Menu
/
Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi Karunia dan barokah hingga anak-anakku semua sehat. Si sulung abang Fatih baru saja genap 3 tahun pada tanggal 21 April 2015 kemarin. sedangkan adiknya dedek Fay baru 6 bulan. Dek Fay telah lulus ASI ekslusif, dan saatnya mengenal makanan pendamping ASI (selanjutnya dibaca MP-ASI). Sebagai ibu yang ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, mencoba belajar apa saja hal pertama yang boleh dan tidak boleh ketika bayi sedang belajar makan. Jangan sampai karena ketidaktahuan kita menjadi suatu yang membahayakan anak-anak. Dengan belajar langsung kepada pakarnya, ikut komunitas Sharing MP-ASI, membaca buku-buku, artikel, dll. Semua telah terangkum dan tinggal aplikasi yang terbaik untuk buah hati. Jangan sampai kesalahan pengenalan MP-ASI kepada anak membuat anak menjadi GTM (gerakan tutup mulut). 




Hari pertama Fay, saya hanya memberi bubur beras merah dan hanya disaring dengan saringan tim. Lalu sedikit saja yang diberikan kira-kira 2-3 sendok makan. Tekstur kental ketika dibalik tidak tumpah seperti yang di sarankan beberapa ahli.
Fay makan bubur beras merah


Hari kedua, menunya bubur beras merah dengan campuran buncis. Variasi makanannya saya memberi pure alpukat. sehingga hari kedua ini mengenal dua macam makanan.
Fay, makan pure alpukat


Hari berikutnya saya membuat variasi pure dan bubur. Tentu bahan-bahannya disesuaikan dengan usianya. Saya membuat masakan ini rasa alami alias tanpa gula dan garam. Bagi ibu-ibu yang ingin membaca buku karangan Bu dosen Aprilina Prastari, tentang “77 Kesalahan Orangtua yang Membahayakan Kesehatan dan Keselamatan Anak”, isi bukunya saya kutip pada halaman 7,  penjelasan dari Dr. Carol Cooper, dalam bukunya Baby and Child Questions and Answer menjelaskan pada dasarnya bayi hanya membutuhkan makanan lembut, bukan makanan yang berasa asin atau manis.  Memberi garam pada makanana bayi akan membuat ginjal semakin bekerja terlalu keras. Ayoo, beli buku  “77 Kesalahan Orangtua yang Membahayakan Kesehatan dan Keselamatan Anak” masih banyak ilmu yang lainnya.

Berikut beberapa gambar menu bahan makanan sesuai usia balita  :
daftar makanan berdasarkan usia balita 

Daftar makanan bayi sesuai umur





Selamat berkreasi MP-ASI bunda. :)