Menu
/
Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi



Belajar dari kisah tragis Budi yang selalu menderita di tanggal tua. Namun Budi cepat sekali move on hingga ia bisa berubah drastis untuk melanjutkan perjalanan hidupnya. Bagaimana ia yang begitu merana karena tangga tua membuatnya jauh dari kelayalakan hidup. Belajar dari kisah Budi yang telah menemukan jalan jitu, saya pun sudah dari dahulu membuat jurus jitu dari bencana tanggal tua. Sejak masa muda saya di kost-an saya sudah punya trik, hingga saat ini saya yang sudah berumah tangga masih menggunakan trik selamat hingga melewati badai tanggal tua. 


Pilih sekarat apa selamat ditanggal tua? 


Sejatinya hidup adalah bertahan dan belajar dari alam. Jika sejak muda sudah foya-foya maka kebiasaan itu akan menyusup dalam bahtera rumah tangga. Mungkin jika punya pasangan hidup mapan, dan uang berlebihan itu tidak akan menjadi persoalan di tanggal tua. Namun bagi yang hidupnya butuh perjuangan melewati setiap tanggal dan selalu menanti jadwal gajian, akan sangat menyakitkan bila gaji sebulan harus habis di awal bulan. Kemudian ditanggal tua hidup penuh drama dan dihinggapi fatamorgana. 
Walau saya tidak berfatamorgana seperti gambar diatas. Ketika menyajikan menu masakan saya lebih memilih kreasi masakan yang berbeda-beda walaupun dari bahan yang sama. Seperti ketika harus menyajikan makanan mampunya membeli berbahan dasar tempe. Tempe selain bisa diolah jadi tempe goreng, tempe bacem, semur tempe, tempe balado, nuget tempe bahkan juga bisa dibuat bakso tempe. Saya pun pernah menuliskan resep bakso  tempe yang sehat buatan sendiri.  Di bawah ini penampakan bakso tempe goreng dan bakso tempe rebus. Jika moms juga mengalami gejala super hemat namun ingin tetap sehat bisa memasak dengan menu tempe.



Cermat mengelola keuangan


Suami saya yang bekerja secara mandiri sebagai programmer dan merangkak memajukn usaha sendirinya, gajian tak selalu tetap. Saya harus berperan multitalent dengan menekuni dunia blogger, penulis buku dan tentu sebagai ibu rumah tangga. Saya harus bisa menyiasati keuangan keluarga agar hidup nyaman dan aman ditanggal tua. Untuk memilih hidup selamat atau sekarat di tanggal tua, maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengetahui jumlah penghasilan/gaji sebulan dan jumlah pengeluaran sebulan.  

Pengeluaran anggaran < penghasilan/gaji = Rumus Selamat 


- Membuat Laporan Keuangan 

Untuk itu perlu sekali membuat laporan keuangan secara rapi dalam sebuah file keuangan keluarga. Mencatat segala pengeluaran rutin dan tidak rutin. Gunanya untuk dapat mengevaluasi setiap pengeluaran agar tidak bocor dan juga sudah memiliki batas warning ketika jumlah angka di laporan sudah mendekati angka yang dituju. Untuk itu mengontrol keuangan bukan hanya peran istri, tetapi juga suami. Anak-anak pun tanamkan hidup sederhana, makna hidup hemat dan pengendalian diri untuk tidak menuruti kemauannya ketika kalapmelihat mainan. Kerjasama inilah yang akan menjadi tim solid dan tim penyelamat serangan tanggal tua. 

Saya berikan contoh laporan keuangan keluarga saya, mohon maaf bukan pamer. Sebenarnya hanya niat berbagi dan berharap banyak keluarga yang selamat dari wabah derita tanggal tua. Niat berbagi ini juga saya sedikit blur dan tutupi agar kerahasiaan keuangan negara saya tetap aman, hohoho. *salamemak-emakirit.


Masih sibuk dan bilang tidak sempat untuk sekedar mencatat di laptop, biasa kan emak-emak mandi saja backsoundnya tangisan anak, mau nyuap makan nasi saja di depannya ada anaknya yang lagi empup, dan sejuta pesona ibu rumah tangga lainnya yang insyaAllah semua bernilai pahala. Mengurus rumah, merawat anak dan membuat sekeluarga hidup aman dan nyaman di rumah adalah sebuah perjuangan besar seorang ibu rumah tangga. Tidak memiliki penghasilan tetap bukan berarti tidak cermat dalam membuat anggaran. Selain jadi pendamping Kepala Negara, ups maksudnya mendampingi suami sebagai teman hidup seperjuangan, seorang istri juga adalah menteri keuangan di rumah. Jadi, bisa terlihat rumah yang bebas hutang ada jasa ibu rumah tangga yang pandai mengelola keuangan. 

Tak sempat buka laptop, hp jadul dan sejuta alasan lainnya sehingga tidak dapat membuat laporan keuangan maka buat laporan keuangan secara manual, beginilah stepnya :
  • Setelah menerima gaji suami dengan besar xx juta untuk satu bulan
  • Ambil amplop kosong, beri judul disetiap amplop untuk post-post pengeluaran keluarga
  1. Amplop Post 1 : Belanja bulanan = Gaji - pengeluaran rutin + cost tak rutin 
  2. Amplop Post 2 : Tabungan/Biaya Pendidikan
  3. AmplopPost 3 : Uang Rekreasi
  4. Amplop Post 4 : Sedekah
  • Setelah semua penghasilan yang diterima telah dibagi-bagi perpost, cobalah disiplin untuk tidak mengambil acak, apalagi memakainya tidak sesuai dengan nama post yang telah dibuat. 
Sebagus apapun jurus atau teknik keuangan yang dipelajari, tanpa disiplin dan hidup hemat, semua akan sia-sia. Nanti akan terasa akibatnya ketika tanggal tua menjelang. 




