Menu
/


Sebagai orangtua terkadang ada satu hal yang tidak bisa dihindari dan harus mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan. Mau tidak mau tubuh mungil mereka harus ikut bepergian ke suatu tempat yang belum tentu ramah untuk balita. Misalnya seperti saya ketika ingin menonton kebioskop sebagai bentuk dukungan kepada perfilman Indonesia. Memang bisa sih menunggu DVD nya atau anak-anak dititipkan di day care atau bisa saling ganti dengan pasangan untuk satu sampai tiga jam menjaga balita, ada juga yang dititipkan ke mertua. Kalau hidup seindah rencana mungkin tak perlu putar otak untuk mencari jalan keluar. 

kakak adik sedang di bioskop



Nah, bagaimana seperti saya yang suami LDR atau mertua jauh, orangtua juga sudah sepuh. Mau ke day care juga jauh. Maka tak ada solusi selain membawa balita-balita ku ikut pergi ke tempat atau acara mamahnya. Memang pasti lelah juga gendong-gendong, perhatian ektra untuk mereka, juga perlu stamina super baja kalau sedang bepergian. 


Berikut tips dari saya ketika membawa balita ke bioskop.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
1. Pakai pakaian panjang dan hangat. Karena di  bioskop cukup dingin AC nya maka perlu memakai baju panjang. Apalagi anak balita ada yang alergi dingin, tambahkan jaket serta bawa selimut hangat jika diperlukan.
2. Pakai kaos kaki atau alas kaki yang tertutup. 
3. Bawa makanan dan minumam yang ia suka
4. Bawa mainan anak-anak
5. Headset jika anak tidak suka suara biskop yang begitu besar. 
6. Bawa minyak kayu putih atau telon 
7. memakai topi rajut yang hangat. 

Begitulah yang saya praktekkan ketika membawa dua balita saya ke bioskop. Ada hal yang penting juga yaitu jangan berlama-lama dibioskop atau di tempat umum. Karena anak mudah jenuh dan cepat lelah. Jadi jam istirahat anak juga harus diperhatikan. Jika jenuh pastinya segera alihkan dan buat aktivitas bersamanya. Untuk itu ketika datang ke bioskop perlu tepat waktu. Jika film sudah diputar beberapa menit lebih baik langsung beli tiket dan masuk saja.Tidak perlu menunggu film berikutnya yang akan tayang. Menunggu bukanlah hal yang disukai anak-anak. Maka benar-benar memanfaatkan waktu seefisian mungkin. 

Semoga bermanfaat

9 comments

Kalo aku bawa ponakan nonton ke bioskop aku suruh pakai baju yang tebal biar hangat.. Kasihan kan kalau si anak kedinginan AC-nya kencang.. bisa2 mereka gak konsen saat nonton filmnya..

Reply

Terima kasih kak sudah mampir. senangnya .mampir juga ah kerumah kakak.

Reply

Saya msh ragu bawa anak2 ke bioskop lbh ke kasian telinganya sih mbak, tapi mungkin bisa diakalin dengan headset atau ear muff kali ya, belum pernah nyoba hehe

Reply

Tips Mbk Erna mau kau coba akh sekalian,mumpung anak2 blm pernah tak ajak ke bioskop.

Reply

Fatih masih bayi juga pernah aku ajak heheh ntar nulis juga ah saat Fatih 4 th kuajak nonton :)

Reply

iya mba ini juga saya pertama kali bawa si kecil dua2nya ke bioskop.

Reply

Makasi ya mba Tanti, memang bawa balita emak nya kudu waspada ekstra

Reply

Asyikk, nanti mampir juga aaah :)

Reply

hehe sangat bermanfaat infonya. memang anak-anak kalau sudah di tempat umum sering susah dikendalikan dan lebih gampang capek.
itu sih dari pengamatan saya.

Reply