Menu
/


Pernah tahu Napster, yang pernah populer. Ya melalui jasa perusahaan Napster, para penggemar musik di seluruh dunia dapat berbagi file musik secara gratis dalam bentuk MP3. Namun, setiap karya music memiliki kandungan hak cipta, maka hal tersebut bisa dikatakan melanggar hukum.
Yang akhirnya membuat Napster harus berhenti beroperasi pada tahun 2001. Setelah itu tidak ada lagi penjualan musik lewat internet. Itulah kutipan dari sebuah buku yang saya baca berjudul 27 Siasat Jitu Menembus Pasar, sekaligus Meraih Posisi Pemimpin Pasar karya Ari Satrio Wibowo.

Melanjuti pembahasan diatas, ternyata ada angin segar dari seorang CEO Apple Computer, yaitu Steve Jobs. Angin segar yang dimaksud yaitu memperkenalkan iTunes Music Store dan versi pemutar MP3 Ipod yang lebih ramping. Hal ini menjadi pertama kali dalam bisnis dengan adanya gerai penjualan musik secara online, tidak hanya menjajakan musik bagi pengguna Macintosh, tetapi juga bagi pengguna PC Windows.

Pelopor bisnis online dalam menjual file musik secara online dengan menetapkan harga 99 sen dolar AS per lagu, termasuk hak penggunaan pribadi. Sehingga para pencinta musik dapat menikmati musik tanpa harus melanggar hukum.

Selain itu yang membuat bisnis online penjualan musik digandrungi walaupun berbayar adalah ciri khas Apple yang selalu mengutamakan pelayanan dan mudah digunakan. Sehingga para customer pecinta musik dapat memilih, membeli, mendownload lagu secara cepat dan mudah. Pilihan lengkap, sesuai pilihan pelanggan, mulai dari musik rock, rap, jazz, pop, blues, latin, new age, folk, inspirational, R&B, reggae, elektronik, dan musik klasik semua mudah dipilih.

Tak hanya sebagai pelopor bisnis dalam penjualan file musik online, ternyata lima perusahaan rekaman musik raksasa mendukung program ini, diantaranya BMG, EMI, Sony Music Entertainment, Universal, dan Warner Bros.

Baru peluncurannya saja pada tahun 2003, Apple berhasil menjual tak kurang dari 13 juta lagu. Luarbiasa antusiasnya, apalagi Apple membuat terobosan baru yang memudahkan para pecinta musik untuk bisa lebih mudah mengaksesnya.

Saatnya membangun Impianmu



Lalu, setelah membaca kehebatan Apple atau otak cerdasnya Steve Jobs apa yang kira-kira dipikiran? Mau menjadi pengguna yang membeli music secara online atau menjadi seorang pelopor yang menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan mewujudkannya dalam bentuk usaha yang akan dijalankan.

Pilihan setiap orang pastinya berbeda-beda. Namun, bagi saya ingin menjadi orang yang mempunyai mimpi dan berjuang untuk mewujudkannya. Ya, saya memilih yang kedua untuk mewujudkan impian saya membuka usaha digital yang edukatif. Semua impian harus diperjuangkan agar dapat terwujud, jika hanya dipendam apalagi takut akan bayang kegagalan sudah pasti akan tertinggal, atau  menjadi manusia yang menjalankan mimpi orang lain.

Memang butuh perjuangan, awal orang-orang suksespun dahulu hanya bermodal keyakinan tanpa tahu akan sukses di waktu kapan. Mereka hanya yakin untuk terus berusaha walau seribu kegagalan menghadang di depan mata. Penemu lampu harus berapa kali melihat hancurnya bohlam percobaannya beriringan dengan remuk harapannya. Tetapi yakin dan terus bangkit inilah yang menjadi ciri orang sukses. Tidak mudah menyerah, tidak gampang putus asa apalagi hidup penuh ketakutan akan kegagalan. Bagi orang sukses, kegagalan adalah pengalaman yang berharga untuk memperbaiki strategi. Kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda, untuk itu terus jemput agar sukses dapat diraih.

Memulai Dari Mana



Mulai dengan niat yang kuat, ikhtiar setiap hari artinya ada agenda yang dikerjakan. Agenda tersebut telah disusun secara rinci perstep agar ada target pencapaian.

Saya mulai dengan membuat produk DVD Edukatif yang siap dijual belikan secara online. Alasan saya ingin membuat produk DVD Edukatif yang dapat dibeli secara online agar menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Saat ini budaya baca di Indonesia masih kurang diminati masyarakat, maka saya pun mengambil peluang untuk membuat DVD Edukatif agar masyarakat Indonesia dapat menikmati sajian edukatif lewat DVD.