- Belanja hanya yang di perlukan

Terkadang sebagai emak, kalau belanja mau nya itu nyetok,sabun di setok, beras di setok, sayur di setok, dan kebutuhan lainnya super nyetok. Kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan karena kadang stock ini biki over budget. Belanja yang diperlukan, Sembako, peralatan mandi, dan perlengkapan membersihkan rumah.
Kenapa ibu-ibu suka sekali menyetok barang-barang, ada beberapa alasan :

  • Malas keluar rumah, badan sudah remuk redam dengan segala urusan domestik yang tiada habisnya.
  • Kalau keluar bawa anak, tambah bengkak pengeluaran karena anak pasti merengek minta jajan atau minimal secup es krim. 
  • Perhitungan ongkos, macet dan buang waktu
  • Mikirin baju yang dipakai, juga pakaian anak-anak. Jadi nambah cucian, apalagi musim hujan.

- Mengejar diskonan

Ibu cermat dan hemat tahu trik jitu ini bisa membuat selamat keuangan karena tidakperlu ribet mikirin penampilan,biaya transport dan jajanan anak-anak. Hanya dengan menggerakkan jari-jari di layar laptop atau handphone semua barang yang diinginkan ada di depan mata karena hanya di https://www.mataharimall.com/ segala kebutuhan keluarga tersedia. Ada TTS alias Tanggal Tua Surprice yang bikin kita tobat belanja super untung di tanggal tua.


Masih ragu dan takut belanja online? Duh, jadi inget yang lagi trending topic nih. Pokoknya di MatahariMall , barang electronic yang kita beli apabila terbanting, terjatuh, dan terkena air bakalan di ganti rugi lho. Cari juga produk super sakti dan banyak manfaatnya. 



Belanja di tanggal tua bisa direncanakan, jadi berhemat-hemat dahulu bercermat-cermat kemudian. jadi bisa belanja di tanggal tua tentu cara ini juga buat menyelamatkan anggaran pengeluaran, dari diskonan yang bikin segar-segar tentunya. Hussss, belanja online di Matahari Mall gratis pengiriman  dan bisa dibayar di tempat. Asyik bangetkan. Pantengin terus MatahariMall dan dapatkan kejutan diskon.



Selamat di tanggal tua berarti menjadi penyelamat keluarga juga. Jika setiap bulan bisa selamat ditanggal tua, hal ini juga akan membuat kita mampu menyiapkan tabungan di hari tua dan menyiapkan hari senja yang bahagia. Sekali bocor anggaran keluarga maka perlu segera diperbaiki. Besar penghasilan atau gaji yang didapat jika dikelola dengan bijak akan jadi bermanfaat. Selalu banyak bersyukur rezeki tak melulu uang yang melimpah dan pola hidup yang serba mewah. Rezeki adalah segala sesuatu yang dimiliki dan disyukuri. Suami yang setia dan tanggung jawab, anak-anak yang sehat dan cerdas, hidup sederhana tapi selalu penuh canda dan kehangatan saat berkumpul bersama, sehangat matahari pagi yang bersinar cerah. Penuh cinta bersama keluarga bahagia. Itulah kisah saya melewati tanggal tua tanpa drama. Sehingga tanggal tua bisa selamat dan hidup menjadi nikmat. 




10 comments

Hihi aku gak nyetok selaku habis pas udah gajian, jadi menunggu uang beasiswa keluar yang gak setiap bulan. Jadi kudu hemaaat hahahha

Reply

iya mba, di daerahku banyk kebiasaan ibu-ibu menyetok barang.tapi jatuhnya jadi tanggal tua sekarat.

Reply

kisah tanggal tuaku saat ngekost sangat mengenaskan Mba Erna :)
Alhamdulillah setelah bekerja, menikah dan punya anak tanggal tua seolah tak terasa lagi :)

Reply

wah mau meluncur nih, ngintip tanggal tuanya mba ira, meluncurrrr

Reply

Duh, emang paling drama deh kalo akhir bulan itu. Aku masih belum dispilin dalam mengatur keuangan. Walau katanya perempuan itu paling jago ngatur keuangan, kayanya itu ngga berlaku buat aku. Aku itu orang yang kalau ada keperluan langsung aja ambil, mau pos yang manapun. Aku mikirnya "ah, nanti juga ada lagi' dan sugesti aku itu emang bener. DI akhir bulan, pas nyaris habis, pasti ada aja yang ngasih. Biasanya tiba-tiba dapat kerjaan yang lumayan. Jadi, aku bukan tipikal orang yang rapih banget dalam ngatur keuangan *jadi curhat* :p

Reply

belum berumah tangga pun sudah sering kena drama yang demikian mbak..
mski tanggal muda nyetok. tanggal tua udah ludes wkwkwkwk

Reply

Nice story mbak Erna. Tips-tipsnya jitu nih, bisa saya tiru waktu tanggal tua datang hehe :D

Reply

emak beruntung namanya itu mba, asyik dah tanggal tua banyak rezekinya :)

Reply

wkwkwkwk gapapa mencoba berdamai dengan balada tanggal tua, biar hidup ga mudah kecewa :)

Reply

asyik sang jawara lomba datang berkomen, ayoo atuh ikutan. Nanti saya mampir juga. Mau lihat storynya ditanggal tua ,:)

Reply