Menu
/
Halo Blogger

Anda yang punya blog sudah  bisa dikatakan blogger, asyikkan. Profesi yang saat ini dibelahan dunia sudah banyak diakui. Rezeki dari nge-blog pun bisa dikatakan beraneka macam,buanyak banget. Yang penting Anda komitmen saja menulis dari hati maka rezeki itu akan datang sendiri.

Ada Apa Dengan Blog?

Setiap orang yang mempunyai blog memiliki tujuan masing-masing. Ada yang hanya dijadikan curhatan pribadi alias buku cacatan harian online, ada yang menulis di blog untuk merekam jejak (misalnya travelling, berburu kuliner, nginepdi hotel, dll) atau menjadikan blog seperti buku sendiri bikin blog khusus resep masakan dapur, blog khusus catatan pelajaran di kampus, blog khusus menuliskan tumbuh kembang anak, dan masih banyak lagi. 


Hasil Dari Nulis Di Blog Itu Apa?

Hasil dari blog tentu banyak sekali, seperti saya misalnya dapat job review yang bayarnya masih recehan. Tapi Alhamdulillah jadi ada tambahan beli pulsa. Dapat tawaran menulis di website-website walau belum saya ambil semua, berhubung mentok dijam terbang menulis sambil ngurus dua bocil yang aktif-aktif banget. Selain itu dari menulis di Blog ternyata bisa dibukukan!. Wow luarbisa kan, data ga akan hilang dimakan virus, laptop dicuri, semua hal yang bikin naskahmu hilang. Inilah enaknya nge-blog.



Cara Mudah Mengubah Isi Blog Menjadi Buku

Caranya mudah, sudah pada punya blog kan? Kalau belum segera bikin, kalau sudah punya coba konsisten menuliskannya. Berikut langkah-langkahnya :
  • Buatlah Blog Anda adalah pasangan setia Anda
Hal ini akan membantu Anda semangat terus menulis di blog. Tanamkan pada niat Anda akan terus konsisten menulis di blog hingga project buku Anda selesai. Nge blog juga jadikan sesuatu hal yang menyenangkan, jangan jadi tekanan apalagi membuat Anda menjerit-jerit ketakutan,hihihi. Nge-blog yang santai bukan mau Nge-Bom.
  • Mulai menulis dengan tetap membuat konsep dahulu seperti menuliskan ide, mind  map dan outline.
Sudah dijelaskan pada kelas pertemuan sebelumnya, menuliskan tiga hal penting yaitu ide,mind map dan outline. bisa juga baca di postingan saya di  Menuliskan Ide,Mind Map dan Outline
  • Kemudian step by step inti dari outline dijabarkan.
Buat step by step ini bisa di buku atau di dokument word bisa juga di blog.
  • Mulailah menulis di blog, 
Beri judul dalam setiap postingan, beli satu label yang membuat postingan Anda terkumpul dalam satu folder, misal labelnya "Calon Buku KMO", ketiklah yang rapi dan enak dibaca.

Cara Mudah Membukukan Blog 

Selain blog kita dilirik editor, tidak salahnya jika kita yang mengajukan ke penerbit. Atau mau cara cepat yaitu dengan self publishing atau mau langsung berbagi manfaat dengan membuat buku digital (e-book) juga jadi pilihan yang cepat dan mudah.

Jangan Asal Nulis, Jadikan Blog Anda berkarakter

Kebanyakan orang menulis di blog ya semengalirnya air yang mengalir ke laut, mau cepat mau lambat,mau bagus atau tidak, suka-suka sendiri. Jika mau menuliskannya dengan resep gado-gado, semua ada di blog. Bagi para editor yang suka berseliweran di jagad perblogginggan dan mencari blogger yang memiliki blog yang berkarakter untuk dicolek dijadikan buku. Senangkan, ada editor juga yang berkunjung dan betah baca-baca naskah buku kita, bisa jadi dia komen dan langsung kirim email mengajukan perihal lamaran naskah di blog Anda. Seperti berjualan online, blog juga bisa salah satu ajang branding penulis dan juga promo hasil dari tulisan Anda,lho. 

Blog yang berkarakter, blog yang unik dan juga berbau khas terendiri akan menjadikan blog Anda berbeda dengan yang lainnya. Mau pakai blog gratian atau dengan mantap menggunakan blog dengan domain nama sendiri itu pun  pilihan Anda. Anda baca juga postingan saya tentang bikin domain pribadi.

Yang paling penting adalah jadilah diri sendiri, menjadi blogger yang sehat postingannya penuh gizi dan banyak manfaat. Jadi ladang pahala juga,kan.

Salam Menulis
14 comments

Thank ilmunya bu ...
Jazaakillah

Mampir-mampir ke www.ahsanulfikri.wordpress.com hehehe

Reply

Terima kasih teh erna ilmunyanya, terutama itu lho gunanya kasih tag supaya gampang nyarinya, ternyata itu yah gunanya, keren banget, nice

Reply

Insya Allah langsung saya praktekkan,

Reply

Terima kasih Eka kunjungannya. Semangat nge blog ya Eka

Reply

Sama-sama Fikri. Oke sudah mampir ke blognya fikri dan sudah komen-komen juga. Makasi ya sudah berkunjung

Reply

Sama-sama Eka. Berbagi dan silaturahmi. Salamblogger :)

Reply

Blogku belum berkarakter, mbak, masih gado-gado. Susah kayaknya ya kalo dijadikan buku. Mana banyaknya curhat lagi. Kalo pun dibikin buku, pastj kudu indie. Dan untuk koleksi pribadi. Gak kan ada yang beli kayaknya... *pesimis* :D

Reply

Bu editor main ke blog saya yang masih apalah-apalah. Terima kasih ya bu Editor. Salam semangat ngeblog :)

Reply

sama-sama. Terima kasih juga telah berkunjung.

Reply

mba Erna,
blog nya keren. semoga terus berkarya, dan mengajarkan kita yang masih unyu2 ini hehehe
cheers
ian liga
https://ianliga.wordpress.com/

Reply

mbak erna, sangat membantu tuisannya... makasih ya.

Reply

Alhamdulillah setelah baca blog ini, jadi tambah semangat ngeblog

Reply

Kalau blog gado2 apa bisa dijadikan buku juga Mak?

Reply