Menu
/
Kemarin jam dua belas malam, anakku tiba-tiba demam. Aku langsung terbangun setelah ku sentuh kepala dan badannya  begitu panas. Lalu menuju ke kotak obat hendak mencari obat demam anak, sepertinya tidak ada. Berulang kali aku melihat lihat stock obat anak dan yang ku inginkan dan ternyata  memang tidak ada.
Kutenangkan diri, ambil thermometer electric. kuperiksa suhu tubuhnya, sangat tinggi yaitu 39 derajat celcius. Hatiku cemas, tak ada obat penurun panas dirumah. Lalu aku sediakan saja air dan handuk kecil untuk mengompres kepalanya. Semalaman aku tidak tidur, membuatnya senyaman mungkin dalam pelukan hangat kasih sayang ibu, sambil kuberi terus ASI agar anakku tidak dehidrasi. 
Tepat setelah sholat subuh aku bersiap ke dokter yang terdekat agar panas cepat reda. Mungkin keputusan ini salah, karena anakku yang sudah terbiasa diperiksa oleh dokter spesialis. Alhasil obatnya tidak cocok hanya membuat demamnya tambah panas saja. Menunggu suamiku pulang kami akhirnya pergi memeriksa kembali kondisi anak kami. Ternyata ada beberapa obat yang tidak boleh sembarang diberikan kepada anak, seperti antibiotik, obat flu,dll.

Dari situ aku belajar agar tidak pergi ke sembarang dokter walau anak dalam keadaan demam. Karena demam itu beraneka ragam. Demam terjadi karena ada rasa sakit yang dirasakan oleh manusia. Jika sumber demamnya saja yang diobati, maka itu akan hilang sejenak. Namun tanpa mengobati sumber yang sakitnya semua itu menjadi percuma saja. jadi tanyakan segera kepada dokter bagaimana kesehatan anak Anda.

Biasanya bayi atau anak-anak mengalami demam karena beberapa hal, misalnya :
1. Ada yang dirasakan sakit pada anggota tubuh
2. Setelah imunisasi
3. Perubahan cuaca, masuk angin
4. Terkena virus atau kuman
5. Kelelahan
6. Tumbuh gigi

Ketika anak terkena demam, kebanyakan orang tua atau para orang terdahulu memiliki obat tradisional yang tidak mengandung kimia, misalnya ketika bayi demam bisa dibalur dengan bawang merah dicampur minyak telon, bawang merah campur asem dan minyak dan lain sebagainya. Bagi Ibu yang memberi anaknya ASI ini sangat membantu untuk mempercepat turunnya demam.