcodotid, dll. 
Saya juga ikutan daftar dan pernah dapat job review dari iblogmarket. 


10. Menunggu lamaran atau Melamar

Ketika di lamar Brand 

Sekarang sih selain menunggu lamaran dari brand, tidak salahnya melamar juga. Mengajukan kerjasama, tentu dengan pembukaan bahasa yang sopan dan menjelaskan blognya apa, DA, PA. 



Demikianlah 10 Cara mendapatkan job review ala momblogger rumahan seperti saya ini. Oiya, setelah dapat job review dari brand, agen atau teman blogger jaga kepercayaan, jaga komunikasi. Biasanya jika pelayanan blogger nyaman dan oke selanjutnya akan dikontak lagi, saya pernah sekali di beri job review oleg agen, selanjutnya tiga sekaligusnya, dan pernah juga 9 sekaligus. Jadi menjaga jalinan komunikasi yang baik inilah yang blogger perlu pertahankan. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Salam Momblogger
21 comments

Aku nunggu dilamar orang....
Intinya mah rajin

Reply

Kalau melamar brand gimana Mba. .boleh contohnya? Manatau selama ini cara ku salahh😢

Reply

Senang sekali kalau ada job review untuk blog ya mba. nah, aku jarang share di twitter nih mba :( Makasih tipsnya ya mba :)

Reply

Amin Jiah, rajin doa minta jodoh kalau gitu :). Semoga Indah pada waktunya ya.

Reply

Subjek email tertulis Pengajuan Kerjasama,
Pada body email beri salam pembuka, lalu menjelaskan deskripsi blog, DA, PA, alexa, lalu tulis alasan ingin bekerja sama. Salam penutup.

Gitu aja Mba, yang penting jelas, nanti brand nya kan balik lihat lihat2 blog, jika tertarik langsung kasih rate biasanya mereka.

Reply

Iya mBa, saya juga banyak tanya ke teman2 blogger yang sudah berpengalaman. Kemudian mengikuti saran2 nya ternyata dari semua sosmed bisa juga mendatangkan jobreview. :)

Reply

Sepertinya menarik. Mesti kudu rajin-rajin aktif posting blog ya. Biar bisa review produk. Blog ku masih amatiran, masih gratisan pula. Ni www.writervactor.blogspot.co.id

Reply

Super gan, wkwkwk #dikeplak..

Iya mba ngeblog jg harus diseriusin ya, jadi emang butuh daya upaya *ngomong apa sih shine? 😅

Reply

Saya udah gak daftar2 lagi di website yang menawarkan job review, baper krn gak tembus-tembus. Huihihihi

Reply

semangat mas, saya juga berawal dari gratisan review2 nya :)

Reply

ngomong ae shine, ora bayar , wkwkwkwkw

Reply

Mungkin sdh saingan dengan banyak blogger juga mba yg antri, jd kudu semangat bikin proposal, atau masih banyak cara lain biar agen datang sendiri ke blog mba aja ya

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Saya masih perlu bayak belajar :)

Reply

Nice infoh ya Erna, trims banget

Reply

Wah oke nih ilmunya.Aku suka lupa kaalu mau share ke medsos, terus belum pernah melamar ke brand.
Makasih advisnya mba, suskes selalu ya

Reply

Hai aku mau rekomendasiin yg mungkin ingin cari suatu hal yg beda buat acara partynya atw acara apapun bsa bgt nih undang RIDHA NARA di acara klian..bisa cek di channel bawah ya.bagi yg blm tau siapa sih ridha nara,ridha nara itu yang prnah jd vokal di acara Trans Bukan4Mata dan Talent Mister Tukul Jalan2..contact person bisa langsung hubungi saya..☺😊😉cp : 0857.7552.5850

https://youtu.be/I2IZGH0cofU

Reply

Kereen infonya mb, salam kenal ya mampir ya ke blogku saniadaffa.blogspot.com

Reply

Kereen infonya mb, salam kenal ya mampir ya ke blogku saniadaffa.blogspot.com

Reply

Share bertagar....mesti diterapkan nih.Baru tau. :)

Reply