Produk Perdana, awal dari Branding


Setiap calon pelanggan sebelum memutuskan menjadi pelanggan, mereka akan menilai dahulu sebuah produk dari tampilan informasi yang diberikan. Setelah itu mereka menentukan pilihan, butuh produk tersebut atau tidak. Keputusan membeli artinya pelanggan telah mempercayai bahwa produknya akan memberikan apa yang manfaat padanya.

Untuk itu butuh teknik penjualan yang mampu membuat pembeli percaya bahwa produk yang dijual bukan untuk penipuan dalam berbelanja online.

Produk yang pertama ingin saya buat, yang berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari saya, yaitu menulis. Pengalaman mendalami duni tulis menulis sejak tahun 2008 dari belajar fiksi dan nonfiksi dapat dipecah dari berbagai DVD Edukatif.

DVD Edukatif untuk ilmu teknik kepenullisan bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian :

  • 7 Cara Mudah Membuat Cerpen 
  • Trik Jitu Membuat Cerita Anak Yang Menarik
  • Menulis Buku Non-Fiksi Dalam 30 Hari
  • Cara Bikin Novel Sampai Final
  • Menulis Artikel Semudah Berbicara
  • Jurus Kilat Menulis Resensi 
  • dll
Produk DVD yang saya buat tentu sudah perstep dan sudah terbukti dengan adanya karya-karya saya. Saat ini saya pun sebagai mentor kepenulisan online yang pesertanya hampir 1000 orang. Artinya minat belajar menulis dan keinginan menjadi penulis itu masih menjadi impian setiap orang. 

Blog saya pun, yang awalnya saya buat untuk menyimpan rekan jejak karya saya dan  menuliskan teknik-teknik kepenulisan secara umum, cara membuat form pengajuan naskah ke penerbit, dll banyak dibaca pengunjung. 

Belajar dari keberhasilan Steve Jobs yang telah menjadi pelopor dan juga menomorsatukan pelayanan. Maka saya pun demikian, bagi pembeli yang masih di Tanah Air bisa dengan mudah mendapatkan DVD Edukatif ini. Namun bagi yang berada di luar negeri tidak perlu bersedih, video tutorial bisa dikirimkan by email. Cara ini menurut saya efektif untuk penghematan ongkos kirim ke luar negeri. 

Mungkin jika hanya jual DVD kemudian lepas begitu saja, sama saja seperti penjual DVD lagu dan film dipinggir jalan. Yang membuat berbeda, saya akan memberikan trining atau bimbingan hingga pembeli edukatif paham dan dapat mempraktekkan ilmunya. Bersyukur sekali jika mereka produktif berkarya untuk kebaikan Bangsa dan Negara.


Menjual dan Di Kenal


Melempar produk kepasaran, artinya sudah siap bersaing dengan aneka produk lainnya. Walaupun DVD Edukatif teknik kepenulisan ini sudah ada saingannya, atau saingan lain yang berbeda warna seperti DVD hiburan musik dan perfilman. 

Namun, tak perlu bersedih dan merasa usaha tidak akan berjalan lancar. Satu lagi yang harus diingat bahwa ciri orang sukses adalah keyakinan dan tetap terus berusaha, serta selalu melakukan inovasi. 

Teknik penguatan produk bisa dilakukan dengan berbagai cara :
  1. Membuat website resmi seperti  DVDedukatif.com dan membuat akun-akun media sosial di Fanspage, twitter, Instagram, path.
  2. Mudah dijangkau dengan layanan chating whatsapp, BBM, Line, messenger, telegram dan aplikasi chating lainnya
  3. Membuat tim marketing yang kuat, open reseller dan get member free training. 
  4. Harga diskon, promo moment istimewa, dll.
  5. Bagi pelanggan yang sudah memiliki id akun, akan selalu dapat harga khusus 
  6. Sertifikat khusus untuk pelanggan yang telah berhasil menerbitkan karya dalam masa bimbingan, setelah bimbingan atau memberikan kabar setelah belajar dari DVD Edukatif.
Menjaring calon pembeli memang membutuhkan strategi, untuk itu ada beberapa langkah yang akan dilakukan, yaitu :
  • Roadshow bedah buku ke sekolah-sekolah dan kampus 
  • Mengadakan kursus offline dan online
  • Membuat event kepenulisan baik lomba menulis di blog, ataupun di akun sosmed
  • dll
Inilah produk perdana yang akan dilaunching. Semoga dengan produk perdana yang menargetkan usia dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki tempat dihati para pembelajar DVD edukatif. 

