Menu
/
Meresensi sebuah novel memiliki tantangan tersendiri. Yaitu sebelum meresensikan buku harus benar-benar dibaca (hehehe semua buku yang mau diresensi WAJIB kaleee). Yup pahami jalan cerita novel tersebut. Siapa tokoh utama, tokoh pembantu, dan semua yang berkaitan dengan cerita di novel tersebut, termasuk setting dan alur juga ya. 

Yuk Belajar menulis resensi novel anak. Sebelumnya baca juga :


Mengajarkan kebaikan kepada anak biasanya dengan cara memberi contoh langsung dari orangtua, guru dan lingkungan. Cara ini begitu ampuh karena dapat membimbing anak untuk selalu berbuat baik. Namun tak melulu anak-anak selalu mudah diatur secara mulus. Terkadang para orangtua harus melakukan perjuangan yang ekstra agar anak-anak memahami sebuah peraturan dan konsekuensi dari pelanggaran. Mengajarkan kebaikan kepada anak tak hanya dengan cara lisan tetapi bisa juga lewat tulisan. Salah satunya adalah melalui buku bacaan.

Buku  Misteri Delman Merah Jambu salah satu bacaan referensi untuk anak-anak. Dalam buku ini banyak pelajaran yang bisa diambil hikmahnya melalui sebuah cerita. Penulis membuat tulisannya tidak terkesan menggurui. Anak-anak diajarkan untuk mengenal peraturan, memahami sebuah janji, berbakti kepada orangtua, mengaji, mengerti arti sebuah persahabatan, belajar menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan.

Peraturan biasanya dibuat untuk menertibkan, membuat aman dan nyaman. Tetapi kali ini peraturan baru dari Pak Kades bikin penasaran serta diiringi kejadian misteri. Kisah berawal dari Pak Guru yang menyampaikan pengumuman dari Pak Kades kepada seluruh murid SD NUSA BAKTI.  Peraturan baru yang membuat penasaran karena semua anak yang berusia di bawah lima belas tahun, harus sudah berada di rumah sebelum pukul tujuh malam.

Alva murid kelas 6 SD memberanikan diri untuk bertanya, pak Guru tak menjawab dan terdiam sejenak. Namun dari belakang kelas,  Awan mengaitkan dengan kisah Misteri Delman Merah Jambu. Serempak anak-anak menjadi bertanya dan semakin ingin tahu. Ilham anak Pak Kades pun tak bisa menjawab pertanyaan-pertayaan dari teman-temannya. Semua pun kecewa.

Misteri Delman Merah Jambu pengendaranya hantu cantik yang bisa membuat orang yang melihatnya sakit, kini kembali menjadi pembicaraan di desa Progowati. Ketika Rara  anak Pak Kades sekaligus kakaknya Ilham melihat delman itu dan Rara pun sakit.

Alva yang dari awal tidak percaya adanya hantu mengajak teman-temannya Ilham dan Randu untuk menyelidiki kasus ini. Tetapi ilham tidak bisa ikut karena sedang dihukum akibat tidak menepati janji menjemput kakaknya Rara, dan Randu memang tidak dapat izin dari Paklik dan Buklik, paman dan bibinya Randu yang telah mengangkat Randu menjadi anak mereka. Alva pun sebal dengan sikap kedua sahabatnya.

Alva mengajak Dania, adik kelas sekaligus tetangganya itu untuk melakukan penyelidikan. Alva dan Dania pun melihat Delman Merah Jambu, yang membuat Dania langsung sakit.

Bagaimana kisah persahabatan Alva, Dania, Randu dan Ilham? Berhasilkah Alva melakukan penyelidikan sampai tuntas tentang Misteri Delman Merah Jambu dan adakah kaitannya dengan peraturan baru dari Pak Kades?

Kisah Alva dan kawan-kawan mengajarkan anak-anak untuk menghilangkan rasa takut terutama pada hantu, mitos dan hal-hal yang tentu bertentangan dengan ajaran agama. Buku bacaan yang menarik, bahasa ringan dan mudah dipahami anak-anak. Belajar menjadi terasa menyenangkan. Satu hal penting untuk semua orangtua adalah sebelum memberikan buku kepada anak, bacalah dahulu oleh orangtua buku tersebut hingga selesai. Karena orangtua adalah filter terbaik untuk buah hati tercinta.

Misteri Delman Merah JambuDetail buku

Judul                : Misteri Delman Merah Jambu
Penulis             : Aprilina Prastari
Penerbit           :  DAR! MIZAN
Harga               : Rp. 35,000,-

Resensi ini telah diterbitkan juga di BersamaDakwah.Net