Menu
/
Sabtu pagi, hari ini akan ada pertemuan dengan anak-anak FLP Bekasi dirumah saudari Ayu Mega. Sudah beberapa hari group whatsapp ramai dengan notif janjian akan mengadakan kelas memasak dengan chef kita yang punya winies cake, wanita multitalent, penulis buku resep, pendaki gunung, mantan ketua FLP Bekasi dan selalu baik hati berbagi ilmunya, siapa lagi kalau bukan mba Wiwiek Sulistyowati.


Pagi-pagi aku sudah memasak, bersih-bersih rumah,mandiin anakku fatih dan siap berangkat. Ups, katanya harus bawa putlock biar seru. Balik lagi ke dapur, bongkar isi kulkas dan ternyata ada lengkeng satu kilo, tinggal bawa deh. 

Diantar suamiku yang hanya sampai gang saja, aku dan fatih jalan menuju rumah Ayu, dan akhirnya sampai. Wusssssh Ayu menyambut sampai angin ikut bertiup kencang, pipi gembilnya Ayu mengembang menandakan kebahagiaan. Ternyata diriku datang yang pertama teng jam 10 pagi waktunya indonesia bagian barat. 
"Kemana yang lainnya, Yu?" Tanyaku

"Masih dijalan mba," Jawab Ayu singkat.

Sambil menunggu kita pun berbincang di dapur dan menyiapkan olahan ragout. Tak lama datang mba Marwi, aku dan dia pun duduk di ruang tamu sambil kuperhatikan anakku fatih yang sedang bermain dengan adiknya Ayu. Aku pun mengupas buah lengkeng agar nanti teman-teman yang datang tinggal menikmatinya, tak lama Fatih mengampiri. Satu, dua, lima lengkeng habis dilahapnya. Aku pun meminta bantuan Marwi untuk membukakan kulit lengkeng dan melepaskan bijinya, sepertinya aku keteteran dengan makannya Fatih yang gembul. Hingga selesailah lengkeng-lengkeng itu dikupas, dan juga lengkeng itu habis dimakan Fatih. Hiks :(

Tya tiba-tiba datang mengejutkan aku dan Marwi. Dengan wajah riangnya serta senyumnya yang manis, Tya membawa jus jambu, kami semua pun menikmati jus pemberian Tya, makasih ya Tya. :)

Kedatangan chef wiwiek pun tiba, senangnya. Dengan gagahya dibawa semua alat-alat masak, dari timbangan, alat masak kue pukis, dll. Kami pun membuat adonan kue satu persatu. Chef Wiwiek juga membagikan fotocopy resep masakan yang telah dibuatnya, baik sekali kan-Senangnya-. Tak lama Uchy datang sambil gendong anaknya Arsyad dan membawa rujak. Serunya masak-masak sambil rujakan. Adonan satu persatu jadi, hingga datanglah sahabat kami lainnya yaitu Nurani. Lumayan bantu-bantu cetak kue pukis. sedangkan lainnya bikin roti dan risolesss.

Jadi menu belajar memasak hari ini adalah :
1. Kue Pukis
2. Roti goreng
3. Risoles Ragout Ayam,

Hmmmm,,, enak-enak semuanya. Fatih saja menghabiskan 15 kue Pukis.

Saya tulis resep pukis saja dulu ya :
Bahan A :
35 gr tepung terigu protein sedang
50 ml air

6 gr ragi instan

Bahan B :
4 butir telur
300 gr gula pasir
1/2 sdt Vanila
375 gr tepung terigu protein sedang
450 ml santan sedang
75 ml minyak goreng
1 sdt garam

Cara membuatnya :
1. Campur bahan A, aduk rata, diamkan 15 menit.
2. Ditempat lain, kocok telur, gula pasir dan vanila hingga kental, masukkan adonan A, aduk rata.
3. Masukkan juga bergantian tepung terigu dam santan yang telah diberi garam sambil diaduk hingga rata. Tuangkan minyak, aduk rata, saring bila perlu. diamkan selama satu jam.
4. Panaskan cetakan kue Pukis, tuang adonan setengahnya saja. Biarkan hingga terlihat bersarang. tutup. Matangkan. Angkat.



Dan, inilah penampakan dari edisi masak-memasak bersama kawan-kawan tercinta,




Sudah selesai reportasenya. Maaf ya kalau ada yang lupa, atau salah. Baru sempat menuliskannya. Terima kasih juga buat Ayu yang sudah buatkan seblak dan berbagi resep juga. :)

Kebersamaan ini yang akan selalu dikenang.