Menu
/


Kebanyakan wanita masih bingung apakah setelah terlambat haid itu bisa langsung mendeteksi kehamilan atau membutuhkan alat pendeteksi yang akurat. Terkadang alat pendeteksi belum juga menunjukkan tanda-tanda kehamilan, karena biasanya setiap wanita tidak semua gejala kehamilan yang dialaminya sama. 



Tanda Awal Kehamilan: 


1. Payudara Bengkak


Payudara bengkak menjadi hal yang tidak nyaman. Memakai bra akan  terasa nyeri saat disentuh. Hal ini di ikuti dengan perubahan betuk puting yang semakin membesar serta warna aerola semakin gelap dari biasanya. Guratan pembuluh darah pun semakin kelihatan di awal kehamilan ini. Agar tidak terlalu sakit serta kaku, bersihkan dengan kompresan handuk dengan air hangat. 

2. Nafas Lebih Pendek


Rutinitas yang biasa anda lakukan sehari-hari terasa semakin berat dan membuat anda merasa terengah-engah mengatur nafas. Bisa jadi itu merupakan tanda bahwa anda sedang hamil, kenapa demikian? dikarenakan janin yang mulai tumbuh membutuhkan oksigen sehingga menggunakan jatah oksigen yang anda hirup.

3. Mudah Lelah


Jangan anggap sepele jika anda mulai merasa mudah lelah, karna bisa jadi anda sedang hamil. Rasa lelah pada wanita hamil dipicu oleh peningkatan hormon saat hamil. Hal ini biasanya terjadi pada tri semester awal usia kehamilan.

4. Merasa Mual


Perasaan mual ini sering di alami oleh wanita hamil pada 6 minggu pertama, namun tidak menutup kemungkinan  ada yang mengalami rasa mual tersebut lebih awal.


5. Perut Keram


Keram pada perut juga merupakan tanda bahwa seseorang sedang hamil. Jadi jika anda punya program untuk memiliki momongan dan anda sering mengalami keram pada perut bisa jadi anda sedang hamil.

6. Sering Buang Air kecil


Jika biasanya anda seorang istri yang biasa nyenyak saat tidur atau nyaman saat beraktivitas kini mulai terganggu karena harus sering kekamar kecil bisa jadi anda sedang berbadan dua. Hal ini disebabkan karena saat tubuh berbadan dua tubuh menghasilkan lebih banyak cairan dan kandungkemih pun bekerja lebih keras dari biasanya yang menjadikan anda lebih sering ingin buang air kecil.

7. Perut Kembung dan Sembelit


Biasanya saat wanita sedang hamil hormon progestron akan meningkat dan menjadikan proses pencernaan melambat yang mengakibatkan susah buang air besar/ sembelit serta perut kembung.

8. Sakit Kepala


Sebagian besar wanita sering mengeluh mengalami sakit kepala saat mereka hamil. Maka dari itu disarankan agar berhati-hati memilih obat sakit kepala dikarenakan jika salah obat bisa berakibat buruk pada janin.

9. Ngidam atau Menolak Makanan


Jika anda tiba-tiba sangat ingin makan sesuatu atau makanan yang sebelumnya anda tidak suka dan sulit untuk ditahan maka bisa dikatakan anda sedang ngidam. Namun ada kalanya anda yang biasanya menyukai makannan favotit kini tiba-tiba anda tak sanggup untuk memakanya, hal tersebut merupakan tanda awal kehamilan.

10. Perubahan Mood


Mood pada wanita biasanya berubah saat hamil yang diakibatkan oleh perubahan hormon dalam tubuh mereka.




Sebaiknya jika sudah terlambat haid, sediakan alat pendeteksi kehamilan dirumah. Jika tidak ada bisa dibeli di apotik. Namun jika menginginkan hasil yang lebih akurat bisa diperiksakan kepada dokter kandungan.

Untuk wanita yang sudah menikah, apabila sudah terlambat datang bulan, lalu ada gejala diatas, misalnya sakit kepala tubuh cepat lelah, jangan sembarang minum obat. Konsultasikan ke bidan atau dokter kandungan.