Menu
/

Memiliki dua balita aktif itu bagi saya, ada rasa senang tapi juga ada sebuah kekhawatiran. Si Kakak yang baru berusia 4 tahun sejak lahir memang memiliki kulit sensitif. Berbeda dengan adiknya yang berusia 1 tahun yang memiliki kulit normal dan tidak bermasalah dengan biang keringat. Maka dari itu perawatan ekstra sekali kepada Si Kakak kalau biang keringatnya muncul.
Seberapa menakutkankah biang keringat jika menyerang kulit anak-anak? 
***

Sejak kecil si Kakak memang berlangganan mandi dengan sabun resep dari dokter spesialis anak yang menanganinya sejak ia lahir di rumah sakit. Harga yang cukup mahal untuk membuat kulit mulusnya tetap terjaga. Agak repot jika saya harus pindah-pindah rumah, apalagi di rumah sakit baru, dokter anak tidak bisa membuatkan resep sabun yang saya mau dengan alasan rumah sakit tidak menyediakan sabun resep yang saya minta. Saya pun mencari secara online maupun offline dengan mendatangi apotek-apotek dan ternyata tidak ada juga yang menjual. Rela jauh-jauh mendatangi rumah sakit lama dan hendak konsultasi lagi ke dokter langganan ternyata dokternya sudah pensiun. Begitulah balada emak riweuh yang punya anak berkulit sensitif.

Sejak tanpa sabun resep dari dokter, Si Kakak kulitnya mulai muncul biang keringat. Malah semakin menakutkan apabila ia menggaruknya tanpa sadar saat tidur atau saat bermain. Sepertinya pertahanan saya sebagai mamanya yang telah menjaganya selama 4 tahun mendadak roboh seketika dengan adanya bukit merah di area bahunya.



Saya pun mencoba berbagai jenis sabun yang katanya aman bagi bayi dan ternyata hasilnya malah bikin tambah parah kulit merah Si Kakak. Dengan perasaan menyesal dan semakin khawatir saya pun mencari info-info lewat internet dan banyak sekali yang menyarankan lactacyd baby, didukung pula oleh seorang penjaga apotek yang bilang bahwa lactacyd baby banyak dibeli selain karena konsumen cocok juga beberapa dapat dari rekomendasi para dokter. Langsung borong Lactacyd Baby untuk sabun mandi kedua anakku.

Setelah memilih lactacyd baby saya pun memandikan Si Kakak dan mulai mengamati perubahan kulit yang bermasalah. Selama satu minggu terjadi perubahan signifikan kulit merahnya hilang sedikit demi sedikit. Saya pun memakaikan juga ke adiknya yang usianya 1 tahun yang berkulit normal, ternyata juga cocok malah bikin kulit si dede semakin lembut dan kenyal.


Merasa senang dengan lactacyd baby yang aman digunakan oleh dua balita saya, saya pun menyetoknya di rumah. Pengetahuan saya semakin bertambah dengan mendatangi acara Fun Edukatif Talkshow "Healthy Skin Healthy Baby"  yang diselenggarakan oleh Majalah Mother & Baby bekerja sama dengan Lactacyd Baby. Rela datang ke acara keren ini walau jauh dan boyong dua balita saya, hanya untuk bertemu para pakarnya dan ingin bertanya langsung tentunya. Penasaran juga dengan kelebihan Lactacyd baby yang khasiatnya sungguh bermanfaat.

Pada acara "Healthy Skin Healthy Baby" ada sesi sharingnya bersama para narasumber yaitu dr Liem Hui Ling, Mom Blogger cantik Tara Amelz dan Trainer dan Founder @FitMumandBub Mba Adianti Reksoprodjo yang membawa putrinya dan neneknya juga ke acara tersebut, kebetulan bangku tempat  saya duduk bersebelahan dengan mereka. MC nya yang sungguh beraura yaitu Cisca Becker, senang sekali dengan suaranya yang khas. Acaranya digelar di tempat yang strategis di Jalan Wijaya Kebayoran Baru, tepatnya di Igor's Pastry.


