Menu
/

Penggunaan HP kini seakan menjelma menjadi kebutuhan primer. Masyarakat modern dari berbagai kalangan usia tampak hampir tak pernah lepas dari HP canggih. Bahkan anak-anak juga memiliki kecenderungan yang kuat untuk menggunakan HP sepanjang hari.

Kini membeli HP juga semakin mudah dengan sistem kredit. Melalui promo kredit HP Xiaomi murah di MatahariMall, para orang tua bisa membeli HP Android terbaik untuk buah hati. Tetapi jangan sampai anak-anak malah mengalami kecanduan HP. Beberapa gejala berikut ini menunjukkan bahwa anak-anak mulai mengalami ketergantungan terhadap HP kesayangannya :

  • Mengalami Gangguan Tidur

Kebiasaan menggunakan HP sebelum tidur memang memicu gangguan tidur pada anak. Biasanya aktivitas di media sosial, bermain game, atau sekadar browsing menjadi kesenangan anak di malam hari. Akibatnya, cahaya dari layar HP membuat anak terus terjaga dan mengalami gangguan siklus tidur.

  • Tidak Antusias Bergaul dengan Teman

Bergaul dengan teman sebaya menjadi sarana untuk melatih rasa empati dan kemampuan komunikasi anak. Sayangnya, hal positif ini semakin terganggu dengan penggunaan HP yang berlebihan. Anak-anak justru tidak antusias ketika pergi ke luar rumah dan bermain dengan teman sebayanya. Sebaliknya, anak-anak lebih betah memainkan HP-nya selama berjam-jam di rumah.

  • Merasa Gelisah dan Kikuk Tanpa HP

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan tanpa HP. Mengobrol dengan keluarga atau sahabat, membaca buku, menonton televisi, atau berjalan-jalan di luar rumah. Tetapi lepas dari HP justru membuat anak yang kecanduan HP menjadi gelisah dan kikuk. Bahkan tak jarang beberapa anak menunjukkan sikap agresif dan tak bersahabat bila sudah berada dalam kondisi kikuk.

  • Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Anak-anak yang keranjingan HP pada umumnya mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Hal ini bisa terjadi karena tubuh anak tidak aktif bergerak dan lebih sering duduk diam sepanjang waktu. Namun ada pula kasus lain yang membuat berat badan anak turun drastis. Hal ini terjadi jika anak-anak mengabaikan waktu makan karena terlalu asyik dengan HP-nya.



Penggunaan HP di kalangan anak-anak memang berbahaya bila tidak diawasi secara cermat oleh orang tua. Tetapi bukan berarti anak tidak boleh menggunakan HP sama sekali. Sebagai orang tua yang bijaksana dan modern, kita tentu paham tentang cara memperkenalkan teknologi pada anak tanpa membuatnya menjadi ketergantungan dengan teknologi tersebut. 

2 comments

duhhh alfi, berenti main HP nya nak, ini temen2nya juga pada main HP sih

Reply

iya kak Ev, kudu di pantau dan dibuatkan jadwal juga kayaknya. agar anak ga gaptek juga tapi ga kebablasan juga.

Reply