Menu
/
Kelas Menulis Online (KMO) kali ini kedatangan guest pembicara yaitu Mas Indra Permana. Mas Indra ini adalah penulis buku berjudul Resign Yang Sukses. mau tahu kesuksesan beliau yuk kita simak, rangkuman materinya. 



KMO
Indra Permana Penulis Buku Resign Yang Sukses di KMO Class
"Assalamualaikum. selamat petang teman2 semua...
makasih mas tendi.  #salaman." Mas Indra. 
"Supaya mas indra leluasa bahasnya, silent dulu ya.  Kalau mas indra nanya, baru boleh pada muncul. Silahkan mas indra untuk berbagi ilmunke kita2 ya.." Coach Tendi.

 Makasih banget udah meluangkan waktunya di grup ini. Yes ok kita mulai... ntar kalo saya bilang silakan bertanya baru pada nanya ya... ok berhubung saya ditodongnya dadakan, jd saya blm siapkan notes. jd saya akan banyak ketik di sini. teman2 kalo mau jadi penulis, hrs mikirnya gimana spy tulisan itu dibaca orang, bukan mikir gimana nanti royaltinya, gmn nanti terkenalnya.  nulis lalu dibaca orang banyak itu gak mudah lho.  baca 100 an halaman klo tulisan kita ga jelas (ini nanti saya jelaskan), ditambah lg kita bukan siapa2, orang mana mau membaca buku kita.

Dahulu saya ngeblog.  jd langkah awal utk bisa menjadi penulis adalah mulai nulis dr yg sangat sederhana; diary misalnya,  rajin posting ke fanpage, dan yg saya tulis di blog bukan copas, murni pikiran sendiri.  enaknya ngeblog orang gak tau identitas kita, jadi bodo amat kalo tulisan kita dianggap ga bagus. enaknya nulis di sosmed atau blog kita bisa ngukur pembaca kita, brp banyak trafik, brp banyak likes, brp banyak share. dr situ bisa kita analisa sendiri kita bagusnya dmn, orang2 suka tulisan kita yg spt apa.  dari situ kenal yg namanya huge traffic (trafik yg sangat besar)  klo tulisan kita sdh terkumpul banyak, meluas, maka Google makin sering mendatangkan trafik. makanya penting punya blog. 

Dunia online saya mengenalkan saya sama seorang admin fanpage islam terbesar di facebook, iLoveAllaah.com. dia seorang bangladesh. saya banyak nerjemahin tulisan2 yg bhs inggris lalu saya post di blog dan website dia. lanjut...
krn sdh terasah, sering, intuisi jd tajam. kadang kita nyeplos pun bisa dipanjangin jd cerita. krn kebiasaan nulis kecil itu saya jd tau mana yg orang2 suka mana yg orang2 biasa aja dgn tulisan kita. singkat cerita,, blog saya udah banyak pengunjungnya, lalu saya pasangin adsense, dpt duit. lalu belajar lebih tinggi lagi yaitu toko online... eh duitnya lebih besar. yaudah alhasil fokus ke toko online, bloggingnya berhenti. sesekali nulis ttg bisnis di website toko online buat datengin traffik. tp itupun cuma 2 tahunan, akhirnya berhenti lg nulisnya krn websitenya makin besar. 

Setelah sukses di toko online, ada sistem berjalan, saya pergi jalan2 mulu hehe.... sampai akhirnya bingung ngapain lagi ni ya hidup. Akhirnya ikut seminar mas Ippho. nah ini rahasia terbesar saya dlm karir menulis: saya dibantu mas ippho
 krn bisnis udah settle, saya jd semangat utk nulis lg. maka saya fokuskan utk menulis buku. Apakah mas ippho membimbing? tidak. sama sekali tidak.
 dgn anda punya mentor, anda akan semangat dan terarah. Perlu tmn2 ketahui mas ippho guru saya dan jg guru mas tendi adalah seorang guru yg sangat strict. beliau saya jadikan buat pemicu saya aja bahwa saya hrs  finish writing dan jadi buku (jd semacam pemicu gitu).  nah skrg ttg tulisan yg jelas
 klo anda ga pernah update status jgn harap anda bisa jd penulis. how come??
 klo anda ga pernah membaca buku, jgn mimpi anda bisa jd penulis. bagaimana mungkin?? Jadi  masalah tulisan jelas itu, masing2 orang passion nulisnya beda2
 klo teknisnya sendiri juga beda2... ini bagusnya dibahas di workshop. kadang saya nulis dr belakang ke depan. Ada yg jago di komedi, cinta, bisnis. pilih satu dan tajamkan di situ.  kadang buku blm selesai covernya saya selesaikan duluan hehehe.  jd intinya, tmn2 perbanyak nulis kecil dulu lah.... asah insting.  ntar mau nulis dari angle manapun bisa.

Ini dulu paling yg bisa saya bahas di sini. sbnrnya bahas nulis buku itu luas. ttg marketingnya, ttg kreatifitasnya, ttg brandingnya, dll.  skrg sisa waktunya boleh buat tanya jawab. tp mhn maaf sblmnya kalo ga semua pertanyaan bisa saya jawab ya... Silahkan kl ada yang mau nanya man teman..
Nanya mas : "kalau pembahasan di buku kita membahas kehebatan salah satu tokoh, apakah harus izin dulu? Misalnya, donald trump." dan "Pengalaman Mas Indra, pengalaman yg paling sulit dlm buat buku apa?"

Jawab : "utk tokoh ga mesti izin, tp ada tanggung jawab moral, misal ternyata si tokoh kemudian bermasalah. gitu." 
pengalaman paling sulit ada yg namanya second book syndrome. jd kesulitan nulis buku setelah buku pertama sudah jadi. alhamdulillah ini sudah saya lalui. buku kedua saya sebentar lg terbit.

silakan follow saya di twitter @indra5benua
atau fb Indra Lima Benua
pin bb saya 53D12F0A

Nanya lagi : "pertimbangan mas indra, di bukunya, ada jaminan 100% kembali itu bagaimana? Selama ini ada yg komplain kah?" Ayo ada yang mau nanya lagi nggak? Mumpung orangnya disini... banyakin nanya... misalnya gimana caranya bisa best seller dll... rugi kl ga pada nanya..
Jawab : "nggak ada" mungkin saya jelasinnya kecepetan kali ya.  

Nanya : "Berapa lama proses pembuatan buku resign yang sukses mas indra ?"
 Jawab : "tiga bulan doang hehe"

Nanya lagi :  ini buku saya skrg udah naik cetak. Beberapa hari lagi udah selesai, tapi pihak penerbit minta saya beli 700 eksemplar, gimana cara jualin buku sebanyak itu? Padahal toh bukunya tersebar di seluruh gramed? 
Jawab :  kamu hrs banyak sounding dan promosi.

Nanya lagi : ini buku saya skrg udah naik cetak. Beberapa hari lagi udah selesai, tapi pihak penerbit minta saya beli 700 eksemplar, gimana cara jualin buku sebanyak itu? Padahal toh bukunya tersebar di seluruh gramed? πŸ™πŸ˜„
Jawab : bentuk pasukan

Tanya :Dalam sehari bisa tulis berapa halaman mas ? 
Jawab : tergantung. kadang satu dua baris doang
Tanya : Gimana caranya supaya tulisan kita bisa mudah diterima dan dibaca orang banyak mas? 
Jawab : menyentuh emosi
Tanya : Mas indra... Cara efektif bentuk pasukan gimana? 
Jawab :  tawarkan benefit
Tanya : Itu murni dari pikiran mas indra atau ada yang mas indra ambil dari buku lain .
Tanya : Bagaimna caranya agar kita tetap kontinyu dalm menulis... karna terkdg saya mengalami kejenuhan... apalagi bila khbisan materi
Jawab : bikin kerangka karangan dulu
Jawab :  murni
iya, klo kayak gitu endapkan tulisan dulu selama beberapa minggu. nanti buka lagi wordnya, lanjutin aja jgn edit dulu.

 Tanya : Ohh iyaa mas indra gimana caranya ngatasin rasa malas dan bosen ?
 Jawab : gini tmn2, ga ada proses berhasil yg instant. wajar semua kesulitan itu kalian dapatkan.  saya sebelumnya dua kali ditolak penerbit.  yg ketiga ini mas ippho yg nelpon editornya di depan saya. hehe... Tuhan Maha Adil. teruskan semua perjuanganmu 😊πŸ’ͺπŸ»πŸ‘ŠπŸ»
Tanya : saya sebelumnya dua kali ditolak penerbit == naskah yg sama?
Jawab : beda.  Dan yg ini dua bulan alhamdulillah best seller

Tanya : Cara mendatangkan traffik dan supaya blog kita dilirik pembaca, gimana ya mas Indra?
Jawab : saran saya, anda ga usah sering2 konsultasi ke mas tendi. tapi berikan bukti. πŸ˜„
Jawab : Cara mendatangkan traffik dan supaya blog kita dilirik pembaca, gimana ya mas Indra?  terus menulis scr orisinil. google suka yg selalu update bukan copas. 
Dateng2 saya bawa naskah yg udah diprint, terus saya kasih ke mas ippho. terus apakah dibaca? disentuh aja nggak! πŸ˜‚
 ini pin bb saya 53D12F0A
silakan invite utk update saya terbaru
 atau follow @indra5benua
 facebook silakan search Indra Lima Benua
 add juga no wa saya sapa tau bermanfaat
 klo mau undang2 saya silakan aja, gratis, biar saya bisa berbagi lebih banyak
sering2 update status.
Jawab :saya disuruh pulang
Tanya : serius
Jawab : yg duet akan buat charity, mohon doanya ya biar dimudahkan. mas ipphonya sibuk bingits
Tanya : 1 lg mas. Benefit: Apa aja bentuknya mas? Yg biasa mas indra tawarkan? Ke pasukan benefit itu harus pasukan dapatkan scr langsung. misal pasukan indrajit, benefitnya dia dpt ilmu dari saya (ini benefit langsung). kalo benefit tdk langsungnya berupa komisi. klo dia ga bisa jual kan ga bisa dapet.
Tanya :Mas Indra saya sedang mengikuti project pribadi dibantu oleh penerbit, saya pilih kumpulan cerpen. Dalam satu buku baguskah jika didalamnya ada beberapa kisah yang berkaitan, satu tokoh tapi beda2 cerita dan judul namun berkaitan kisahnya? 
Jawab : boleh. salah satu buku Dee Lestari juga gitu
Tanya :keluarga gmn mas perannya?
Jawab : kita hrs terus terang kita lg nulis buku. minta doanya

Pertanyaan dari Mas Indra sebelum kelas berakhir : 
"seandainya anda HANYA bisa jd penulis dan dapat royalti misal 2 juta perbulan. apakah anda masih mau jd penulis??" 
Jawaban peserta :
- seandainya anda HANYA bisa jd penulis dan dapat royalti misal 2 juta perbulan. apakah anda masih mau jd penulis?? ->>> MASIH
Laniutkan mas..
- Tujuan menulis saya lebih dr itu. Semoga tulisan saya menjadi virus kebaikan dan bekal/tabungan akherat. Aamiin.

Iya endorsement itu salah satu cara
Saya kasih tahu... asma nadia itu nulis 50 buku. awalnya ya kalo cuma satu buku royaltinya dikit. tp klo emg udah passion, dia akan terus nulis... hingga akhirnya malah jalan2 keliling dunia berkat nulis.

 Mas indra makasih ya udah berbagi disini....
 oke sekian dulu dr saya. makasih mas tendi atas kesempatanna. semoga bermanfaat.
mhn maaf kalo saya ada kata2 yg kurang berkenan.

Pesan dari Coach Tendi : 
Kalau naskah terbit dan royalti seuprit, masih yakin mau nulis? Kl hanya dokus pada duit, saya yakin nulis jadi sulit
 Tapi fokuslah pada memberi, proses nulis jadi lebih happy

3 comments

Bagus banget blognya. Makasih ya! Semangat berbagi :)

Reply

Wah dikunjungi mas Indra Permana. Makasi banyak ilmu dan juga kunjungannya

Reply

Akhirnya bisa baca lagi hasil kelas
Udh bnyak Yg lupa hehehehe
Makasih Teh Erna
Makasih Ilmu para coach KMO dan patnernya

Reply