Kulit Bermasalah pada Anak

Saya senang bisa mendengarkan penjelasan dokter Liem Hui Ling, yang memberikan catatan masalah kulit anak dan bagaimana cara melindunginya. Kulit anak-anak sering bermasalah, sejak bayi kulit mereka yang cenderung tipis dan keasaman atau pH yang lebih tinggi yaitu 7-8. Berbeda dengan kulit orang dewasa yang tebal dan pH nya 4-6. Kulit dengan pH tinggi dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri jahat. Sehingga kulit bayi sering terjadi masalah seperti iritasi, kemerahan, ruam popok, dan lainnya. 

Cara melindungi kulit bayi agar tetap normal dan tanpa ada masalah yaitu dengan menjaga keseimbangan pH kulit bayi agar dalam kondisi sehat atau konsisi pH yang normal. Salah satu cara untuk merawat kulit bayi agar selalu sehat yaitu dengan menggunakan sabun cair atau sabun pembersih yang menjaga keseimbangan pH kulitnya.

Begitu banyak ibu-ibu yang bertanya pada dokter Liem di sesi tanya kepada bu dokter itu. Saya tidak dapat kesempatan bertanya ketika bu dokter Liem di panggung. Namun, saya masih dapat kesempatan bertanya langsung bersama dr.Liem, kesempatan yang luar biasa *terimakasihLactacydBaby. Saya pun menceritakan masalah kesehatan kulit si Kakak, dan segera menunjukkan area bermasalah yang sering dialami si kakak.

"Dok, gunungan merah di punggung dan leher si Kakak ini apakah berbahaya? Saya sudah berobat ke dokter, bahkan saya tanya apakah ini penyakit kulit seperti kurap, jamur, atau penyakit kulit berbahaya lainnya?"
"Lalu apa kata dokter, bu?" tanya dr Liem
"Katanya tidak berbahaya, tapi kok gunungan merah ini abadi sekali ya dok, gak hilang-hilang. Saya ingin kulit anak saya mulus lagi."
"Sudah dikasih obatkah oleh dokter yang memeriksa?"
"Sudah, dari obat antibiotik yang diminum, obat salep hingga bedak racik. Tetapi masih saja gunungan merahnya tidak hilang malah melebar. Saya jadi khawatir dan takut." 
"Sejak kapan diketahui si Kakak mempunyai riwayat kulit sensitif?" tanya kembali dr. Liem
"Sejak lahir dok, pernah pakai sabun bayi yang saya beli untuk mandi bayi tetapi malah muncul bintik-bintik merah (itu kejadian mandi pertama kali), lalu saya ke dokter anak dan memeriksakan si Kakak, dan di beri sabun resep yang akhirnya cocok, tapi sayangnya sabunnya tidak ada lagi dan susah mencarinya."
"Nah, sudah coba pakai Lactacyd Baby?"
"Sudah, seminggu ini dan ada perubahan sedikit demi sedikit, gunungan merahnya mengering dan sedikit pudar." 

"Lanjutkan pakai Lactacyd Baby nya ya, si Kakak memang sedang aktif dan pasti akan sering berkeringat. Tugas ibu kenali kapan si kakak berkeringat banyak, apa sedang tertidur, sedang bermain dan waktu-waktu lainnya, kemudian bersihkan ketika keringatnya mulai banjir. Jaga terus area yang lembab agar tidak muncul biang keringat." jawab doker Liem yang ramah dan menenangkan hati saya.

Terima kasih dokter Liem yang telah menerima curhatan saya dan menjawab kegelisahan hati saya. Senang sekali datang ke acara ini, membuat wawasan saya bertambah. Berikut juga ada tip dari dr. Liem cara memandikan bayi.



Pentingnya sabun pembersih yang menjaga pH kulit si kecil?

Ternyata penggunaan sabun dengan pH tinggi seperti sabun pada umumnya, dapat merusak kulit bayi sehingga bakteri jahat lebih mudah tumbuh di kulit. Selain itu tingkat keasaman pH kulit bayi harus tetap terjaga. Penggunaan sabun pembersih dengan pH rendah dan berbentuk cairan disarankan unuk kulit bayi.

Kulit bayi tetap sehat dengan Lactacyd Baby

Dengan Lactacyd Baby liquid Soap, kulit bayi tetap terjaga dan tidak rentan terhadap iritasi. Karena Lactacyd Baby dengan pH 3-4 menjaga keseimbangan pH kulit bayi. Lactacyd Baby mengandung Lactic Acid dan Lactoserum dari ekstrak susu terbukti membantu mencegah pertumbuhan bakteri jahat.

