Menu
/

Ramadhan adalah bulan dimana umat islam menjalankan puasa. Pada ramadhan ini pula umat Islam berlomba-lomba menjalankan ibadah sebanyak-banyaknya, karena bulan ini adalah bulan berlipat gandanya semua amalan ibadah. Bahkan dipenghujung ramadhan banyak sekali  orang-orang memadati masjid untuk beri’tikaf. Ramadhan begitu dinanti dan kepergiannya disambut sukacita kemenangan nan penuh fitrah. Sedih sekali berpisah dengan bulan ramadhan, bulan pahala dilipat gandakan, bulan penuh ampunan dan bulan penuh rahmat.  

Fokus ibadah dalam ramadhan harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat tentu membuat ibadah semakin lancar dan tanpa hambatan. Memulai gaya hidup sehat bukan hanya pada ramadhan saja namun juga bulan-bulan lainnya agar aktivitas berjalan dengan baik. 5 hal sederhana yang membuat gaya hidup kita menjadi sehat selama bulan ramadhan diantaranya :


  • Pola hidup yang teratur
Pola hidup yang teratur disini yaitu tidak bekerja berlebihan dan begadang hingga larut malam.  Jadwalkan kegiatan sehari-hari dengan baik dan disiplin, seperti sholat tepat waktu, makan tidak telat dan istirahat yang cukup. Jika begadang kemungkinan tidak sahur sehingga badan akan terasa lemas karena kurang istirahat dan kurang asupan gizi bagi tubuh.


  • Olahraga yang teratur
Dengan menjadwalkan olahraga rutin setiap pagi sebelum beraktivitas akan membuat badan fit.  Dengan melakukan olahraga setiap harinya tubuh bergerak. Jadi jika Anda pekerja yang seharian duduk di kantor dan membuat otot kaku karena gerakan monoton sebaiknya jadwalkan olahraga. 


  • Makan Makanan Sehat dan Bersih
Ketika kondisi tubuh lelah, penyakit mudah sekali menyerang. Maka ketika pekerjaan yang menumpuk apalagi harus tetap berpuasa solusi agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bersih. Maksudnya, makanan bukan hanya didisplay menarik dan terlihat enak. Tetapi proses pengolahannya pun bersih. Jadi apabila Anda termasuk yang bermasalah dengan pencernaan, maka jaga asupan perut Anda dengan memilih menu makanan yang sudah terjamin kebersihannya. Jika pun ingin lebih meyakinkan lagi sebaiknya Anda memasak sendiri di rumah. Jadi Anda bisa menentukan selera Anda sendiri dan tentu Anda telah berusaha memasak dengan menu sehat dan bersih. Jaminan bersih telah Anda lakukan dari proses penyiangan makanan hingga proses pengolahan. Bahkan ada juga dengan cara membeli produk terbaik dan berkualitas. Namun  jangan kebablasan dengan belanja yang over budget bisa-bisa tanggal tua buka hanya minum air putih dan sahur makan mie rebus saja. Sebelum berbelanja untuk stock makanan selama puasa, kini Anda dapat menggunakan promo ramadhan Alfamartku  yaitu Pak Rahmat (Paket Ramadhan Hemat) mulai periode 1-30 Juni, bisa tebus murah produk yang diinginkan.


Dengan berbelanja di Alfamarku.com selain harganya hemat banyak juga promo-promo menariknya, seperti promo JSM (Jum'at, Sabtu,Minggu) hanya tiga hari dari tanggal 10-12 Juni 2016. Jangan sampai ketinggalan infonya lengkap di website http://www.alfamartku.com/. Website Alfamartku.com berisi informasi promo bulanan, informasi tentang corporate, dan kegiatan CSR apa saja yang telah dilakukan Alfamartku.com. Yuk siasati belanja hemat di Alfamart biar puasa tetap bisa makan-makanan sehat dan dompet nggak sekarat.


  • Sedekah
Memang terlihat seperti membagikan harta milik kita, namun sedekah adalah memberikan hak kepada mereka yang kurang mampu. Sedekah adalah berbagi kebahagiaan terhadap sesama. Sedekah juga akan menumbuhkan rasa tolong menolong dan tentu feedbacknya akan langsung ditolong oleh Allah SWT. Tak ada yang jatuh miskin setelah sedekah, namun sebaliknya. Dengan bersedekah berarti memberikan orang lain untuk hidup bahagia. Di bulan yang mulia ini yuk banyak-banyak sedekah. 


  • Berpikir Positif
Hati yang senang akan membuat seluruh organ tubuh menjadi sehat. Namun jika sebaliknya pikiran negative, dendam dipelihara semua akan berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah kurangnya bersyukur dalam hidup dan akhirnya stress pun melanda. Ketika hati telah sakit, pikiran jadi sempit dan akhirnya aktivitas menjadi terganggu. Menjaga pikiran tetap  positif dengan cara menjalankan ibadah, menjauhi laranganNya, dan menjaga tali silaturahmi. Jika aura positif terpancar, hidup akan terasa menyenangkan. Penyakit tidak berdatangan dan bisa beraktivitas sehari-hari.

Itulah 5 Hal Sederhana Yang Membuat Gaya Hidup Kita Menjadi Sehat Selama di Bulan Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa. 

SalamSehat


18 comments

Yg hampir ga aku lakuin dibulan ramadhan adalah olahraga, huhu...

Eh tapi gendong nusaiba olahraga jg bukan ya? 😄

Reply

Jalan kaki termasuk olahraga kan?? :D termasuk yaa pliss. Soalnya biasanya naik sepeda, tapi kebayang panas penternya itu, jadi mundur cantik deh. Takut batal #eeaa *alesan aja*

Reply

Ngurus anak juga olahaga kayanya ya gerak sana sini hehehe

Reply

Iya gendong nusaiba yang endut juga termasuk olahraga :)

Reply

sama mba ipeh, aku juga jalan kaki bolak balik ke belakang jemur baju :)

Reply

yup setuju mba widhie

Reply

Yeaay pantesan aku cinta bgt ama pak Rahmat☺gk bisa move on akh selain Alfamart yg deket bgt rumah😀😊

Reply

Diantara 5 hal sederhana yang membuat gaya hidup sehat selama ramadhan, olah raga memang hampir gak pernah saya lakukan di Bulan Ramadhan.. :(
Eh tapi, kalo bersih-bersih rumah, termasuk olahraga juga gak ya? he..he

Reply

wah asyik tinggal selangkah aja sdh nyampe ya,benar2 hemat ongkos deh kak Putri :)

Reply

saya juga tiaphari bersih-bersih rumah,dan itu namanya olahraga versi emak2 *hihihi gappa mba nurul

Reply

Olahraga... Pe er berat nih..

Palingan ngejar2 sikecil saat jalan2 keliling komplek. Eheheheh *alasan

Reply

Aku banget tuh, manfaatin promo JSM

Reply

kebanyakan komen olah raga yang agak susah ya, ngakaaak..
samaaaa!!

aku sih suka olah raga kecil dirumah, ya stretching2 yoga gituh mak

Reply

siip, olahraga trending 2016 ya :)

Reply

sama mba witri,me too. temenan kita :)

Reply

wah teteh ajarin yoga teh,biar bisa secantik teteh *ngarep

Reply

poin no 2 kayaknya yg paling susah buat saya
ada juga olahraganya di depan laptop, hehe


Reply

jadi bisa disimpulkan trending topicnya olahraga. :) terima kasih kaka sudah mampir :)

Reply