Menu
/
Kita berbenah sejenak, dimana tahun 2016 ini masyarakat Indonesia siap tidak siap harus siap menghadai MEA. Persaingan pasar dengan para produsen luar negeri akan sama-sama berebut pasar. Selain menjadikan kualitas produk nomor satu, inovasi terbaru maka menguasai bahasa Asing juga menjadi salah satu syarat agar bisa tetap bertahan dari market internasional. 

Kita akan muhasabah  bagaimana Indonesia 10 tahun terakhir ini, perkiraan dari tahun 2006-2016, apakah Indonesia telah maju atau sebaliknya? 

Kacamata Teknologi 

2006 mungkin Anda sangat senang pakai handphone nokia dengan nada poliponik, tuts keyboard bikin jempol kapalan kalau kebanyakan ngetik. Bisa SMS dan telpon sudah menjadi hal yang membahagiakan.Namun saat ini, handphone canggih telah bertebaran dengan aneka produck bukan satu dua tiga saja. Begitu banyak handphone super keren dengan fasilitas tak kalah seperti perpaduan laptop dengan handphone. Manusia dimanjakan dengan aktivitas mobile yang beraneka ragam. Mau update sosmed bisa langsung foto dan lempar ke Instagram, mau berkicau langsung ngetwit di twitter dan bisa tranding topic jika bahas sesuatu yang ekstrim, salah satu yang lagi trending topic adalah kicauan seorang koko China yang mengetwit tentang ibu rumah tanga vs ibu bekerja. Dunia wanita tak akan pernah sepi dari pembicaraan.  Kabar terbarunya dari inet.detik.com twitter yang ruangnya terbatas 140 karakter ini dibawah komando CEO Jack Dorsey mau bikin gebrakan dalam hal limitasi cuitan bisa 1000 cuitan. Apakah makin banyak yang bercuit-cuitan dengan lambang burung biru tersebut.

Adalagi group chating, dulu 2006 pasti inget MLRC, yahoo messenger, plaza.com, eBuddy dan Moren V. Saya pakai semua aplikasi diatas, sudah senang banget. Handphone masih java sudah bisa chating dan berbagi gambar dengan teman kuliah. Saat ini aplikasi chating begitu banyak bertaburan.  Seperti whatsapp yang kapasitas ngerumpi dengan 100 anggota atau telegram dengan kapasitas  ruang yang lebih besar serta bisa kirim dokumen. Line, Beetalk, BBM dan masih banyak yang lainnya. Bahkan handphone saat ini selalu penuh notif. Bayangkan jika satu manusia saja ikut beberapa groum, dari group rumpian chating alumni TK, alumni SD, alumni SMP hingga kuliah. Belum lagi group chating teman kantor, teman seperumahan satu RT RW, juga teman komunitas. Teman arisan, kemudian group keluarga besar. Hingga memang benar waktu lalu national geographic menyebutkan bahwa tahun mendatang manusia akan lebih banyak berkomunikasi online. Artinya silaturahmi di dunia nyata semakin sedikit bahkan dimoment istimewa pun banyak yang dilewati hanya dengan video call. Sedangkan waktu kebersamaan dengan keuarga begitu berharga. Semoga kecanggihan teknologi ini tak membuat jarak semakin melebar.  Jadi bagaimana menurut Anda dengan salah satu slogan yang sering kita dengar bahwa kecanggihan internet bisa  “mendekatkan  yang jauh, menjauhkan yang dekat.”  
Masih dengan internet, dengan ini kita bisa berselancar atau surfing menjelajahi dunia dan mencari informasi yang ingin kita ketahui. Dari kata surfing ini kita bisa tangkap lagi beberapa kata yaitu browsing, searching, mail, chating dan blogging. Semua diambil dari bahasa Inggris. Saya jelaskan satu persatu

- Browsing berasal dari kata browse yang artinya adalah melihat-lihat atau membaca-baca. Jadi browsing adalah kegiatan melihat-lihat atau membaca-baca informasi melalui internet. Saat ini hampir semua anak sekolah tahu istilah ini. Memang sejak SD melek internet sudah diajarkan. Maka jangan heran anak kecil sudah jago berselancar diinternet. Asal orangtua terus mendampingi maka anak akan dapat meraup jutaan ilmu yang bertebaran di Internet. Mau bisa main piano tinggal lihat youtube banyak teknik bermain piano yang diupload disana. Mau belajar bahasa asing pun bisa. Asal jangan kebebasan internet yang kebablasan, artinya anak tanpa pengawasan orangtua akhirnya melihat hal buruk yang banyak juga bertebaran, seperti video sex yang bisa merusak otak anak-anak, game online dengan ada sisipan hadiah wanita untuk dijadikan hiburan, semua harus tanggung jawab orangtua. Jangan bebas yang kebablasan.