Lactacyd Baby bukan hanya aman digunakan untuk bayi tetapi juga bisa untuk anak-anak bahkan bisa digunakan untuk kulit orang dewasa sekalipun.


Ternyata bukan saya saja yang memiliki kekhawatiran mengenai kulit sensitif anak. Banyak para ibu yang datang dengan semangat walaupun harus membawa buah hatinya. Untungna, di tempat acara disediakan kids corner atau area bermain anak, sehingga para ibu bisa menyimak dengan tenang tanpa harus melihat anak rewel.

Di tengah acara, mba Sisca Becker selanjutnya mewawancarai narasumber seorang momblogger yaitu Tara Amelz. Aktif menulis di blognya yaitu www.cintaruhamaamelz.com. Tara Amelz ini memiliki putri bernama Snow yang ternyata menurut mba Amelz pernah mengalami iritasi kulit.Mba Tara Amelz tidak langsung panik namun beliau searching di internet dan forum diskusi sehingga menemukan bahwa Lactacyd Baby banyak direkomendasikan untuk sabun yang aman bagi kulit bayi dan melindungi kesehatan kulit bayi. Mom of Snow alias Mba Tara Amelz akhirnya memilih Lactacyd Baby untuk putrinya Snow. Wah, sama seperti saya ya, searching-searching di internet dan dapat rekomendasinya yaitu Lactacyd Baby.

Dokter Liem pun menambahkan bahwa ada yang perlu diperhatikan juga untuk menjaga kesehatan kulit bayi yaitu sering mengganti popok bayi, jangan tunggu sampai penuh untuk penghematan tetapi  malah berakibat kulit si kecil iritasi, mandikan dua kali sehari, mandikan dengan air bersih dan menggunakan sabun yang pH nya seimbang dari bahan alami yang aman bagi bayi, juga jaga kebersihan pakaian si kecil.

Menjaga Kebugaran Untuk Para Ibu yang memiliki Balita

Sesi terakhir  yang tidak kalah serunya yaitu menjaga kebugaran untuk para ibu yang masih memiliki balita. Menurut mba Adianti Reksoprojo selaku founder @fitmumandBud seorang ibu apalagi yang sudah melahirkan tidak ada alasan untuk tidak bisa berolahraga. Menurut Mba Anti olahraga bisa mengikutsertakan si kecil juga.

Mba Anti berbagi pengalamannya yang suka sekali dengan kegiatan olahraga untuk memiliki tubuh yang ideal. Namun,setelah melahirkan anak kedua yang sectio cesar Mba Anti membutuhkan penyembuhan yang lama pasca operasi tersebut. Hingga Mba Anti mengalami babyblues. Setelah bisa melewati Babyblues dan luka cesar sudah sembuh, Mba Anti konsultasi ke dokter dan mengutarakan keinginannya untuk olahraga kembali. Dokter mengizinkan, namun ada satu hal yang mengganjal Mba Anti, yaitu tidak ingin terpisahnya dari buah hatinya saat melakukan olahraga. Maka Mba Anti pun mencari olahraga yang bisa melibatkan si kecil. Hingga akhirnya Mba Anti menemukan olahraga tersebut berasal dari Australia, Mba Anti pun meminta izin suaminya, untuk mengikuti pelatihan olahraga tersebut. Hingga akhirnya Mba Anti mendapat sertifikat sebagai trainer. Saat kembali ke Indonesia Mba Anti mendikirkan Fit Mum And Bud.


