Menu
/
Sebagai wanita yang akan menjadi ibu atau mama, pada saat hamil hal-hal yang harus diperhatikan sejak trimester pertama hingga trimester ketiga. Karena mempersiapkan janin yang sehat adalah harapan semua mama.


Sangat penting bagi Mama untuk mencermati segala sesuatu yang dialami dan rasakan, karena fase ini adalah masa di mana sel telur yang telah dibuahi terbentuk dan terus bertumbuh menjadi janin. Mari Mama, kita mencermati bersama beberapa hal penting dalam trimester pertama kehamilan Mama.


Morning sickness

Ini adalah gejala umum yang muncul ketika Mama mulai hamil. Gejala yang yang tidak nyaman ini terjadi karena hormon dalam tubuh Mama sedang mengalami perubahan dan persiapan untuk menopang kehamilan selama 9 bulan lebih. Mama menjadi lebih sering buang air kecil, jantung terasa berdebar, dan perut mual. Kadar morning sickness berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga berat. Mama tidak perlu khawatir, karena pada umumnya gejala ini muncul hingga akhir trimester pertama saja. Bentuklah keyakinan Mama bahwa kehamilan adalah sebuah anugerah dan masa yang menyenangkan. Sehingga Mama akan memiliki pola pikir yang positif selama masa kehamilan terutama di trimester pertama ini. Ada baiknya Mama mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering supaya Mama tidak mual dan muntah.


Mama, jangan lupa sediakan selalu minuman dan makanan kecil yang mengandung kadar garam rendah di dekat samping tempat tidur. Makanan kecil yang dapat disajikan antara lain seperti biskuit, roti gandum, atau buah-buahan.

Perubahan Emosi


Tidak jarang Mama merasa sangat labil, karena pada masa ini emosi Mama menjadi mudah berubah-ubah. Mama menjadi lebih mudah tersinggung, suasana hati tidak menentu, bahkan mudah menangis. Hal ini bisa dipicu karena perasaan Mama yang masih campur aduk karena merasa gembira, antusias, sekaligus bingung. Mama perlu membangun suasana yang menyenangkan supaya tidak badmood. Cobalah untuk mendengarkan musik yang dapat membuat Mama merasa senang dan nyaman. Berbincang dan sharing dengan sahabat yang telah hamil lebih dulu atau orang yang lebih berpengalaman akan memberikan ketenangan. Ngobrol bersama mereka akan membantu Mama mengawali masa kehamilan dengan wawasan yang cukup. Mama juga bisa bergabung dengan forum atau komunitas Mama hamil di web tertentu.


Perubahan fisik

Pada masa ini perut Mama tidak serta merta membuncit. Bahkan orang lain bisa jadi belum menyadari kehamilan Mama, karena perut akan mulai tampak membuncit pada bulan keempat. Perubahan yang sangat terasa adalah ukuran payudara yang berubah cukup pesat. Bra Mama akan terasa kekecilan dan tidak nyaman. Mulailah mengenakan bra dengan ukuran yang lebih besar supaya Mama tidak merasa sesak nafas. Peningkatan berat badan Mama juga belum terlalu tinggi. Apalagi jika Mama mengalamimorning sickness yang cukup berat, biasanya justru berat badan akan turun. Setelah trimester pertama berlalu dan morning sickness Mama berkurang, selera makan akan pulih dan rasa mual mulai berkurang. Saat itu Mama dapat menyantap berbagi jenis makanan dan asupan bergizi dengan lebih nikmat, sehingga berat badan pun akan bertambah.


    1.    Flek atau pendarahan


Menurut dr. Amru Harahap Sp.OG dari Brawijaya Women and Children Hospital, tidak semua flek atau pendarahan merupakan tanda-tanda keguguran. Tetapi bukan berarti sebagai hal yang normal, meskipun pendarahan tersebut dapat berhenti sendiri. Maka Mama perlu wasapada, jika terjadi flek atau pendarahan segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan supaya dapat segera teratasi.
 
    2.    Keguguran


Kasus keguguran banyak terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Kenali tanda-tanda seperti pendarahan hebat pada vagina, kram yang hebat di bagian bawah perut (jauh lebih sakit dibandingkan kram yang Mama rasakan saat menstruasi), atau ada gumpalan darah yang keluar dari vagina. Jika hal ini terjadi, kemungkinan Mama mengalami keguguran. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat dan menyeluruh. Keguguran disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya karena Mama terlalu banyak beraktivitas dan kelelahan. Sehingga sangat dianjurkan untuk Mama supaya banyak beristirahan pada masa trimester pertama ini.


