Menu
/


Bersahabat dengan Editor dan Mengenal Tiga Macam Penulis, masih membahas seputar dunia editor dan selalu berkaitan dengan para penulis. Memang dalam penerbitan, editor yang membidani setiap naskah penulis. 

Setiap naskah yang masuk ke penerbit ada tempat dimana naskah itu pasti akan hinggap di meja editor. Dari tangan dingin editor inipula sebelum melakukan penyuntingan naskah ia dapat mengenal tiga macam penulis yang berkaitan erat dengan tugas yang dilaluinya. Tiga penulis itu diantaranya :

  1. Penulis Profesional
  2. Penulis Semi-profesional
  3. Penulis pemula

Mari kita telisik lebih dalam tentang tiga macam penulis diatas. Dikatakan penulis profesional apabila naskah yang diberikan terlihat begitu matang, tidak banyak kesalahan penulisan, menguasai pasar perbukuan, naskah yang disetorkan terkadang sudah lengkap dengan ilustrasi dan cover pendukung. Maka tingkat penyuntingannya tidaklah memakan waktu lama dan tingkat kesulitan ringan. Apalagi brand si penulis begitu kuat dan sudah memiliki pembaca setia. 

Selanjutnya untuk penulis semi-profesional tingkat kesulitan dalam penyuntingan naskah sedang. Penulis pengalamannya baru sedikit, masih banyak ditemui kesalahan atau kekurangan dalam naskah, sehingga pihak penyunting masih menemukan kesalahan naskah masih perlu banyak revise  untuk membenahi naskah.

Terakhir adalah penulis pemula merupakan penulis yang baru pertama kali mengirimkan naskah. penulis belum memiliki pengalaman dalam dunia tulis menulis dan penerbitan. Sehingga banyak ditemukan kesalahan pada naskah, lambat merevise, masih banyak yang dipikirkan tidak fokus pada penulisan, belum tahu cara mendekati penerbit dengan langkah cepat dan tepat. Jika nskah yang disunting terlalu banyak yang dibenahi maka penyunting layak dicantumkan pada buku  penulis tersebut juga sebagai  co-author. 

Pengelompokkan ini tentu bukan sebagai kasta yang perlu dibuat jarak. Namun, menjadi penulis harus banyak belajar,membaca buku dan terus berlatih menulis setiap hari. 
5 comments

Editor pula yang berperan memoles naskah yang kadang menjadi sangat berbeda hasilnya ya mbak. Penulis pemula akan sangat beruntung jika dipertemukan dengan editor senior.

Reply

yup editor memang membantu

Reply

Mba @Haya Nufus benar sekali, saya juga waktu pertama menerbitkan buku banyak dibantu editor. terima kasih bu editor :) bikin naskah saya jadi cantik dan enak dibaca

Reply

Makasi Mas @PC control

Reply

Saya benar-benar penulis pemula yang perlu banyak belajar dari anda

Reply