- Searching berasal dari kata search yang artinya mencari. Seperti browsing searching pun harus selalu diawasi. Beri edukasi kepada anak untuk memiliki jalan hidup yang tidak bebas atau jauh dari agama. Karena anak tanpa agama hanya akan lahir generasi bebas tanpa batas. Jadikan ia anak sholeh yang menjadi mahkota syurga bagi kedua orangtua.  Maka maju mundurnya peradaban salah satunya dari keluarga. 
Ketika memasuki mesin telusur banyak yang langsung ke google penelusuran dan memilih membaca artikel ke Wikipedia. Wikipedia adalah situs web ensiklopedia yang inginya terdiri atas berbagai macaam pokok bahasan, seperti sejarah, ilmu pengetahuan dan lainnya. Beroperasi mulai tahun 2001 serta dapat diakses dalam berbagai bahasa. Sedangkan Wikipedia dalam bahasa Indonesia baru bisa pada tahun 2003. Artikel-artikel iini berasal dari kerjasama dengan para ilmuan di seluruh dunia. Arti dari Wikipedia sendiri adalah wiki yaitu siapapun, pedia dari ensiklopedia. Jadi Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang dapat disunting, diperbarui, ditambahkan informasinya dalam artikel-artikel oleh siapa pun. Dengan syarat harus memberi informasi yang benar dan akurat tentang suatu topic. 

- Email , mungkin dahulu datang pak pos bawa amplop surat itu hal yang paling mendebarkan. Namun saat ini cukup memiliki email kita bebas bersurat-suratan bukan hanya dalam negeri tetapi bisa sampai keluar negeri. Kemajuan ini tentu sangat membantu sekali, selain menghemat kertas jadi lebih go green juga bisa mengirimkan surat sebanyak-banyaknya tanpa batas. Email atau electronic mail atau surat elektonik merupakan kemajuan yang sangat berarti. Saat ini email bukan hanya mengirim surat, tetapi bagi yang berjualan ebook , video tutorial kadang pengirimannya by email. 

- Chating berasal dari kata chat artinya bercakap-cakap.  Seperti saya jelaskan di atas chating bisa saja sebuah kemajuan namun tetap silaturahmi di dunia nyata itu perlu. 

- Blog merupakan singkatan dari weblog. Disini menjadi tempat kita menulis online hal apapun yang kita inginkan. Saya pun sudah memiliki blog sejak 10 tahun silam tetapi blog sejak masih zaman unyu ini hanya berisikan puisi dan celoteh remaja yang sedang belajar memahami kehidupan. Namun saat ini di blog ini bukan hanya saya tulis tentang celoteh-celoteh harian saya, tetapi postingan ada yang beberapa berbayar dari klien sponsor, atau ada juga artikel yang dikirim klien. Jadi kemajuan dari dunia blog ini begitu pesat. Banyak melahirkan blogger-blogger yang mempunyai penghasilan. Walau di luar negeri juga banyak seleb blogger yang sudah menikmati hasil keuntungan dari blognya.  Seperti postingan di kokonata.Net bahwa Cirebon menjadi salah satu kota melek internet berkat jasa blogger Cirebon. Begitu amazingnya kekuatan blog saat ini. Mau membukukan blog itupun bisa, profesi blogger saat ini sudah diakui. 


Kemajuan yang terjadi di Indonesia  ada kekurangan dan kelebihannya.


Kekurangannya tentu terjadi karena terlalu bebas, kurangnya aturan ketat dan pengawasan yang lolos dari berbagai pihak yang terkait, sehingga :
- Semaraknya pornografi baik di youtube atau menjadi pesan berantai dari aplikasi chating yang digunakan tidak pada rambunya.
- Penggunaan yang berlebihan dan berdampak negative, seperti kecanduan game online
- Silaturahmi di dunia nyata semakin berkurang. 
- Menjadi makhluk individualis
- Matrealistis
- Dekadensi moral
- Ketergantungan gadget. 
- Gaya hedonis yang semakin semarak. 

Kebaikannya adalah mempercepat, mempermudah, memfasilitasi, dan membantu pekerjaan manusia  menjadi lebih mudah.

Selalu ada harapan untuk Indonesia lebih baik. 


Salam Menulis



Sumber 
A. Hapiddin, 2009. Tiga Serangkai
berbagai sumber dari blog
6 comments

Teknologi sangat penting untuk kemajuan Indonesia saat ini, jika tidak dipergunakan dengan baik maka kita semakin tertinggal. Salam hangat dari Aceh :)

Reply

Tantangan untuk para orangtua, jangan gaptek karena bisa ketinggalan sama anak-anaknya.

Reply

Tergantung bagaimana menggunakan teknologi tersebut juga. :)

Reply

salam kenal juga Bai Ruindra. Terima kasih sudah berkunjung kesini saya juga mau mampir ke blog nya Bai ya.

Reply

Benar sekali mba Hana. Terima kasih udah mampir ya. Saya mau silaturahmi juga ke mba Hana.

Reply

Iyap betul sekali mba Anisa Ae. hihihi semoga ke arah positif ya demi kemajuan bangsa. aminn.

Reply