    3.    Hamil anggur

Hamil anggur juga dikenal dengan istilah kehamilan ektopik. Kehamilan ini terjadi jika embrio gagal menempel pada dinding rahim Mama dan justru berkembang di dalam tuba falopi. Kondisi ini sangat berbahaya, karena jika tuba falopi meluruh maka nyawa Mama akan terancam. Gejala umum yang muncul adalah rasa sakit yang menyengat di salah satu sisi perut bagian bawah. Segera periksa kehamilan Mama jika muncul tanda-tanda tersebut.


    4.    Air putih dan jus buah

Pada masa ini Mama sering mual dan muntah, maka Mama sebaiknya banyak meminum air putih atau jus buah untuk mengatasi dehidrasi. Minum air putih dalam jumlah banyak juga dapat menolong Mama ketika mengalami gangguan susah buang air besar atau sembelit.


    5.    Pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat merupakan bagian yang penting selama masa kehamilan. Carilah informasi tentang jumlah nutrisi dan menu sehat berimbang yang Mama butuhkan untuk kesehatan Mama dan janin.


    6.    Menjaga kebersihan

Biasakan menyikat gigi setelah makan atau setelah mengalami muntah. Gantilah celana dalam Mama lebih sering, untuk menghindari kelembaban karena Mama sering buang air kecil dan juga karena pengeluaran cairan vagina yang meningkat. Bila perlu Mama dapat menggunakan pembalut yang tipis. Mama pun perlu menjaga kebersihan tangan di mana saja dan kapan saja. Bila perlu bawalah gel pencuci tangan tanpa bilas, supaya tangan Mama terhindar dari kuman.


 
    7.    Konsumsi obat-obatan


Selama masa kehamilan Mama harus berhati-hati dan waspada dalam mengkonsumsi obat-obatan. Mama hanya boleh meminum obat sesuai resep dan petunjuk dokter. Hal ini sangat penting terutama di trimester pertama karena perkembangan janin sangat rentan terhadap efek samping obat-obatan yang Mama minum.
 


Hal yang harus dihindari

    1.    Kafein


Mama hamil harus mengurangi konsumsi kafein baik dalam bentuk minuman maupun makanan karena akan berpengaruh pada pertumbuhan janin. Kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi, tetapi juga minuman ringan berkafein, yoghurt kopi, the dan coklat. Kafein memiliki efek diuretic, menyerap cairan, dan kalsium dari tubuh. Selain menghambat Mama mendapatkan istirahat yang cukup, kafein juga mengganggu penyerapan zat besi pada Mama dan janin.


 
    2.    Rokok

Jika ada Mama yang merokok, inilah saatnya menghentikan kebiasan ini. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan Mama dan tumbuh kembang janin. Hindari pula asap rokok, jangan sampai Mama hamil dan janin dalam kandungan menjadi perokok pasif.
 
    3.    Alkohol



Alkohol merupakan ancaman serius bagi perkembangan janin. Mengkonsumsi alkohol akan menimbulkan banyak masalah. Menimbulkan sindrom alkohol pada bayi, menyebabkan bayi lahir dengan ukuran kecil, kelainan mental, kelainan ganda, dan tingginya angka kematian.


 
    4.    Lemak tinggi 

Hindarkan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi atau berminyak seperti hidangan bersantan, gorengan atau daging berlemak. Makanan berlemak tinggi akan memicu rasa mual dan muntah.


 
    5.    Aroma yang tajam


Hindari aneka macam bau-bauan yang menyengat atau tidak disukai, hal ini untuk menghindarkan Mama dari rasa mual dan muntah. Begitu juga dengan aroma parfum, sebaiknya Mama menggunakan parfum yang beraroma segar dan ringan supaya tidak pusing atau mual ketika menghirup aromanya.


Beberapa catatan ini penting untuk dicermati supaya Mama dapat melalui trimester
pertama dengan lancar dan nyaman. Selamat menyambut dengan sukacita dan menikmati setiap keajaiban dalam kehamilan Mama.


Sumber : Tips Kehamilan Trimester Pertama
http://bidanku.com
Buku: Kalender Kehamilan Hari ke Hari,
sub judul: Panduan Harian Kehamilan dan Pertumbuhan Janin Anda;
Ira Puspito Rini – New Diglossia – 2011

Buku: Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan
Dewi Cendika ZR & Indarwati
PT WahyuMedia – 2010