Harapan Jangka Panjang, Menjemput Masa Depan


Setelah keberhasilan produk perdana, agar tetap dihati para pecinta DVD edukatif, maka selaku owner dan sekaligus pelopor harus mampu menyiapkan hal baru dan penuh inovasi agar tidak ditinggalkan oleh para pelanggan setianya. 

Maka untuk jangka panjang DVDEdukatif menjadi sentral penjualan DVD edukatif untuk berbagai ilmu pengetahuan, seperti diantarnya :
  • DVD Edukatif untuk programmer
  • DVD Edukatif Menguasai Bahasa Asing secara Mudah
  • DVD Edukatif untuk Batita dan Balita
  • dll
Tentu contoh diatas hanya secara umum, nanti akan dibuat spesifikasinya lagi. Setidaknya DVD Edukatif telah mendapati tempat di hati para pembelajar yang menyukai pembelajaran lewat tutorial.



Agar bisnis digital DVD Edukatif ini dapat berjalan lancar dibutuhkan internet Ultra cepat , yang menunjang semua mobilitas DVD Edukatif. Internet dengan kecepatan upto 300 Mbps kini bisa digunakan di rumah melalui jaringan fiber optik MyRepublic. MyRepublic mengerti kebutuhan para pebisnis digital agar bisa maju dan menembus pasar yang lebih luas lagi melalui internet. Sehingga dengan pelayanan super cepat dari internet MyRepublic akan menjadikan DVD Edukatif semakin diminati oleh para penikmat pembelajaran model terbaru ini.

Sehingga bukan hanya dalam Negeri yang akan menyaksikan kemajuan belajar di era digital ini namun mampu menembus Channel NewsAsia


Harapan saya apabila memenangkan kompetisi ini, maka hadiah yang akan digunakan untuk mewujudkan impian saya tentang DVD Edukatif. Ada beberapa step yang akan saya lakukan :
  • Membuat kantor mini di rumah 
  • Membuat CV dan ijin usaha lainnya
  • Membuat website profesional dan akun sosial media 
  • Untuk biaya kegiatan promosi pengenalan DVD Edukatif
Semangat saya untuk memiliki impian bisnis edukatif berbasis digital agar dapat memeluk semua lapisan masyarakat dan ikut program mencerdaskan Bangsa. Membangun generasi intelektual dalam negeri untuk siap bersaing sehat dan menjadi generasi yang produktif dan kreatif.


Salam Edukatif
14 comments

Ikut mengamini, mbak....
Jd inget ada jg dvd musik terapi yg laris bgt

Reply

Sukses dengan lombanya, Mbak. Semoga bisa mewujudkan bisnis edukatifnya, sehingga bisa mencerdaskan generasi bangsa ini.

Reply

Amin, makasi ya jiah. Senang dengan supportnya

Reply

Amiin, terimakasih doa dan dukungannya mba Nurul.

Reply

Kalau aku, aku jualan layangan, soalnya aku kan anak alay (bukan lebay ya ?) alay itu anak layangan (tapi nggak suka nongkrong di pinggir jalan) pokonya alaayyyy banget...hehehehehe...

Reply

Komen diatas kaga danta banget Na,

btw, sukses buat usahanya ya, ikut ngedoain dr sini :)

Reply

terima kasih sudah berkunjung

Reply

makasi doanya ya nda, doa yang sama juga buat manda *suksesbersama :)

Reply

semoga menang kompetisinya ya mba. Sehingga bisa mewujudkan impiannya :)

Reply

Wah, saya minat beli nih Mbak. Berapa ya harganya? hihihi

Reply

terima kasih ya kakak doanya :)

Reply

harga terjangkau kaka, murah dan berkualitas :)

Reply

Jualan DVD kepenulisan, bagus juga. Saya sendiri juga suka banget nulis. Btw jika DVD sudah ada di tangan pembeli, kalau bisa harus di akalain supaya tidak di bajak. Kemaren saya juga beli DVD pembelajaran, dan isinya tidak bisa di copy karena memutar videonya harus dari DVD tersebut dan tida bisa di copy, penjualnya pinter, jadi karyanya tidak bisa di copas semabarangan

Reply

terima kasih masukannya, siap :)

Reply