Menu
/
Anak-anak rentan terkena penyakit. Penyebabnya banyak sekali, diantaranya mereka belum paham akan bahaya tertular dari berbagai jenis penyakit yang beredar disekitarnya. Seperti ketika temannya flu, batuk, atau sakit mata. Di sekolah, di lapangan bahkan ketika temannya bermain ke rumah pun bisa saja teman-temannya tersebut sedang mengalami gejala sakit. Membuat pemahaman kepada anak-anak dengan cara banyak melarang di berbagai aktivitas mereka pun akan membuat mereka bersedih. Buku Syifa dan Stetoskop Ajaib karya bunda Sri Widiyastuti ini memang sangat luarbiasa dan penuh manfaat. 


Buku yang berkisah tentang petualangan Syifa, anak perempuan kelas 3 SD. Syifa, memiliki cita-cita ingin menjadi dokter. Suatu hari Syifa mengikuti perlombaan dokter kecil yang diselenggarakan Dinas Kesehatan di Kotanya. Syifa berhasil menjadi juara pertama dan mendapatkan piala serta hadiah yang dibungkus kado warna coklat dan pita warna biru. Setelah di rumah, Syifa langsung membuka hadiahnya. Ternyata hadiahnya adalah stetoskop. Stetoskop itu mengejutkan Syifa, karena bisa bergerak dan berbicara. Ternyata stetoskop yang dimiliki Syifa, stetoskop ajaib bernama Stevi. Stevi akan menemanu Syifa hingga menjadi dokter . Seperti yang dahulu stevi temani, saat ini tuannya sudah jadi dokter spesialis. Tentu Syifa sangat senang memiliki sahabat setia seperti Stevi. 

Syifa dan Stevi memulai petualangan seru dengan mencari tahu penyakit –penyakit yang diderita oleh teman-teman syifa. Seperti ketika Vania tidak masuk sekolah karena matanya bintitan. Syifa pun bertanya pada Stevi tentang penyebab bintitan. Apa benar mengintip bisa jadi  bintitan, seperti kata Bimo. Stevi tertawa geli karena tidak ada hubungan antara mengintip dan bintitan. Bintitan itu terjadi karena mata kemasukan kuman-kuman. Sehingga ketika mengucek mata dengan tangan kotor, jadilah kuman-kuman itu membangun rumah di tepi kelopak mata vania. 

Masih banyak kisah lainnya seperti, kenapa ingus Beno hijau?, kenapa Nisa cegukan?, kenapa cantengan, kenapa adik bayi demam?, Beben mimisan, Winda pingsan, gigi Shofi sakit, telur bisul, kamal disunat, makan ikan, cacingan?, dan kisah seru lainnya. 


Mengenalkan dunia kesehatan lewat dongeng. Bahasa yang mudah dipahami dan ilustrasi yang menarik, serta setiap halaman full colour. Akan membuat anak suka membaca buku ini dan yang terpenting anak-anak dapat menjaga kebersihan dirinya agar terhindar dari penyakit, serta mengetahui jenis penyakit yang terjadi disekitar teman-temannya.  Buku sehat dan mencerdaskan ini wajib dimiliki anak-anak, baca dan juga pahami. Jadi stop rangkaian penularan penyakit dan mewaspadai tertular penyakit. Yuk, belajar hidup sehat dimulai dengan membaca buku Syifa dan Stetoskop Ajaib. 

Detail buku :
Judul : Syifa dan Stetoskop Ajaib
Penulis : Sri Widiyastuti
Penerbit :  DAR! MIZAN
Tahun : 2015
Halaman : 124 halaman


Ulasan  Buku Syifa dan Stetoskop Ajaib ini diikutsertakan dalam acara INDONESIAN MOESLIM READING CHALLENGE (IMRC) 2015




3 comments

Nuhun teh Erna Mama Fatih, buku ini hasil pengamatan saya pada anak anak saya, bagaimana memahamkan anak anak agar mengerti terhadap penyakit yang seeing diderita mereka. Moga dengan kehadiran buku ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi anak dan memudahkan orang tua dalam memberikan informasi sebuah penyakit kepada anak dan Cara penangannya di Rumah.

Reply

kereeen deh buku ini, aku juga ikutan belajar nulis cerita anak hihihi

Reply

kereeen bukunyaa, pengen belii..makasih mba erna....

Reply