Menu
/
Setiap blogger pasti punya tujuan nge-blog masing-masing. Semua niat itu akan jadi feedback baginya di dunia perblogging-an. Saat ini, Emak gaol bikin lomba blog Go For It yang seru dan menuliskan kalimat tanya luar biasa  “apa yang sedang kamu kejar dalam kegiatan blogging-mu? “ saya jawab sendiri ya, sambil mengharap Andromax 4G LTE menghampiri (hihihi).  Yang saya kejar menjadi blogger sehat dan bermanfaat. Mendapat doa dari pembaca agar saya bisa terus berbagi dan mengispirasi lewat tulisan saya. Tujuan kepenulisan yang baik dan penuh manfaat akan banyak mencerahkan umat, syukur Alhamdulillah bisa menjadi komunitas blogger  penghuni syurga (amiin). Karena berdakwah bukan hanya sekedar lisan tetapi bisa juga dengan tulisan. Dari situlah tersimpan tabungan pahala yang bisa mengalir kepada diri penulis, dan semoga bisa diwariskan semangatnya dan sejarahnya kepada anak-anak, saudara-saudara, dan generasi penerus bangsa. 
Moto nge-blog, dibuat dari aplikasi picsArt


Adakah rezeki dari ngeblog itu? 
Saya jawab menurut pengalaman saya sendiri yang masih baru, jawabannya ada. Rezeki kan bukan hanya yang terlihat dimata saja , bisa juga yang tak terlihat, seperti nambah pertemanan, tambah ilmu, dapat job, nambah koleksi buku bacaan (emak-emakdoyanbacabuku). 

Awalnya saya membuat blog gratisan, berisi tulisan emak-emak yang baru punya bayi, lalu  saya punya bayi lagi (alias anak kedua). Menuliskan semua yang dilewati, berbagi dari hati bagai air sungai kecil yang mengalir menuju lautan yang luas. Begitu juga perjalanan blogging yang saya alami. Dari riak-riak kecil itu datang pertemanan dengan para blogger, ikut komunitas, dan juga mendapat ilmu-ilmu blogging yang sangat bermanfaat. Disambangi pembaca hingga bertemu job review  (sebuah kebetulan bukan tujuan), yang menghantarkan pada hasil berupa uang pulsa gratis, uang transferan lainnya dan akhirnya saya gunakan untuk  ganti menjadi domain pribadi dengan harga promosi 70ribu edisi bulan Agustus Ulangtahun Kemerdekaan RI yang lalu, belum genap sebulan usia blog berbayar saya ini. 
hadiah dari lomba blog, edit foto pakai aplikasi photo grid

Belum selesai juga,  job review buku berdatangan, awalnya saya sering dapat keluhan dari suami karena kalau ada bookfair saya suka kalap beli buku bisa seransel. Walau memang dari uang tabungan sendiri (ga beli bedak, tapi ditabung buat beli buku aja). Ternyata mencintai dunia blogging ini buku-buku malah berdatangan sendiri, ada yang dari penulis maupun penerbit. Juga job-job review lainnya yang berdatangan. 

Diih Cuma segitu aja, bangga! 
Iya saya selalu bersyukur apa saja yang saya dapatkan dari profesi menjadi “blogger baru” ini. Walau hasilnya belum seperti blogger professional yang sudah ngipas-ngipas pakai dollar, pulang pergi ke luar negeri sesuka hati, dan juga dikenal jutaan orang. Saya tahu, untuk sampai proses itu tidak akan bisa dalam waktu satu malam. Menurut buku Evil plans, blog itu tidak akan menulis sendiri, maka Andalah yang menuliskannya. Jadi untuk selalu setia pada dunia blogging maka rajin-rajinlah menulis. menggunakan bahasa kejujuran dan bahasa yang Anda pahami. 

Cinta adalah memberi. Kebahagian adanya pada hati sendiri. Jika bahagia dengan pencapaian saat ini itulah rasa syukur.  Belajar tak pernah mengenal kata terlambat, tak pernah mengenal kata selesai. Selama hayat masih dikandung badan, belajar itu perlu. Jadi saya juga masih belajar, belajar  dan belajar menuju blogger yang sehat dan menyehatkan. 
"Blogger Sehat, postingannya bergizi dan penuh manfaat"
Walaupun nyemplung jadi blogger ketika sudah menjadi emak-emak, tidak ada masalah. Selama mau belajar.  Sebagai emak yang masih riweuh sama urusan ompol bayi dan sering waktunya terbuang untuk membereskan mainan anak-anak, maka untuk menulis di blog sekaligus sampai posting tidaklah sempat. Maka banyak aplikasi yang digunakan dalam sebuah tulisan ini, diantaranya :
Facebook : Disinilah awal muasal saya dapat link lomba emak gaol. Terus saya buka link lombanya lalu saya share ke whatsapp group pribadi saya berjudul “Lomba-Lomba”

Whatsapp : saya bikin group sendiri, gunanya kalau ada link lomba saya simpan ke whatsapp group saya, baik link atau foto, tujuannya memudahkan saya untuk mengejar lomba yang akan saya ikuti. Kalau di group kepenulisan atau group blogger pasti sudah kelelep notif yang lain.

Photo grid : Gunanya untuk mengedit foto-foto, membuat animasi, dan  membuat quote.
video


PicsArt: Gunanya untuk mengedit foto, membuat tulisan dengan aneka huruf font yang menarik. 

Blogspot : gunanya untuk mengetik di blog, kemudian posting saja.  Nanti kalau sempat buka laptop (biasanya malam, ketika anak-anak tidur) baru edit lagi postingan, dirapihkan dan ditambah-tambah gambarnya.
aplikasi blogspot yang di instal di hp. Membantu menulis draf atau posting blog secara cepat.

Begitulah senjata emak blogger untuk tetap bisa berbagi di blog. Menjadi Blogger sehat dan penuh manfaat.





1 comments: