Menu
/


Orang tua selalu ingin memberikan perawatan terbaik bagi buah hatinya. Hanya, banyak orang tua tidak tahu caranya. Mereka sering melakukan hanya berdasar kebiasaan, mitos, atau kata orang yang belum tentu benar dan baik untuk pertumbuhan anak-anak.



Banyak orang tua tidak berminat mencari ilmu cara merawat anak dengan benar. Padahal, sudah banyak buku dan artikel-artikel di majalah atau internet yang membahas perawatan bayi. 


Maka, buku Sepele tapi Penting, 77 Kesalahan Orangtua yang Membahayakan Kesehatan dan Keselamatan Anak perlu dibaca para ibu, ayah, dan calon orang tua.

Buku ini berisikan Catatan Bunda I tentang makan dan minum; Catatan Bunda II tentang mandi, pakaian, dan perawatan tubuh; Catatan Bunda III tentang tidur, bermain, dan belajar; serta Catatan Bunda IV mengenai anak sakit. 
Pada Catatan Bunda 1 dikutip pendapat Dr Carol Cooper dari bukunya Baby and Child Questions and Answer. Di sini dijelaskan pada dasarnya bayi hanya membutuhkan makanan lembut, bukan asin atau manis. Penjelasannya, memberi garam pada makanan bayi akan membuat ginjal semakin bekerja terlalu keras (hal 7). 

Catatan Bunda II berisi sering kali terlihat para orang tua meniup-niupkan makanan yang masih panas saat menyuapi. Tindakan ini dilarang karena menurut dr Dito Anurogo dikhawatirkan bayi akan terkontaminasi bakteri dari rongga mulut orang tua.

Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh bayi belum begitu kuat sehingga masih rentan terhadap penyakit. Cara paling bijaksana menunggu agar makanan adem baru disuapkan ke bayi (hal 15).


Catatan Bunda IV menjelaskan seharusnya saat anak demam, kompreslah dengan air hangat, bukan air dingin apalagi es. Menurut dr Waldi Nurhamzah, kompres dingin membuat pusaran pengaturan panas dalam tubuh kacau.
"Saraf-saraf yang digunakan untuk melihat/memantau suasana di luar tubuh menangkap kesan bahwa di luar tubuh dingin sehingga badan akan bertambah panas" (hal 96). 

Buku ini juga memuat pengalaman orang tua, wawancara dokter, ahli kesehatan, apoteker, serta referensi lainnya. Semoga dengan membaca buku ini kesalahan merawat anak pun dapat diminimalisasi. Masih banyak materi penting yang dapat disimak. Ada juga keterangan para ahli. Ada banyak solusi melakukan perawatan bayi. 


Diresensi Ernawati Lilys, S1 Bahasa Jepang, STBA JIA, Bekasi


Judul        : Sepele tapi Penting, 77 Kesalahan Orang Tua yang Membahayakan Kesehatan dan Keselamatan Anak

Penulis          : Aprilina Prastari
Penerbit        :  Gramedia
Tahun terbit  : 2013
Tebal            : 152 Halaman
Harga           : Rp45. 000

ISBN            : 978-602-03-0054-2 


Alamat email media : opinikoranjakarta@yahoo.co.id

Syarat : Diketik rapi, tidak banyak salah ketik, jumlah tulisan : 4000 karakter. Mencamtumkan alamat, data diri dan pendidikan terakhir, nomor rekening dan nomor hp. 

Salam

5 comments

wah, bukunya baguuuus, jadi pengen baca..

Reply

Buku yang perlu dibaca neh ... makasih infonya Erna

Reply

Terharu banget, makasi ya kang Alee sudah mampir

Reply

Terima kasih mba Rani sudah mampir :)

Reply