Menu
/

Bulan ramadhan banyak kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam, hal utama adalah berlomba-lomba menjalankan ibadah pada bulan dimana pahala dilipat gandakan. Selain semarak menjalankan ibadah hal yang tak kalah menariknya yaitu kuliner ramadhan yang setiap sore hampir dijajakan sepanjang jalan dan dengan menu yang sangat menggoda selera. Selain itu ngabuburit juga menjadi pilihan seru bagi warga yang ingin berjalan santai di sore hari sambil menunggu bedug magrib.

Namun, ada satu hal yang banyak orang enggan melaksanakannya, karena masih terkantuk-kantuk. Bahkan jeritan alarm dan suara ibu kost yang teriak membangunkan pun sudah tak terdengar lagi. Kok jadi malas bangun sahur gitu sih? Nanti puasanya lemes lho.

Ada  banyak sebab yang diakibatkan seseorang jadi malas bangun sahur, diantaranya :

  • Tidur larut malam 

Hobi begadang di malam hari pada bulan bukan ramadhan akan membuat ritme tidurmu menjadi berantakan. Apalagi pada bulan ramadhan jangan perbanyak begadang demi kelancaran ibadah puasa Anda. 

  • Terlalu banyak makan, yang berakibat kekenyangan

Buka puasa dimanja dengan aneka menu buka puasa yang penuh cita rasa. Makan tak terkendali ketika siang melakukan pengendalian makan dan minum karena puasa tetapi setelah buka puasa malah sebaliknya semua disantap dengan porsi yang kalap.

  • Kelelahan fisik yang berlebihan

Melakukan ritme puasa dengan memperbanyak ibadah tentu membawa berkah, namun jika aktivitas berlebihan seperti kerja yang tidak mengenal waktu istirahat, kegiatan ramadhan seperti ngabuburit dan jalan subuh serta kegiatan yang tak tertulis lainnya. Jangan membuat Anda  sakit badan yang berakibat susah bangun sahur.

  • Kurang niat dan perjuangan, karena sahur itu juga bernilai ibadah maka perlu niat untuk menjalankannya

Kurang niat dan perjuangan, jika hati telah diniatkan insyaallah akan diberi kemudahan oleh Allah hingga bisa menikmati santap sahur. Dengan perjuangan memakai alarm, minta dibangunkan keluarga, dll, salah satu bentuk perjuangan yang Anda lakukan.

Setelah mengetahui penyebab yang diakibatkan oleh seseorang hingga malasnya melakukan bangun sahur maka siapkan trik dan tips agar semangat menjalankan sahur : 

1. Tidur lebih awal
Tidur lebih awal akan membuat Anda bangun awal, dan tidak kesiangan. Karena tubuh telah cukup untuk beristirahat.

2. Niat dalam hati 

Selain niat berpuasa, niatkan untuk melaksanakan ibadah sahur. Walau kelihatannya ringan tapi sungguh penuh pahala dan membuat badan juga bisa menikmati menu makanan sahur agar ketika puasa tubuhmu sudah ada asupan gizi. 

3. Langsung bangun jika alarm berbunyi
Sebanyak apapun alarm jika di off terus menerus maka tidak akan bangun sahur. Kuncinya adalah letakkan alarm di tempat yang agak jauh, volume maksimal, dan ada bunyi alarm pengulangan. Setelah matikan alarm jangan tidur lagi.

4. Ambil Wudhu dan sholat sunnah
Cara satu menghilangkan kantuk adalah dengan berwudhu. Air dingin akan membuat tubuh menjadi segar. Lalu tunaikan sholat sunnah malam, bermunajat agar semua yang Anda minta di bulan mulia ini terkabulkan.

5. Jadwalkan acara seru agar sahur Anda semakin seru

Biasanya bagi yang jomblo yang sahur hanya ditemani mie instan, sebaiknya cari acara seru ketika sahur. Jika Anda  pecinta bola saat nya Anda tonton acara pertunjukan bola, Jadwal Piala Eropa 2016 bisa Anda download di bola.okezone.com



Di bola.ekozone.com banyak artikel yang membahas berita, jadwal pertandingan, streaming, foto dan video. Seru kan jika jadwal sahur Anda, sambil nonton bareng bersama teman sekost-an atau nonton bareng di lapangan bersama warga. Bikin sahur Anda tak lagi sepi dan kesiangan. 

SalamSemangatSahur

9 comments

Tetap semangat ya puasanya... :)

Reply

Mbaa, aku kalau bangun sahur selalu paling awal untuk bantu siapsiap. Hihi. Nah caranya, aku memang tidak tidur larut malam. Makasih sudah berbagi ya mba

Reply

iya kakak, terima kasih ya kunjungannya dan semnagat puasa juga :)

Reply

sama-sama kaka bahaweres,senang sekali mampir ke sini :)

Reply

Aku alhamdulillah tahun ini bangun sahur gak pernah kesiangan.. Malah jam 3 dini hari dah terbangun.. Masih punya waktu yg banyak buat panasih makanan..

Reply

Gw paling males bangun sahur jadi mengakali nya yaa sahur sebelum tidur hehehe

Reply

Masalahnya aku termasuk orang yang ngga bisa tidur cepet. Senengnya kerja malam tapi ngga mau ronda hehehe. Gimana dong?

Reply

wkwkwkwk bisa ya kang mas cumi lebay, eaaa kuat banget kalau gitu perutnya diajak puasanya :)

Reply

pasang alarm yang banyak berarti ya mba :)

Reply