Kini Mba Anti memberikan sesi posture clinic. Banyak ibu yang peduli dan mengulangi kebiasaan yang salah seperti pada saat menggendong bayi, menyusui, memandikan bagi. Semua kesalahan tersebut aan mengakibatkan cidera. Maka melakukan aktivitas yang benar yaitu :

  • Ketika memandikan bayi di bak mandi, usahakan letakkan bak di atas meja, supaya posisi ibu tidak membungkuk. Jika bak terpaksa diletakkan di lantai, maka sebaiknya ibu sekalian jongkok.
  • Saat menyusui usahakan duduk tegak, bersandar, dan rileks, jangan menunduk. Pakai bantal untuk menyusui atau bantal untuk mengganjal tubuh bayi. Usahakan kaki ibu menjejak bantalan atau bangku kecil, jangan menggantung.
  • Ketika sedang menggendong bayi, maka usahakan tumpuan ada di lutut. Gendongan bayi di depan, bukan di samping.
  • Apabila mau mengambil benda berat jangan membungkuk, namun berlututlah. Seimbangkan tubuh ibu agar tidak membungkuk



Menjaga kebugaran bagi seorang ibu sangat penting sekali, dalam jangka pendeknya tidak mudah sakit, tidak terserang penyakit punggung, pinggang dan tulang belakang. Maka bisa latihan dengan mengajak serta si kecil dengan mencoba beberapa gerakan dari fit Mum and bub. Berikut tiga gerakan yang dicoba bersama yaitu plie squat, baby thruster, dan the lunge twist. Semua gerakan bisa lebih jelasnya di youtube atau instagram @fitmumandbud.

rangkaian acara yang seru sekali, banyak sekali manfaat dan ilmu pengetahuan untuk para ibu, hadiahnya juga banyak lho. Saya sangat bahagia semua kekhawatiran saya terjawab dan yakin dengan Lactacyd Baby yang melindungi kesehatan kulit anak-anakku.

Bagi para ibu yang punya kisah pengalaman menggunakan Lactacyd Baby, bisa ikutan blog competition #LactacydBaby, yuk simak di FP Lactacyd Baby 


Sesi Foto Bersama

Serunya Acara Healthy Skin Happy Baby

Anak-anak suka sekali mandi dengan Lactacyd Baby, bikin kulit sehat, bersih, lembut dan juga wangi. 




Jangan lupa bawa selalu Lactacyd Baby kemanapun saat bepergian, baik jalan-jalan tamasya maupun mudik lebaran. Kemasan yang praktis di botol siap masukkan tas dan pastinya tidak mudah tumpah. Happy journey with kids.



SalamSehat

44 comments

Anak keduaku juga kulitnya sensitif tapi dulu aku belum kenal lactacyd baby. Sekarang udah normal kulitnya.

Reply

Anakku juga pernh iritasi, merah2... sempat bingung waktu itu blm kenal lactacyd baby...

Reply

Salam buat dedeknya, terima kasih sudah mampir :)

Reply

dedenya sudah sehat ceria kembali kan :), terima kasih sudah mampir

Reply

Pas banget produk ini utk atasi kulit anak yg sensitif ya Mba..

Reply

iya kak, alhamdulillah cocok :)

Reply

Wah bisa menghilangkan biang keringat ya mba, bisa direkomendasikan untuk keponakan ni.

Reply

Dulu dokter juga menyarankan anak aku pas bayi pake lactacyd waktu kulitnya iritasi. Lactacyd ini emang nggak diragukan lagi deh produknya. Hihi. Semoga menang lombanya ya Mbaaaak :D

Reply

Bagus juga kalau sekarang ada sabun dgn PH rendah.. dulu waktu bintang kecil kami harus beli sabun khusus di apotik yg PH rendah. Sekarang mendapatkannya jadi lebih mudah

Reply

Laxtacyd memang bagus mbak, di rumah sakit juba sering ngeresepin sabun ini

Reply

Bagus ya acaranya sangat bermanfaat bagi ibu yang mempunyai anak bakat alergi.

Reply

iya mba, tadinya saya juga atas rekomendasi apotek

Reply

amin, terima kasih ya mba, senang sekalidi doakan. dan lactacyd baby memang mantap

Reply

Wah BU Dokter makasi ya sudah mampir, senang sekali. Iya bu Dokter biang keringat kakak alhamdulillah hilang. Bersyukur sekali saya gak perlu khawatir kalau ada lactacyd Baby.

Reply

iya mba naqy, acaranya seru padat ilmu pengetahuan.makanya rela jauh-jauh boyong dua anak demi acara ini. :)

Reply

Alfi langganan biang keringet juga nih, pakai lactacyd cocok kayanya, kasian kalo gatel2

Reply

Kulit anak-anak memang rentan kena ruam apalagi waktu masih bayi.
Baguslah kalau ada lactacyd baby, jadi para ibu terbantu kalau anaknya berkulit sensitif.

