Menu
/
Sehabis melahirkan,  sebagai bunda pasti ingin segera memberi ASI ekslusif karena ASI adalah satu-satunya yang paling penting disaat bayi baru lahir hingga masa-masa perkembangan emasnya. Setelah enam bulan memberikan ASI, dokter anak menganjurkan memberikan makanan pendamping ASI.




Berikut tips cara Pemberian MP-ASI :
- Berikan ASI dahulu, kemudian MP-ASI.
- berikan Mpasi pengenalan dahulu. misalnya buat pure melon beri tiga suap apakah anak alergi atau tidak. 
- Kalau anak tidak alergi bisa dengan  memberikan aneka makanan seperti sayur,telur, ayam, ikan, tahu, daging, kacang-kacangan dan buah-buahan yang manis.
- Jika menggunakan makanan pendamping ASI buatan pabrik, baca cara pakainya dan perhatikan tanggal kadaluarsanya.
- Jaga kebersihan makanan.
- Sebelum membuat makanan untuk buah hati Anda biasakan mencuci tangan terlebih dahulu.



Perlu diingat, dimulai pada usia 0-6 bulan adalah masa memberikan ASI saja. lalu setelah 6-9 bulan seperti biasa lanjutkan pemberian ASI, membuat bubur susu, serta bubur tim yang disaring. Usia 9-12 bulan yaitu tetap berikan ASI dan ditambah dengan MP-ASI yang lebih padat seperti bubur nasi, nasi tim dan nasi lembek.

Sekarang anakku yang memasuki usia 9 bulan, sebagai bunda sangat senang membuat makanan sendiri untuk buah hati kami. Berikut cara membuat makanan pendamping ASI yang mudah dan sehat :




1. Cuci tangan Anda, Cuci sayuran, potong-potong kecil atau dadu, lalu masak menjadi sayur bening. jangan pakai garam dan penyedap rasa.
(jika mau memberi telur ayam, sebaiknya diambil kuningnya saja. ada juga buku yg membolehkan pemberian telur untuk anak usia diatas 1 tahun)

(Telur puyuh)

 2. Rebus telur hingga matang, bisa diambil kuning telurnya saja atau bisa dipakai semua.

 3. Siapkan nasi yang sudah matang satu sampai tiga sendok makan.
 4. Campurkan semua bahan (Nasi, sayur, telur)


 5. Blender hingga halus
 6. Tuangkan ke tempat makan untuk baby
7. Suapi anak dengan penuh kasih sayang.


Bunda, sebelum bunda memberikan makanan pendamping ASI sebaiknya bunda konsultasikan ke dokter atau bidan untuk mendapat info yang akurat. 

Selamat makan ^_^.