Menu
/
Setelah mengandung selama sembilan bulan. Akhirnya bisa melihat buah hati tercinta lahir memang sangat menyenangkan. Memeluknya dalam pangkuan Bunda menjadi obat penghilang rindu sekian lama terpendam. Setelah langkah pertama memberi ASI, hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memandikan buah hati tercinta. Dengan sentuhan Ibu yang begitu lembut membuat bayi akan menjadi nyaman. Dibawah ini berdasarkan salah satu sumber yang memberitahu cara memandikan bayi :


Sumber: http://nonasehat.info/cara-memandikan-bayi/.

Cara Memandikan Bayi – Seorang ibu baru mungkin merasa takut untuk memandikan bayinya pertama kali. Padahal ritual mandi untuk bayi sangat penting dilakukan setiap hari. Bayi harus dimandikan sehari dua kali dengan benar untuk menghilangkan kuman penyakit di tubuhnya. Simak cara memandikan bayi berikut ini:

Persiapan:

1. Siapkan bak mandi bayi dan letakkan di tempat yang nyaman bagi ibu. Isi bak mandi dengan air yang cukup hangat, jangan terlalu dingin dan jangan terlalu hangat, yakni sekitar 30 sampai 32 derajat Celcius (secara manual anda juga bisa menilai kadar kehangatannya dengan menggunakan siku punggung lengan anda).
2. Siapkan perlak/ alas kedap air.
3. Siapkan juga handuk bayi, washlap, pakaian, kaos tangan, kaos kaki, minyak telon, dan keperluan yang akan dipakai setelah mandi lainnya.
4. Siapkan kain kasa untuk membersihkan tali pusat


Cara Memandikan Bayi:

1. Buka semua pakaian bayi, letakkan di atas perlak sambil menyangga leher/kepalanya dengan tangan kiri. Secara hati-hati basahi tubuh si kecil dengan air dari bak mandi dengan tangan atau washlap.
2. Beri sabun pada bagian tubuh si kecil. Lakukan dengan hati-hati saat melakukan di bagian muka. Pastikan sabun yang digunakan tidak pedih di mata.
3. Setelah semua tubuh bayi diberi sabun, angkat dan letakkan bayi ke dalam bak yang sudah diberi air hangat. Gunakan pergelangan tangan kiri untuk menyangga leher/kepala dan selipkan jari-jari tangan kiri ke bagian ketiak bayi, sementara tangan kanan menyangga bokong bayi.
4. Lakukan dengan hati-hati agar tidak tergelincir.
5. Jika hendak memberi shampo, sangga leher bayi pada lekukan lengan dan gunakan tangan kanan untuk mengusap kepala bayi dengan lembut.
Bilas tubuh bayi.
6. Setelah semua sisa sabun hilang, segera bungkus tubuh bayi dengan handuk sambil ditepuk-tepuk agar dia tidak kedinginan. Hindari mengeringkan tubuh bayi dengan menggosok-gosok tubuhnya, karena kulit bayi masih rentan dan sensitif.
7. Lakukan ritual mandi ini dengan cepat (maksimal 10 menit) agar bayi tidak kedinginan.
8. Sambil memandikan, tak ada salahnya ibu mengajak bayi berkomunikasi agar “bonding” tetap terjaga.