Reply

Anak keduaku sensitif banget kulitnya, Mba. Kalau udara panas dan berkeringat, pasti deh langsung merah dan bintik-bintik. Kayaknya perlu dicoba pakai Lactacyd, mudah-mudahan cocok.

Reply

Wah sama nih keponakanku juga pake Lactacyd pas biang keringet

Reply

Engga susah lg nemu produk baby plus perlindungan kulitnya ya..dulu mah sabun sekedar sabun biasa kebanyakan :D

www.leeviahan.com

Reply

aku suka kasian kalo lait anak2 kena biang keringat gitu, untung ada lactacyd baby ponakan juga pakai dan alhamdulillah cocok :-)

Reply

iya kak ev, anak-anak apalagi yang aktif keringat cepat banget datanganya. lactacyd bisa jadi solusinya mengusir biang keringat

Reply

setuju dengan kak ety, me too menyediakan Lactacyd Baby di rumah :)

Reply

Sekarang tuh punya baby atau pun balita emang asyik banget deh kayaknya. Perlengkapan dan peralatan untuk mereka tuh variatif banget. Termasuk untuk perlengkapan toiletris dan setelah mandi mereka, ga kayak punya baby jaman dulu. Hehe. Ponakanku juga pake Lactacyd ini, Mba. :)

Reply

Seru sekali ya...bisa dateng ke acara yang bisa menambah pengetahuan seorang ibu. Apalagi bisa sambil berkonsultasi dengan dokternya ya mbak :)

Reply

Amiin, sama dengan si kakak anakku gitu, tapi setelah pakai lactacyd sudah gak ada lagi biang keringatnya

Reply

yup, tante tya, main sini ya bawa ponakannya , ditunggu dear :)

Reply

iya kak, mudah dapetinnya yang penting,mau di apotek atau di swalayan semua ada Lactacyd :)

Reply

iya alhamdulillah cocok. saya dulu stress bgt kalau gundukan biang keringat ganggu pemandangankulit si kakak, belum lagi kalau nangis minta di garuk2. haduh lemes deh hati saya. Sejak pakai lactacyd hilang semua kekhawatiran dan ketakutan, lega.

Reply

semua pada pakai Lactacyd baby ya mba,cocok, aman dan melindungi kulit bayi soalnya ya mba :)

Reply

iya, saya beruntung banget. Gak semua juga bisa konsultasi ke dokter langsung. Memang saya ngantri sejak dokternya di panggunng, karena ga kebagian buat bertanya, saya nunggu dokternya di tempat duduknya dan bertanya2 , lega rasanya :) . jauh, capek langsung hilang :)

Reply

Anakku juga pakai lactacyd pas masih bayi, mba. Memang benar bisa menghilangkan biang keringat, mba :)

Reply

iya, Lactacyd Baby memang melindungi kulit anak-anak dari biang keringat. Anak saya sembuh biang keringatnya.

Reply

Hasna juga sensitif kulitnya, sering kena biang keringat dan kalo digigit nyamuk jadi luka mera kek koreng gitu.. kudu coba lactacyd baby nih.. makasih Mba..

Reply

Kedua anakku kulitnya juga sensitif, alhamdulillah cocok pakai lactacyd ini juga mbak :D

Reply

Alhamdulilah sama saya juga kedua anak cocok pakai Lactacyd Baby :). Terima kasih mba april sudah mampir :)

Reply

Sama-sama mba Arina, semoga cocok ya pakai Lactacyd Baby. Alhamdulillah anak saya yang sudah pakai aneka obat akhirnya hilang juga biang keringatnya pakai Lactacyd Baby

Reply

Hai mba. Ahza tuh akhir2 ini suka gatel2 ga tau kenapa. Pengen juga ah cobain lactacyd baby ini.
Makasih yaa sharenya :)

Reply

Keren, memang lactacyd bnyk manfaatnya ya mbak. Selamat juara nih.

Reply

Keren, memang lactacyd bnyk manfaatnya ya mbak. Selamat juara nih.

Reply

iya mba anak saya sembuh biang keringatnya sejak pakai Lactacyd Baby. Alhamdulillah sekali :)

Reply

arigatou senpai :)

Reply